Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Muhammad Faturrahman
Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by Muhammad Faturrahman - Monday, 25 June 2012, 06:53 PM
 
Laporan Kunjungan RS di Malaysia
Picture of catur ilmiwaty
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by catur ilmiwaty - Tuesday, 26 June 2012, 10:06 PM
 
atas nama RAhmi ayu budi amalia

Nama : Rahmi Ayu Budi Amalia,S.KG

NIM : 20111030055

HOSPITAL PAKAR KPJ TAWAKAL

Care for life

KPJ tawakal specialist hospital berlokasi di jantung kota kuala lumpur malaysia.

Salah satu hal menarik menurut saya adalah Tawakal hospital menawarkan health tourism packages seperti osteoporosis screening, optional blood screening package, opthalmology, premier well woman heart package, cardiac case, general executive screening plus, premier well man heart package, premier well man package, general executive screening, surgery case, plastic and reconstructive surgery, woman cancer screening, premier woman package, and orthopedic case.

Pelayanan paket seperti ini jarang ada di indonesia, padahal menurut saya rumah sakit-rumah sakit di indonesia sangat bisa dijadikan sebagai hospital tourism dan dapat membuat paket-paket serupa karena selain indonesia sangat banyak tempat wisata, indonesia juga memiliki peralatan canggih dan SDM yang memadai.

Selain itu yang lebih menariknya lagi, KPJ tawakal specialist hospital telah berani membuat selebaran yang berisi iklan penyediaan macam-macam pelayanan dengan menyertakan harga pada setiap paket perawatannya, sehingga calon customer dapat memperkirakan budget yang akan dikeluarkan untuk membiaya perawatan atau pengobatan dirumah sakit tersebut tanpa ragu.

Berikut contoh-ontoh selebaran yang dibuat oleh KPJ tawakal specialist hospital:

  

  

Contoh Leaflead diatas adalah contoh pembuatan leaflead yang baik sebagai marketing sehingga menarik pasar.

Hal lainnya yang menurut saya menarik adalah safety box/ kotak penyimpanan barang-barang berharga yang tersedia di dalam almari pasien penting untuk disediakan oleh pihak rumah sakit karena sering kali palanggan, baik pasien maupun keluarga pasien kehilangan barang berharga bawaannya. Sehingga hal tersebut harus menjadi perhatian manajemen Rumah sakit dalam penyediaan sarana dan prasarana seperti safety box tersebut. Di KPJ tawakal specialist hospital telah menyediakan nya, namun di indonesia khususnya Rumah sakit-rumah sakit di Yogyakarta dan sekitarnya belum memperhatikan keamanan dan kenyamanan pasien dalam hal penyimpana barang berharganya.

Berikut adalah contoh foto safety box yang gambar nya saya ambil di KPJ tawakal specialist hospital:

  

 

Keunikan lain dari KPJ tawakal specialist hospital adalah dalam pengelolaan SDM. Di bawah ini terdapat gambar para perawat yang sedang di lakukan standarisasi. Rekuitment perawat disana dengan menggunkan sistem merekrut perawat yang telah dididik oleh yayasan pendidikan KPJ tawakal specialist hospital sehingga semua perawat di RS tersebut memiliki standar yang sama dalam melayani pasien. Hal ini seharusnya dapat diterapkan di rumah sakit muhammadiyah diseluruh indonesia karena yayasan muhammadiyah memiliki banyak universitas atau yayasan pendidikan baik perawat, maupun dokter, sehingga pelayanan di rumah sakit memiliki standarisasi yang sama karena perawat memiliki intensitas yang tinggi dan berinteraksi langsung dengan pasien sehingga harus dilakukan standarisasi dalam pelayanannya.

 


Picture of catur ilmiwaty
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by catur ilmiwaty - Tuesday, 26 June 2012, 10:10 PM
 

Nama : Rahmi Ayu Budi Amalia,S.KG

NIM : 20111030055

HOSPITAL PAKAR KPJ TAWAKAL

Care for life

KPJ tawakal specialist hospital berlokasi di jantung kota kuala lumpur malaysia.

