Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Indra Tanaya
Clinical Governace
by Indra Tanaya - Thursday, 27 September 2012, 05:36 PM
 
materi clinical governace (dr. Erwin Santosa, Sp.A., M.Kes.) mohon untuk dikomentari
Picture of muallim muallim h
Re: Clinical Governace
by muallim muallim h - Thursday, 27 September 2012, 08:26 PM
 
1. ketika salah satu anggota komite medis melakukan sesuatu yang diduga sebagai medical eror, sehingga ketika akan dilakukan audit medik seakan akan semua dokter menghindar.bagaimana solusinya?karena masalahnya mulai dari ugd, bangsal, OK, ICU.
2. apa perbedaan integrated dan seamless service?bagaimana membudayakan budaya terpadu yg berorientasi pasien?
Picture of Ario Tejosukmono
Re: Clinical Governace
by Ario Tejosukmono - Thursday, 27 September 2012, 08:54 PM
 
mau menanggapi pertanyaan saudara alim,,
1 mengenai masalah dokter lain menghindar mungkin dikarenakan budaya yang sangat 'takut' akan senioritas.. sehingga bila terjadi dugaan kesalahan atau medical error, dokter lain cenderung 'tutup mata' . yang mungkin bisa dikoreksi lagi adalah budaya blamming (menyalahkan) yang mungkin masih ada dalam proses audit medis, bukan mencari sistem yang salah, tapi lebih kepada person yang melakukan kesalahan. jadi selama budaya ini masih ada, sulit untuk menjalankan audit medis yg baik.
2. saya juga kurang paham, tapi mungkin pada integrated service adalah pasien sebagai center dan dokter yang merawat adalah sebuah tim, yaitu semua bidang yang terkait berkolaborasi untuk merawat pasien,, masalahnya kadang dalam tim, misalnya raber( rawat bersama) antar dokter yang satu dan lainnya jarang bertatap muka untuk membahas masalah pasien, dan cenderung mengobati hanya 'bagiannya' saja, tidak menyeluruh.. mungkin itu tanggapan saya..
Picture of Nenden Nenden Kartika Devi
Re: Clinical Governace
by Nenden Nenden Kartika Devi - Tuesday, 2 October 2012, 09:02 AM
 
Governance adalah proses pengambilan dan pelaksanaan keputusan sesuatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Proses ini ada pada semua bidang manajemen, antara lain manajemen publik, manajemen bisnis, manajemen organisasi nirlaba. Sementara good governance adalah proses pengambilan dan pelaksanaan keputusan yang partisipatif. Tujuannya adalah terjadinya pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan, karena lapisan bawah organisasi dan masyarakat meningkat kemandiriannya untuk meningkatkan kesejahteraannya, sebagai subyek pembangunan yang bermartabat.
Pengembangan good governance di rumah sakit telah dikembangkan dengan istilah good clinical governance. Prinsip dasarnya adalah bagaimana mengembangkan system untuk meningkatkan mutu klinik. Hal ini dilakukan dengan cara memadukan pendekatan manajemen, organisasi dan klinik secara bersama.
Clinical governance ini bertugas untuk memastikan bahwa telah terdapat sistem untuk memantau kualitas praktis klinis yang berfungsi dengan baik.
Picture of Ryanti Ryanti Primandani Putri
Re: Clinical Governace
by Ryanti Ryanti Primandani Putri - Thursday, 27 September 2012, 08:33 PM
 
assalamualaikum wr wb
yang saya tanyakan adalah :
  1. peran dari sub komite krudensial adalah menapi staf profesionalisme, maksudnya bagaimana?
  2. maksud dari pergeseran paradigma pada slide 18 dan 19, penjelasannya bagaimana maksudnya?

terimakasih

Picture of Roman Roman Diaz
Re: Clinical Governace
by Roman Roman Diaz - Friday, 28 September 2012, 07:12 PM
 
Mau menanggapi pertanyaannya mbak Ryan

1. Dari yang saya tangkap tugas sub-komite kredensial adalah menilai profesional practice dari petugas medis yang berpraktek di linkungan yang menjadi tanggung jawabnya, memberikan peringatan bila terjadi penyimpangan dsb. selanjutnya sub-komite kredensial mungkin dapat memberikan review tentang kinerja staf medis tersebut. Tapi setahu saya di lapangan sub-komite ini kok hanya berfungsi bila ada penerimaan dokter baru di suatu rumah sakit, dokter-dokter lama jarang sekali di review bila tidak terjadi kasus atau tuntutan.

