Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY

PROGRAM AKADEMIK

A. MASA STUDI

Masa studi efektif di Program Studi Manajemen Rumah Sakit (MMR) adalah 18 bulan. Terbagi atas 12 bulan kegiatan belajar di kampus dan 6 bulan untuk kegiatan residensi dan penyusunan tesis (total 4 semester)

Beban studi pendidikan 50 SKS, termasuk tesis yang bobotnya 6 SKS. Beban studi pendidikan ini akan ditempuh oleh mahasiswa dengan batas waktu studi maksimal yang telah ditentukan yaitu 2n+1, dimana n adalah jumlah semester kegiatan belajar mengajar, atau 4 tahun. Apabila batas masa studinya telah dilampaui, mahasiswa dapat mengajukan perpanjangan studi maksimal 1 tahun. Permohonan perpanjangan studi dapat disetujui dengan pertimbangan khusus, misal telah melakukan penelitian. Syarat pengajuan perpanjangan studi, mahasiswa sudah harus membayar seluruh total SPP dan prosedur perpanjangan studi sesuai ketentuan yang berlaku

B. SISTEM PENDIDIKAN

Pelaksanaan program pendidikan berupa mata kuliah yang telah ditentukan setiap semester. Setiap mata kuliah dihitung bobotnya dengan Satuan Kredit Semester (SKS). Lamanya program pendidikan di setiap semester antara 2-5 bulan, tergantng dari besarnya SKS di semester tersebut. Adapun pembagian SKS di setiap Semester dilakukan berdasarkan pertimbangan untuk pencapaian kompetensi yang terstruktur dan bertahap , sehingga diharapkan knowledge, skill dan attitude yang ditargetkan pada kompetensi lulusan dapat tercapai. Adapun pembagian SKS pada setiap semester diatur sebagai berikut :

SEMESTER

SKS

JUMLAH MATA KULIAH

Matrikulasi (non SKS)

Setara dg 12 SKS

2

Semester 1

13 SKS

5

Semester 2

8 SKS

3

Semester 3

14 SKS

6

Semester 4

7 SKS

(Tesis - 6 + Residensi 1)

TOTAL

42 SKS

 

Matrikulasi diberikan sebagai kompetensi tambahan yang wajib diikuti seluruh mahasiswa, meskipun non SKS, dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan berbagai latar belakang pendidikan S1 untuk memiliki prior knowledge yang memadai dalam menerima perkuliahan di MMR UMY. Tiga (3) mata kuliah diberikan sebelum Semester 1 dan satu (1) matakuliah diberikan sebelum Semester 4.

Last modified: Tuesday, 17 July 2012, 01:00 PM