Salah satu hal menarik menurut saya adalah Tawakal hospital menawarkan health tourism packages seperti osteoporosis screening, optional blood screening package, opthalmology, premier well woman heart package, cardiac case, general executive screening plus, premier well man heart package, premier well man package, general executive screening, surgery case, plastic and reconstructive surgery, woman cancer screening, premier woman package, and orthopedic case.

Pelayanan paket seperti ini jarang ada di indonesia, padahal menurut saya rumah sakit-rumah sakit di indonesia sangat bisa dijadikan sebagai hospital tourism dan dapat membuat paket-paket serupa karena selain indonesia sangat banyak tempat wisata, indonesia juga memiliki peralatan canggih dan SDM yang memadai.

Selain itu yang lebih menariknya lagi, KPJ tawakal specialist hospital telah berani membuat selebaran yang berisi iklan penyediaan macam-macam pelayanan dengan menyertakan harga pada setiap paket perawatannya, sehingga calon customer dapat memperkirakan budget yang akan dikeluarkan untuk membiaya perawatan atau pengobatan dirumah sakit tersebut tanpa ragu.

Berikut contoh-ontoh selebaran yang dibuat oleh KPJ tawakal specialist hospital:

Contoh Leaflead diatas adalah contoh pembuatan leaflead yang baik sebagai marketing sehingga menarik pasar.

Hal lainnya yang menurut saya menarik adalah safety box/ kotak penyimpanan barang-barang berharga yang tersedia di dalam almari pasien penting untuk disediakan oleh pihak rumah sakit karena sering kali palanggan, baik pasien maupun keluarga pasien kehilangan barang berharga bawaannya. Sehingga hal tersebut harus menjadi perhatian manajemen Rumah sakit dalam penyediaan sarana dan prasarana seperti safety box tersebut. Di KPJ tawakal specialist hospital telah menyediakan nya, namun di indonesia khususnya Rumah sakit-rumah sakit di Yogyakarta dan sekitarnya belum memperhatikan keamanan dan kenyamanan pasien dalam hal penyimpana barang berharganya.

Berikut adalah contoh foto safety box yang gambar nya saya ambil di KPJ tawakal specialist hospital:

Keunikan lain dari KPJ tawakal specialist hospital adalah dalam pengelolaan SDM. Di bawah ini terdapat gambar para perawat yang sedang di lakukan standarisasi. Rekuitment perawat disana dengan menggunkan sistem merekrut perawat yang telah dididik oleh yayasan pendidikan KPJ tawakal specialist hospital sehingga semua perawat di RS tersebut memiliki standar yang sama dalam melayani pasien. Hal ini seharusnya dapat diterapkan di rumah sakit muhammadiyah diseluruh indonesia karena yayasan muhammadiyah memiliki banyak universitas atau yayasan pendidikan baik perawat, maupun dokter, sehingga pelayanan di rumah sakit memiliki standarisasi yang sama karena perawat memiliki intensitas yang tinggi dan berinteraksi langsung dengan pasien sehingga harus dilakukan standarisasi dalam pelayanannya.

Picture of meva dowinta NN
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by meva dowinta NN - Wednesday, 27 June 2012, 12:19 AM
 
Refleksi Kasus FST Malaysia
Meva Dowinta N.N.
20111030046
Picture of Ra Aditya Adhi Puruhita
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by Ra Aditya Adhi Puruhita - Wednesday, 27 June 2012, 01:05 AM
 
NAMA : RA ADITYA ADHI PURUHITA, S.KED
NIM : 20111030054
REFLEKSI KASUS HOSPITAL PAKAR KPJ TAWAKKAL MALAYSIA
Picture of Nur Hamam  Prakosa
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by Nur Hamam Prakosa - Wednesday, 27 June 2012, 01:16 AM
 