2.kalau dari slide 18 mungkin yang tadinya usaha bidang kesehatan itu dikelola pemerintah a la sosialis sekarang sudah dibagi porsinya dengan mempertimbangkan partisipasi swasta dalam bentuk partnership a la demokratis. Pelayanan juga sudah berubah dari yang tadinya terpecah-pecah menjadi terintegrasi.
Picture of Gilang Pambudi
Re: Clinical Governace
by Gilang Pambudi - Thursday, 27 September 2012, 08:34 PM
 
assalamualaikum
menanggapi tentang

"SPO disusun oleh staf medis pada fasilitas pelayanan kesehatan yang dikoordinasi oleh Komite Medis dan ditetapkan oleh Pimpinan sarana pelayanan kesehatan"

bagaimana cara komite medis memastikan spo yang telah dibuat tersebut selalu di gunakan dan bukan hanya wacana semata? mengingat bahwa banyaknya variasi tindakan medis yang dilakukan oleh dokter?

trimakasih.
he
Re: Clinical Governace
by Muhammad Muhammad Faried Fahda - Thursday, 27 September 2012, 08:44 PM
 
Assalamualaikum wr/wb
Upaya Mengoptimalkan Pelayanan Medik dan clincal governance Rumah Sakit sangat bergantung pada kinerja pemangku tiga otoritas kewenangan di Rumah Sakit yaitu: Pemilik, Direksi dan Staf medik fungsional.
untuk kuliah mengenai clinical Governance di Rumah Sakit. menurut saya bukan saja teorinya yang dikedepankan akan tetapi pelaksanaan dan aparaturnya juga yang diperjelas. Harmonisasi hubungan ketiga otoritas diatas merupakan jaminan bagi terselenggaranya layanan medik yang baik, aman dan bermutu.
yang menjadi pertanyaan saya bagaimana cara mengedepankan palaksanaan clinical governance di RS?
terimakasih
wassalamualaikum wr/wb
Picture of Mugi  Restiana Utami
Re: Clinical Governace
by Mugi Restiana Utami - Thursday, 27 September 2012, 08:54 PM
 
saya ingin mengomentar mengenai SPO di setiap rumah sakit masih banyak yang bentuknya hanya berupa urutan-urutan/prosedur mengenai sesuatu secara garis besar. sehingga praktik aplikasi SPO masih tidak seragam antarpersonal pelaku yang terlibat.

mengenai Kendali mutu dan biaya..
untuk RS yang "sepi" pasien, biasanya para petugas medis "memaksakan' pasien untuk tindakan yang sebenarnya tidak efektif dan efisien dibebankan mereka, hanya dengan tujuan untuk menambah income bagi rumah sakit.

Picture of Niken Dwi Setyaningrum
Re: Clinical Governace
by Niken Dwi Setyaningrum - Friday, 28 September 2012, 08:16 AM
 
menanggapi tentang apa yang mugi bilang, saya setuju,,,, SPO rumah sakit dibuat masih sebagai dokumentasi berkas dan ga sepenuhnya diaplikasikan dalam setiap tindakan pada kenyataannya... sehingga masih banyak kasus yang pada akhirnya merugikan pasien yang seharusnya mendapatkan pelayanan terbaik atas sakitnya..

untuk perihal rumah sakit sepi pasien,, itu lebih ke personal seharusnya tetap mengutamakan kepentingan pasien,, ya walaupun mungkin pada relitanya, kepentingan organisasi (dalam hal ini rumah sakit yang menjadi alasan utama)..

ya, kembali lagi,, patient centre memang harus diberlakukan dengan baik di rumah sakit, dan aturan2 yang memang harus sesuai dengan standar sebaiknya dijalankan secara benar jangan berdasarkan pengalaman,,,,
none
Re: Clinical Governace
by Muhammad Bayu Wicaksono - Thursday, 27 September 2012, 08:54 PM
 

Bagaimana cara menyamakan perpektif yang berbeda bagi setiap individu dalam hal sudut pandang "mutu"??

Yang di tinjau dari segi profesi medis / perawat, manajer, birokrat maupun konsumen pengguna jasa pelayanan sarana kesehatan tsb

surprise
Picture of Dewanto Suryoningrat, S.Ked
Re: Clinical Governace
by Dewanto Suryoningrat, S.Ked - Thursday, 27 September 2012, 08:54 PM
 
Assalamualaikum wr.wb

Setelah saya baca materi Kuliah tentang clinical governance cukup menarik karena salah satu RS dikatakan baik jika memiliki clinical governance yang baik.

Saya tidak bisa terlalu kritis dalam mengomentari, yang bisa saya komentari bahwa Clinical Governance yang baik dilakukan oleh Komite Medik dan Komite Medik memiliki peranan yang besar. Komite Medik memiliki 3 sub komite yaitu Sub Komite Kredensial, Sub Komite Mutu Profesi dan Sub komite etika & disiplin profesi. Kalau saya rangkum, ketiga subkomite tsb fungsinya untuk menjaga Kualitas dari Pelayanan Medis.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah Clinical Leadership, hal ini juga bisa mempengaruhi terbentuknya Clinical Governance yang baik. Sehingga memang perlu peran dari banyak pihak untuk mencapai Good Clinical Governance.
GIKU
Re: Clinical Governace
by Anggi Nvd Anggraini - Thursday, 27 September 2012, 09:10 PM
 
assalamuallaikum

yang ingin saya tanyakan adalah :
1. ketika SPO menjadi hal yang wajib untuk di lakukan oleh tenaga medis di RS, namun tidak sesuai dengan yang berlaku diRS, apakah ada kebijakan atau bahkan sanksi atau peringatan dari RS untuk menanggapi hal tersebut? meskipun mungkin belum menimbulkan medical error yang dapat menimbulkan kerugian pada pasien.

2. Didalam slide kuliah ini, ada keterangan yang menyebutkan bahwa SPO harus diperbaharui sekurang-kurangnya 2 tahun sekali sesuai perkembangan ilmu kedokteran dan teknologi. apakah ada evaluasi dari penerapan SPO yang sudah diberlakukan di RS? jika ada, bagaimana bentuk dari evaluasi tersebut? dan dilakukan dalam jangka waktu berapa lama?

terimakasi
Picture of Kurnia Ayu Nurasis
Re: Clinical Governace
by Kurnia Ayu Nurasis - Thursday, 27 September 2012, 09:16 PM
 
Kuliah clinical governace malam ini cukup menarik, sekaligus dapat merefresh kembali kuliah semester sebelumnya ttg komite medik..
Sebagai calon pengelola RS, kita memang harus memahami benar mengenai clinical governace yang dilakukan oleh komite medik. Dimana komite medik memiliki peran strategis dalam mengendalikan kompetensi dan perilaku staf medis di
rumah sakit dalam rangka menjamin mutu pelayanan kesehatan dan melindungi keselamatan pasien..
Picture of Saidatul Saidatul Hayati
Re: Clinical Governace
by Saidatul Saidatul Hayati - Thursday, 27 September 2012, 09:19 PM
 
?menanggapi tentang PPK yang sebaiknya diperbaharui minimal 2 tahun, hal tersebut berarti setiap tenaga mdis seharusnya rajin untuk mengupdate pengetahuan mereka. akam tetapi seperti diketahui ada banyak dokter yang tetap berpegang pada ilmu pengetahuan lama yang mereka yakini.
bagaimana tindakan rumah sakit dalam menangani permasalahan ini? atau bagaimana rumah sakit dapat memacu para klinisi dalam mengupdate ilmu pengetahuan mereka?
apakah jika dibentuk suatu tim di rumah sakit yang khusus untuk mencari bahan terupdate untuk PPK, apakah langkah tersebut efektif?
Picture of m  zakky
Re: Clinical Governace
by m zakky - Friday, 28 September 2012, 06:45 AM
 
menanggapi pertanyaan saidatul, cara efektif yang bisa dilakukan salah satu contohnya adalah pihak RS memfasilitasi para dokter untuk mendapatkan akses terhadap ilmu2 baru tersebut. misal dengan memberikan kemudahan akses gratis ke situs-situs jurnal update atau CPG dan memberikan fasilitas internet di setiap komputer dokter di RS. dapat juga dengan dibuatnya SPM yang diupdate tiap tahun oleh tim RS.
jogja
Re: Clinical Governace
by nur hasanah - Thursday, 27 September 2012, 09:32 PM
 