NUR HAMAM P

20111030053

REFLEKSI KASUS

Picture of riska yulinta viandini
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by riska yulinta viandini - Wednesday, 27 June 2012, 02:37 AM
 
LAPORAN KUNJUNGAN KPJ HOSPITAL

Nama : Riska Yulinta Viandini
NIM : 20111030059
Picture of rainy iszamriach
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by rainy iszamriach - Wednesday, 27 June 2012, 07:31 AM
 
NAMA : RAINY ISZAMRIACH
NIM : 20111030056
Judul : REFLEKSI TENTANG TRIAGE DI IGD KPJ TAWWAKAL HOSPITAL.


Download :
http://www.mediafire.com/view/?y5doo3ci88k848o



REFLEKSI KASUS
Refleksi tentang triage di KPJ Tawakal Hospital

Dalam kunjungan FST ke salah satu Rumah Sakit Private di MALAYSIA ( KPJ Tawakkal Hospital), penulis tertarik untuk merefleksikan tentang TRIAGE di Rumah sakit Tersebut.
Triage dilaksanakan di ruang gawat darurat, konsep triage di Rumah sakit ini adalah Dapat menangani korban/pasien dengan cepat, cermat dan tepat sesuai dengan sumber daya yang ada. Dan memiliki Prinsip-prinsip triage di UGD KPJ Tawakal Hospital :
“Time Saving is Life Saving (respon time diusahakan sependek mungkin), The Right Patient, to The Right Place at The Right Time serta melakukan yang terbaik untuk jumlah terbanyak” dengan seleksi Pasien berdasarkan :
Prioritas : penentuan mana yang harus didahulukan mengenai penanganan dan pemindahan yang mengacu pada tingkat ancaman jiwa yang timbul
Tingkat prioritas :
1. Prioritas I (prioritas tertinggi) warna MERAH untuk berat dan biru untuk sangat berat. Mengancam jiwa atau fungsi vital, perlu resusitasi dan tindakan bedah segera, mempunyai kesempatan hidup yang besar. Penanganan dan pemindahan bersifat segera yaitu gangguan pada jalan nafas, pernafasan dan sirkulasi. Contohnya sumbatan jalan nafas, tension pneumothorak, syok hemoragik, luka terpotong pada tangan dan kaki, combutio (luka bakar) tingkat II dan III > 25%.Untuk prioritas tertinggi terdapat pintu masuk tersendiri yang berbeda dengan pintu masuk umum, pintu masuk ini langsung mengarah kepada ruang tindakan emergency (Gambar 1) Penderita/korban kategori triage merah dapat langsung diberikan pengobatan diruang tindakan IGD (gambar 2). Tetapi bila memerlukan tindakan medis lebih lanjut, penderita/korban dapat dipindahkan ke ruang operasi atau dirujuk ke rumah sakit lain.

Gambar 1






Gambar 2

2. Prioritas II (medium) warna KUNING Potensial mengancam nyawa atau fungsi vital bila tidak segera ditangani dalam jangka waktu singkat. Penanganan dan pemindahan bersifat jangan terlambat. Contoh: patah tulang besar, combutio (luka bakar) tingkat II dan III 3. Prioritas III(rendah) warna HIJAU Perlu penanganan seperti pelayanan biasa, tidak perlu segera. Penanganan dan pemindahan bersifat terakhir. Contoh luka superficial, luka-luka ringan dan pasien pasien yang datang dalam keadaan mampu berjalan, sadar penuh. prioritas III (rendah) terdapat pojok vital sign / pojok hijau dan anamnesis oleh tenaga medis, lalu pasien akan di buatkan rekam medis yang nantinya akan langsung berlanjut berhadapan dengan dokter di ruang periksa.
4. Prioritas 0 warna HITAM. Kemungkinan untuk hidup sangat kecil, luka sangat parah. Hanya perlu terapi suportif. Contoh henti jantung kritis, trauma kepala kritis.

Penggolongan priotitas berdasarkan penyakit, pada dinding pojok vital sign atau pojok hijau tertempel keterangan tersebut (gambar 3)

Gambar 3

Penempatan Obat-obatan dan peralatan tindakan emergency tertata dengan rapi dan ruangan tersebut menyatu dengan ruang tindakan (gambar 4), seluruh kabin diberi nama jelas sesuia dengan isi kabin dan tertulis tenaga medis wajib mengembalikan barang tersebut ketempat awal. untuk patient safety , penempatan obat-obatan yang berbentuk sama atau mirip seperti ampul dipisahkan, tidak boleh dalam satu area agar tidak terjadi kesalahan pengambilan obat pada keadaan emergency.


Gambar 4





Sumberdaya tenaga medis, dari perawat hingga dokter mendapatkan pelatihan pelayanan emergency secara rutin, dan dari bagian keperawatan teradapat standard pelayanan terhadap pasien, standard ini berlaku untuk seluruh cabang rumah sakit tersebut. Kepala ruang UGD mampu berbicara 4 bahasa ; Malaysia, Inggris , Indonesia dan China, hal ini diperlukan untuk penanganan pasien dan kenyamanan pasien menurut kepala perawat.



Gambar 5.

Gambar 6.
Picture of diah sukmawati hidayah
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by diah sukmawati hidayah - Wednesday, 27 June 2012, 02:42 PM
 
Nama : Diah Sukmawati Hidayah
NIM : 20111030035
MMR-6A

http://www.mediafire.com/view/?rcdc3a2o8nu0grm

Maaf, saya upload di link atas dikarenakan size nya lumayan besar...tq
Picture of arief darmawan
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by arief darmawan - Thursday, 28 June 2012, 01:50 PM
 

GAMBARAN TRIAGE DI EMERGENCY DEPARTMENT

KPJ HOSPITAL TAWAKKAL KUALA LUMPUR

Oleh: Arief Darmawan

(20111030025)

Magister Management Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

LAPORAN KASUS

KPJ Hospital Tawakal Kuala Lumpur merupakan rumah sakit di bawah naungan KPJ Healthcare Bhd. Rumah Sakit ini telah memegang lisensi Malaysian Society for Quality in Health (MSQH). KPJ Hospital Tawakal Kuala Lumpur adalah rumah sakit yang menawarkan pelayanan dokter spesialis penuh waktu, sehingga emergency department (selanjutnya kita sebut IGD/Instalasi Gawat Darurat) di Rumah Sakit ini merupakan instalasi yang khusus menangani pasien gawat darurat.

Triage yang digunakan di Instalasi Gawat Darurat KPJ Hospital Tawakal merupakan definisi true emergency triage yang kita kenal selama ini. Sehingga pasien yang datang diklasifikasikan dan di beri logo merah, kuning, hijau dan hitam.

Pada prinsipnya Instalasi Gawat Darurat KPJ Hospital Tawakal memiliki 2 pintu masuk utama. Pintu pertama digunakan khusus bagi pasien berlogo merah, sedangkan pintu kedua digunakan bagi pasien berlogo kuning dan hijau. Menarik kita ulas bahwa dengan diberlakukan 2 pintu ini tentunya akan memberikan pertolongan yang segera bagi pasien yang berlogo merah. Petugas yang melakukan triage adalah perawat yang memiliki sertifikat khusus. Dokter bertugas di ruang pemeriksaan/tindakan (merah/kuning/hijau) sambil melakukan triage ulang.

PERMASALAHAN

Bagaimana pelaksanaan triage di tempat kita?