ketika terjadi suatu medical error atau human error yang terjadi di rumah sakit dimana terdapat pelanggaran SPO , bagaimana cara mengadakan audit klinis yang baik sehingga tidak ada pihak yang merasa disalahkan?
mengingat jika terjadi suatu human error setiap pihak yang terlibat akan berusaha untuk menghindar dan saling menyalahkan.
Picture of Fatimah Fayantini
Re: Clinical Governace
by Fatimah Fayantini - Friday, 28 September 2012, 06:37 AM
 
menanggapi pertanyaan nur hasanah, untuk audit klinis yang baik tentu dilakukan dengan mencari kesalahan sistem, bukan langsung menunjuk perorangannya..namun tetap diperlukan suatu peran dari leader RS untuk menyadarkan para pihak yang terkait dalam memberikan jawaban yang jujur atas pertanyaan yang muncul dalam audit nantinya. sehingga dalam good clinical governance juga penting untuk membentuk budaya sadar patient safety dan tidak saling menyalahkan,sehingga jika terjadi kejdian yg perlu audit klinis maka berjalan lancar karena semua pihak menyadari pentingnya ditemukan hal mana yang perlu diperbaiki guna pelayanan selanjutnya yg lebih baik.
Picture of Dini  Dini Aprilia Sari
Re: Clinical Governace
by Dini Dini Aprilia Sari - Friday, 28 September 2012, 07:12 PM
 
Saya setuju dengan pendapat mb Fatimah, bila terjadi suatu kejadian nearmiss atau bahkan medical error solusi yang tepat adalah bukan langsung menunjuk perorangan. Namun dengan membentuk budaya patient safety seperti menyadarkan para pihak yang terkait u/ melakukan pelaporan (speak up).

Dan solusi untuk melakukan audit klinis mungkin bisa menggunakan metode Root Case Analysis (RCA)
^_^
Re: Clinical Governace
by Barii Hafidh Pramono - Friday, 28 September 2012, 12:57 PM
 
saya ingin menanggapi mengenai SOP yang diberlakukan di rumah sakit daerah di Indonesia. kita ketahui bahwa SOP yang sudah ada memang sudah sesuai standar yang ada. akan tetapi pada kenyataannya SOP itu tidak dijalankan dengan baik. hal ini dikarenakan banyak petugas medis maupun non medis di rumah sakit daerah yang kurang disiplin dalam menerapkan SOP yang sudah dirancang. banyak yang menganggap SOP bukan hal yang penting, kebanyakan petugas medis dan non medis tidak menerapkan SOP yang diberlakukan karena menganggap SOP ribet dan memakan waktu. sedangkan apabila terjadi suatu kesalahan, maka yang sering terjadi ialah melimpahkan kesalahan tersebut secara personal bukan karena suatu sistem atau kesadaran diri dalam menerapkan SOP.
Picture of Aria Pratama Surya Anggara
Re: Clinical Governace
by Aria Pratama Surya Anggara - Friday, 28 September 2012, 04:05 PM
 
pentingnya komite medik utk mengendalikan dan menegakkan mutu profesi dokter sehingga etika dan perilaku bisa terjaga.

dengan adanya SOP dapat menjadikan dokter bisa bekerja dengan baik dan aman sehingga pasien pun menjadi aman serta mengapresiasi tenaga medis.
Picture of Choirul Choirul Nafiah
Re: Clinical Governace
by Choirul Choirul Nafiah - Friday, 28 September 2012, 08:45 PM
 
Good clinical Governance memang suatu tuntunan yang harus dilaksanakan disetiap Rumah Sakit dengan manajemen yang baik yang dilakukan oleh komite medik untuk meningkatkan mutu pelayanan medis.
Picture of Volanda Kusumaningsari
Re: Clinical Governace
by Volanda Kusumaningsari - Friday, 28 September 2012, 08:48 PM
 

Assalamuaikum Wr. Wb.

Menanggapi materi kuliah mengenai clinical governace, menurut saya adanya pembuatan SPO mengenai setiap tindakan medis yang akan dilakukan sangatlah penting, untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan pasien. Memang terkadang antara kenyataan klinis dan teori pasti ada gap, disinilah peer kira bersama untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.

Waalaikum salam Wr. Wb.