DISKUSI

1. KPJ Hospital

KPJ Hospital Tawakal Kuala Lumpur merupakan rumah sakit di bawah naungan KPJ Healthcare Bhd. Rumah Sakit ini telah memegang lisensi Malaysian Society for Quality in Health (MSQH). Di Indonesia mereka memiliki dua cabang yaitu di Jakarta yakni Rumah Sakit Medika Permata Hijau Kebayoran Lama Jakbar dan RS Bumi Serpong Damai Tangerang.

Rumah sakit terbesar di Malaysia ini menyediakan berbagai fasilitas, layanan emergency 24 jam, laboratorium, pusat phisiotherapy dan pusat rahabilitasi, klinik, women and baby centre, dan lain sebagainya. Rumah Sakit yang hampir berusia 30 tahun ini memiliki misi "Delivering Quality Healthcare Services to Our Custumers", dengan tehnologi modern menangani berbagai penyakit dengan tenaga ahli profesional, sehingga KPJ memiliki posisi yang kuat di industri kesehatan.

Rumah Sakit KPJ memiliki 7000 staff ahli kesehatan dengan 700 Dokter Spesialis. Pasien KPJ datang dari berbagai negara, paling banyak Indonesia, Malaysia, Singapura dan lainnya. Dua rumah sakit di bawah naungan KPJ Healthcare Bhd., masing-masing Johor Specialist Hospital dan Puteri Specialist Hospital, diperkirakan akan menerima pasien dari Indonesia lebih dari 7.000 pada tahun 2012, naik 50% di banding tahun lalu sebanyak 4.653 pasien.

2. Triage

Triase berasal dari bahasa prancis trier bahasa inggris triage dan diturunkan dalam bahasa Indonesia triase yang berarti sortir. Yaitu proses khusus memilah pasien berdasar beratnya cedera atau penyakit untuk menentukan jenis perawatan gawat darurat. Kini istilah tersebut lazim digunakan untuk menggambarkan suatu konsep pengkajian yang cepat dan berfokus dengan suatu cara yang memungkinkan pemanfaatan sumber daya manusia, peralatan serta fasilitas yang paling efisien terhadap 100 juta orang yang memerlukan perawatan di UGD setiap tahunnya. Sistem triase mulai dikembangkan mulai pada akhir tahun 1950-an seiring jumlah kunjungan UGD yang melampaui kemampuan sumber daya yang ada untuk melakukan penanganan segera. (Oman, 2008).

Tujuan dari triase dimanapun dilakukan, bukan saja supaya bertindak dengan cepat dan waktu yang tepat tetapi juga melakukan yang terbaik untuk pasien. Dimana triase dilakukan berdasarkan pada ABCDE, beratnya cedera, jumlah pasien yang datang, sarana kesehatan yang tersdia serta kemungkinan hidup pasien.( Pusponegoro, 2010).

Pada pelaksanaan triage di tempat kita, pengkategorian pasien di IGD menggunakan system spot check, yang mana membagi pasien menjadi kategori true emergency dan false emergency. Pada umumnya kebijakan ini digunakan dikarenakan tidak adanya poliklinik yang buka 24 jam sehingga pasien non-emergency dikategorikan sebagai false emergency pada system spot check. Namun, agar pelayanan optimal maka kebijakan ini mengharuskan rumah sakit menugaskan minimal 2 orang dokter jaga (true dan false emergency doctor).

Berikut contoh SOP pelaksanaan triage di tempat kita (terlampir).

KESIMPULAN

Pasien yang masuk ke IGD rumah sakit tentunya butuh pertolongan yang cepat dan tepat untuk itu perlu adanya sistem dalam memberikan pelayanan gawat darurat sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya sehingga dapat menjamin suatu penanganan gawat darurat dengan response time yang cepat dan penanganan yang tepat. Sistem triage wajib dilakukan dalam penanganan pasien gawat darurat. Pasien gawat darurat harus ditangani paling lama 5 (lima) menit setelah sampai di IGD.

DOKUMENTASI

(foto-foto terlampir)

REFERENSI

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.856/Menkes/SK/IX/2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit.