Picture of Lina Nurdalina
Re: Clinical Governace
by Lina Nurdalina - Friday, 28 September 2012, 09:19 PM
 

 menurut saya dari kuliah clinical governance dapat disimpulkan bahwa leadership  memiliki peranan penting dalam suatu clinical governance karena leadership yang baik akan bertanggung jawab dengan mutu pelayanan agar menjadi lebih baik dan  terjamin, dan menjadi leadership yang baik tidak hanya dengan kecerdasan iq saja tapi jga emasional questio , dapat menjadi role model bagi yang lain, bisa bekerja sama dengan team kerja lain.

 
Hmmmmmmmmmmm...
Re: Clinical Governace
by Kunto Kunto Budi Santoso - Friday, 28 September 2012, 09:32 PM
 

Dalam upaya rumah sakit menjadi berbasis “patient safety”,sangat diperlukan pelaporan yang baik untuk setiap kejadian medical error, sehingga setiap kejadian bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat SOP yang lebih baik. Sayangnya budaya blamming report masih mengakar kuat dalam budaya rumah sakit di Indonesia. Sehingga sulit untuk mendapatkan data yang dibutuhkan untuk referensi dalam pembuatan SOP yang lebih baik agar kejadian yang sama tidak terulang dan bisa dicegah. Untuk menjadi rumah sakit berbasis “patient safety”, harus dibangun budaya blameless report ( pelaporan yang tidak menyalahkan pihak tertentu ) dalam rapat komite medik. Seluruh karyawan rumah sakit harus dipahamkan bahwa rapat komite medik bukanlah untuk mencari siapa yang salah, tetapi lebih bertujuan sistem / SOP mana yang perlu dibenahi.

Picture of iim Imram Radne Rimba Putri
Re: Clinical Governace
by iim Imram Radne Rimba Putri - Friday, 28 September 2012, 09:33 PM
 
 
 

Menurut saya clinikal gofernance adalah suatu cara (sistem) upaya menjamin dan meningkatkan mutu dan biaya pelayanan secara sistematis diorganisasi (RS) yang disesuaikan dengan struktur dan kondisi Rs tersebut atau saya setuju dengan penjelasan saat kuliah kemarinn mengikutin budaya yang ada. Dalam implementasinya Clinical Governance diperlukan leadership (klinis dan manajerial) komitment penuh dan partisipasi aktif dari setiap anggota dan direksi RS serta profesi dalam suatu organisasi yang jelas dari segi struktur, wewenang dan tugasnya masing-masing. Oleh karena itu dalam upaya mencapai hasil yang optimal dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan terhadap pasien baik secara individu maupun kelompok serta efisien dan berazas manfaat, maka diperlukan suatu keputusan yang baik dan tepat didalam sistem yang jelas dan konsisten. serta diharapkan nantinya akan mampu menghadapi tantangan globalisasi dan tekanan multi-national company di masa mendatang. terimakasih.

Picture of Zulpahiyana Zulpahiyana
Re: Clinical Governace
by Zulpahiyana Zulpahiyana - Friday, 28 September 2012, 11:42 PM
 
agar SPO nggak hanya sebagai tulisan semata dibutuhkan sanksi tegas jika tidak melakukan tindakan berdasarkan SPO,
Picture of Elvan Danurangga
Re: Clinical Governace
by Elvan Danurangga - Saturday, 29 September 2012, 12:17 AM
 
Assalamualaikum Wr Wb
Saya setuju dengan pernyataan yang disebutkan dalam kuliah ini yang menyatakan bahwa dalam pembuatan SOP hendaknya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Rumah Sakit yang bersangkutan karena memang bila SOP itu dibuat sesuai dengan budaya organisasi yang ada maka akan lebih mudah di pahami, lebih mudah di terima dan akan lebih mudah untuk diterapkan serta dilaksanakan oleh semua pihak yang ada di Rumah Sakit tersebut. Selain itu, revisi yang dilakukan untuk SOP sebenarnya juga akan lebih optimal jika dilakukan secara berkala dan berkelanjutan terutama ditunjukkan untuk menanggapi perkembangan IPTEK dan isu-isu terbaru terkait masalah kesehatan yang berdampak baik secara langsung ataupun tidak langsung terhadap rumah sakit tersebut. Peran komite medis juga tidak kalah pentingnya dalam hal ini, oleh karena itu sudah saatnya komite medis diajak duduk bersama untuk bahu membahu sebagai mitra dalam upaya peningkatan layanan kesehatan di Rumah Sakit dan dalam hal ini diperlukan seorang pimpinan rumah sakit yang benar-benar memahami permasalahan medis dan manajemen agar dapat menyatukan dan mewakili berbagai kepentingan yang ada di Rumah Sakit.
Wassalamualaikum Wr Wb
Picture of Ratih Ratih Dwi Octaria
Re: Clinical Governace
by Ratih Ratih Dwi Octaria - Saturday, 29 September 2012, 12:38 AM
 