PENULIS

Arief Darmawan. 20111030025. Magister Management Rumah Sakit. Universitas Muhammadiyah. Yogyakarta. 2012

Picture of dhyas munandar as
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by dhyas munandar as - Thursday, 28 June 2012, 11:27 PM
 

“Laporan Kunjungan Rumah Sakit”

Dhyas Munandar AS

20111030034

Magister Management Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

“PATIENT SAFETY”

KPJ Tawakkal Specialist merupakan anak perusahaan dari KPJ Healthcare Berhad, yang terletak di pusat kota Kuala Lumpur, Malaysia. Suatu hal yang akan saya bahas dalam refleksi kasus kali ini adalah mengenai patient safety di Rumah Sakit tersebut. Menarik untuk didiskusikan diberbagai forum kesehatan saat ini mengenai pentingnya pembahasan tersebut.

1. Goal 1 : “Identify patient correctly”

Di rumah sakit ini, menggunakan minimum 2 standard untuk mengecek apakah benar pasien yang diperiksa itu benar adanya, yaitu dengan mengecek

a) Nama lengkap pasien

b) Medical Record Number (MRN)

c) Kartu Tanda Penduduk / Paspor yang bersangkutan

2. Goal 2 : “Improve the effectiveness of Communication among caregivers”

Yaitu, komunikasi antar petugas kesehatan yang menangani pasien. Misalnya :

a) Dengarkan dengan seksama pesan yang disampaikan

b) Tulis pesan tersebut

c) Ulang kembali pesan tersebut

d) Bertanyalah jika sekiranya ada hal yang kurang dimengerti

3. Goal 3 : “ Improve the safety of using medication “

Artinya selalu komunikasikan pengobatan apa saja yang telah diberikan kepada pasien diantara petugas kesehatan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi pada pasien, misalnya : over dosis obat-obatan atau belum diberi pengobatan yang seharusnya diberikan.

4. Goal 4 :”Accurately and completely reconcile medications across the continiuum of care”

Pastikan obat-obatan yang diberikan kepada pasien akurat, karena banyak obat-obatan yang mirip dalam tulisan, lafal pengucapan nya. Oleh karena itu selalu cross cek ulang.

5. Goal 5 :”Ensure correct-site, correct-procedure, correct-patient”

Selalu pastikan identitas pasien, prosedur yang digunakan, serta bagian tubuh mana yang akan dilakukan tindakan (pada operasi)

6. Goal 6:” Improve hand hygiene to prevent health care associated infection”

Mencuci tangan adalah hal yang tidak boleh dilupakan dalam sebelum atau sesudah perawatan pasien, karena walau tampak hal yang sepele itu dalam berpengaruh pada kesehatan pasien atau tenaga kesehatan lainnya karena berhubungan dengan penularan agen infeksi.

7. Goal 7 :”Reduce the risk of patient harm resulting from falls”

Disini diharapkan, menghindari hal-hal yang dapat membahayakan pasien. Oleh karena itu setiap diri tenaga kesehatan selalu meningkatkan pengetahuan serta skill dirinya agar tercapai pelayanan yang optimal kepada pasien.

Tag Line KPJ mengenai patien safety yang menurut saya cukup menarik :

“Patient Safety Starts With Me...”

Picture of ismy dianty
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by ismy dianty - Saturday, 30 June 2012, 12:47 AM
 
Refleksi Kasus Malaysia

ISMY DIANTY
20111030042

Lampiran:
Picture of catur ilmiwaty
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by catur ilmiwaty - Monday, 2 July 2012, 09:40 PM
 
catur ilmiwaty
20111030029
Refleksi Kasus KPJ Malaysia

http://www.mediafire.com/view/?ffjvj571nidj5k6
Picture of maryam jamilah
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by maryam jamilah - Tuesday, 3 July 2012, 12:50 AM
 
FST KPJ TSH
Maryam Jamilah
20111030045
Picture of rani henty novita
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by rani henty novita - Thursday, 5 July 2012, 05:28 PM
 
TUGAS FST MALAYSIA
NAMA : RANI HENTY NOVITA
NIM : 20111030057
Aditiya Pramudya W.
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by aditiya pramudya w - Sunday, 8 July 2012, 04:35 PM
 
Nama : Aditiya Pramudya W.
NIM : 20111030020
Angkatan : MMR 6
Picture of ade ade mega jayanti
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by ade ade mega jayanti - Thursday, 12 July 2012, 12:59 AM
 
Nama : Ade Mega Jayanti
NIM. : 20111030019

REFLEKSI KASUS
FST MALAYSIA

KPJ Tawakkal Specialist merupakan salah satu anak perusahaan dari KPJ Healthcare Berhad, yang terletak di pusat kota Kuala Lumpur, Malaysia. Rumah sakit ini memiliki konsep care for life.
Banyak hal dari rumah sakit ini yang membuat saya sangat tertarik. Salah satu hal yang menarik pertama kali saya lihat adalah mengenai admission service di KPJ Tawakkal Specialist Hospital tersebut.

Dapat dilihat bahwa KPJ hospital tersebut menyediakan lebih dari 2 admission service untuk tempat pendaftaran bagi pasien serta meletakkan customer service tepat disamping pendaftaran. Hal ini menunjukkan tingginya keperdulian rumah sakit terhadap kenyamanan pasien yang datang kerumah sakitnya. Dengan sistem pendaftaran yang computerised dapat menunjang kelengkapan pelayanan di KPJ Hospital. Dengan sistem penataan posisi seperti ini selain nyaman bagi pasien juga dapat meminimalkan terjadinya kelalaian yang tidak diinginkan, yang dapat terjadi oleh petugas rumah sakit maupun oleh pasien/pelanggan. Pegawai yang bekerja di bagian customer service adalah orang-orang dengan bassic pendidikan dibidang IT dan memiliki pendidikan dasar tentang pelayanan. Pilihan ini diambil oleh pihak KPJ untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan.

Jadi, ada baiknya rumah sakit yang ada di Indonesia terutama rumah sakit daerah agar dapat mencontoh KPJ Tawakkal Specialist Hospital agar dapat memaksimalkan pelayanan yang diberikan.
Picture of anita permatasari
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by anita permatasari - Friday, 13 July 2012, 07:27 PM
 
Refleksi kasus kunjungan malaysia
Anita Permatasari : 20111030023

http://www.mediafire.com/view/?9725xm7u589s6lf
Picture of anita permatasari
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by anita permatasari - Saturday, 14 July 2012, 05:42 PM
 
Refleksi kasus kunjungan malaysia
Anita Permatasari : 20111030023
Picture of catur ilmiwaty
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by catur ilmiwaty - Saturday, 14 July 2012, 05:31 PM
 
catur ilmiwaty
20111030029

sleepy

black eye

approve


Picture of lilis rohayati
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by lilis rohayati - Wednesday, 18 July 2012, 08:50 AM
 
Picture of Irmawati Masyhuda
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by Irmawati Masyhuda - Wednesday, 25 July 2012, 08:40 PM
 
Nama : Irmawati Masyhuda
Nim : 2011.103.0041

Filenya bisa didownload di alamat ini :

http://www.mediafire.com/?i77uc39u7c8mqsi
Picture of fradita eka sukardi
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by fradita eka sukardi - Friday, 27 July 2012, 10:39 PM
 
Nama: Fradita Eka Sukardi
NIM: 20111030038
http://www.mediafire.com/view/?198xmcmr3kqkmtg
Picture of cicik indah pahlawati
Re: Laporan Kunjungan RS di Malaysia
by cicik indah pahlawati - Sunday, 29 July 2012, 06:41 AM
 
Cicik Indah pahlawati
20111030030

Laporan kunjungan RS di Malaysia bisa d download disini.