Patient Safety merupakan hal penting yang dilakukan oleh rumah sakit saat ini. Dalam rangka mewujudkannya diperlukan suatu tatanan dan standar yang jelas untuk mengatur pelaksanaan pelayanan kesehatan yang baik, dalam hal ini diperlukan pembuatan SOP di rumah sakit. Kewajiban pembuatan dan pelaksanaan SOP tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab komite medis akan tetapi peranan dari semua komponen rumah sakit juga diperlukan untuk keberhasilan SOP itu sendiri. Budaya organisasi juga merupakan unsur penting penentu kesuksesan patient safety dimana bila budaya menyalahkan secara personal berubah menjadi evaluasi sistem yang berujung kepada suatu perbaikan sistem maka akan sangat efektif dan efisien serta dapat menghindarkan dari berbagai macam kekahwatiran dalam penanganan permasalahan patient safety yang ada. Untuk dapat mengarahkan budaya organisasi menjadi lebih baik diperlukan pemimpin yang kuat dan agar dapat menjamin keberlangsungan SOP dengan baik yang melibatkan komite medis juga diperlukan pimpinan rumah sakit yang mengerti tidak hanya masalah manajemen namun juga memiliki pengetahuan klinis yang cukup agar dapat memadukan keduanya sehingga berjalan beriringan dalam upaya peningkatan layanan kesehatan.
Picture of Srikaton Kantiani
Re: Clinical Governace
by Srikaton Kantiani - Sunday, 30 September 2012, 10:31 AM
 
Menurut saya untuk mewujudkan good governance diperluakan adanya leadership yg kuat dan bisa membuat SOP sesuai dengan dasar hukum atau undang-undang atau referensi yg berlaku yg tentunya sesuai dengan kondisi RS, serta peran serta elemen yg terkait yg bersedia mentaati SOP yg telah dibuat.
Picture of Wahyu Rizky
Re: Clinical Governace
by Wahyu Rizky - Sunday, 30 September 2012, 09:15 PM
 

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Konsep Good Governance dalam sistem kesehatan mempunyai komponen penting di kehidupan sehari-hari yaitu: pemerintah, masyarakat, dan kelompok pelaku usaha. Hubungan antara ketiga komponen ini perlu dirinci agar terjadi tata aturan yang baik dalam sistem. Identifikasi peran dan hubungan antara lembaga merupakan hal yang penting namun mungkin sulit dilakukan..

Pertanyaan saya bagaimana hubungan antar lembaga dapat dilakukan sehingga keduanya dapat berjalan dengan baik tanpa ada satu belah pihak yang diugikan?

Terima kasih


Picture of Chaerunisa Sukmaretnawati
Re: Clinical Governace
by Chaerunisa Sukmaretnawati - Sunday, 30 September 2012, 09:28 PM
 

Assalamualikum Wr. Wb

Prinsip dasar dalam penerapan clinial governance adalah mengembangkan sebuah sistem manajemen mutu untuk meningkatkan mutu klinis, dengan cara memadukan pendekatan manajemen, organisasi, dan klinis secara bersama-sama. Berdasarkan hal ini, maka penerapan sistem manajemen mutu yang komprehensif dapat menjadi dasar bagi implementasi konsep clinical governance.

Picture of Ervita Ervita Kumalasari
Re: Clinical Governace
by Ervita Ervita Kumalasari - Wednesday, 3 October 2012, 06:35 AM
 
Assalamu'alikm wrwb....

Setelah sy baca semua pendapat dari teman-teman,,sy ingin bertanya :
1. Sebenarnya sudah berapa persen kan Rumah Sakit, khususnya RS di jogja mengaplikasikan clinical governace sesuai teorinya?
2. Memang menurut sy kendala yg paling besar adalah "budaya", trus solusi apakah yang tepat untuk mengatsai hal tersebut?


Itu pertanyaan dari sy, semoga teman2 bisa membantu..
Terimakasih......

Wassalammu'alikm wrwb..