Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of achirudin timora
Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by achirudin timora - Sunday, 8 April 2012, 07:32 PM
 
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Teman-teman berikut topik tugas individu dr. Boy buat kelas eksekutif yang dulu pernah ditulis sama teman2.. Tugas membuat Decision Support Sistem, format dalam 1 lembar saja, bab. 1 pendahuluan yaitu tentang pengertian topik yang dipilih,, bab.2. formulanya,, bab.3. flow chart nya.. begitu saja, mohon dikumpulkan lewat els ini sebelum hari selasa.. berikut topik2nya,, (mohon maaf..yang belum dikasi nama saya lupa punya siapa..langsung di hak cipta aja ya hehehe)

Tugas dr. Boy Sabarguna, kelas Eksekutif:

1. Remunerasi (achirudin)

2. Biaya Satuan Rawat Jalan

3. Penghitungan Logistik Laboratorium (wiwik dewi)

4. Pelaporan Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) (budiyanto)

5. Penilaian Kedisiplinan Karyawan (Musa)

6. Biaya satuan Rawat Inap

7. Biaya Satuan Radiologi

8. Penyusutan Alat

9. Biaya Satuan Kamar Jenazah (sita)

10. Estimasi Kunjungan Rawat Jalan Tiap Tahun

11. Ratio Likuiditas

12. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan

13. Sistem Inventory Obat (Farmasi)

14. Penilaian Kinerja Karyawan (irni)

15. Survey kepuasan pasien Rawat Inap

16. Indikator peningkatan jenjang karier

17. JUmlah Tagihan Macet

18. Biaya satuan Kamar Operasi

Wassalamu'alaikum wr.wb



semangad menempuh MMR
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by Wiwit Ciptaningsih Haryanto - Sunday, 8 April 2012, 09:56 PM
 
setelah di konfirmasi kepada pemiliknya :

6.
Biaya satuan Rawat Inap (wiwit ciptaningsih Haryanto)

10. Estimasi Kunjungan Rawat Jalan Tiap Tahun (andika setiawan)

12. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan (djalu naskutub)

15. Survey kepuasan pasien Rawat Inap (arif budi)

16. Indikator peningkatan jenjang karier( dr.GUNADI)

18. Biaya satuan Kamar Operasi (ida R)






semangad menempuh MMR
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by Wiwit Ciptaningsih Haryanto - Sunday, 8 April 2012, 09:57 PM
 
7. Biaya Satuan Radiologi( siti nurjanah)
Picture of achirudin timora
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by achirudin timora - Tuesday, 10 April 2012, 11:21 PM
 
cha file tugasnya di attach aja..
Picture of siti janah
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by siti janah - Monday, 9 April 2012, 12:19 PM
 
Perhitungan Biaya Satuan (Unit Cost) Radiologi/Rongent.

Perhitungan biaya satuan merupakan salah satu alat pengambil keputusan dalam penetapan tarif.
Biaya satuan (UNit Cost)adalah biaya yang dihitung untuk satuan produk pelayanan yang dihitung dengan membagi biaya total(Total Cost)dengan kuantitas autput (Total Autput)
Unit Cost = Total Cost/Total Autput = TC

Total Cost merupakan jumlah dari Total Fixed Cost dan Total Variable Cost.Fixed Cost adalah biaya tetap yang besarnya tidak terpengaruh oleh besarnya Autput kegiatan.
Variable Cost adalah biaya yang besarnya berubah ubah sesusi dengan Autput kegiatan.
TC =Total Cost
Q =Quantity Jumlah produk =tarif per produk/pasien?
Contoh :
Total Cost : 1 lembar film = Rp 5000
Jasa op+ Listrik+air= Rp 3000
Total Rp 8000
Tarif 1x Rongent Rp 5000
1.Jadi Unit Cost untuk 1x Rongent = Rp 8000/Rp 5000
Rp 1300
2.Unit Cost : Rp 8000
Tarif : Rp 5000
Keuntungan RS per Produk = Rp 8000/Rp 5000 = Rp 1300
Picture of achirudin timora
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by achirudin timora - Tuesday, 10 April 2012, 11:27 PM
 
bunda fie nya di buat di word dulu baru dilampirkan/attach.. contohnya bisa dilihat dilampiran ini..
Picture of sujatmiko sujatmiko
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by sujatmiko sujatmiko - Monday, 9 April 2012, 03:21 PM
 
Ini tugas Sistem Inventory
Picture of arif budi wibowo
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by arif budi wibowo - Tuesday, 10 April 2012, 12:25 AM
 

Kepuasan pasien rawat inap adalah tingkat perasaan seseorang pasien setelah membandingkan kinerja pelayanan atau hasil yang dirasakan dengan harapan yang diinginkan oleh pasien setelah menjalani rawat inap.

Kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan. Pelayanan adalah semua upaya yang dilakukan karyawan untuk memenuhi keinginan pelanggannya dengan jasa yang akan diberikan. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien, dengan menggunakan persepsi pasien tentang pelayanan yang diterima (memuaskan atau mengecewakan, juga termasuk lamanya waktu pelayanan). Kepuasan dimulai dari penerimaan terhadap pasien dari pertama kali datang, sampai pasien meninggalkan rumah sakit. Pelayanan dibentuk berdasarkan 5 prinsip Service Quality yaitukecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan layanan.

djalu
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by djalu naskutub - Tuesday, 10 April 2012, 11:39 AM
 
Dalam penelitian dibutuhkan standarisasi kusioner maupun pengelolaan data.
Secara umum unsur pelayanan yang ditanyakan terdiri dari 14 unsur pelayanan yang terdiri dari:
No UNSUR PELAYANAN NILAI UNSUR
PELAYANAN


1. Prosedur Pelayanan
2. Persyaratan Pelayanan
3. Kejelasan Petugas Pelayanan
4. Kedisiplinan Petugas Pelayanan
5. Tanggung jawab petugas pelayanan
6. Kemampuan petugas pelayanan
7. Kecepatan pelayanan
8. Keadilan mendapatkan pelayanan
9. kesopanan dan keramahan petugas
10. kewajaran biaya pelayanan
11. Kepastian biaya pelayanan
12. Kenyamanan lingkungan
13. Kenyamanan pelayanan
14. Kepastian jadwal pelayanan

BAB III
Nilai indek kepuasan pasient dihitung dengan menggunakan nilai rata rata

tertimbang masing masing unsur pelayanan yang dirasakan oleh pasient dengan menggunakan rumus
jumlah bobot = 1 =0,071
Bobot nilai rata rata terhitung = jumlah unsur 14

Untuk memperoleh nilai indek kepuasan pasient unit pelayanan digunakan pendekatan nilai rata rata tertimbang dengan menggunakan rumus:

Indeks Kepuasan = total nilai persepsi per unsur x nilai penimbang
total unsur yang terisi











Picture of andhika setiawan
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna,
by andhika setiawan - Tuesday, 10 April 2012, 06:15 AM
 
tugas dss
Picture of agus tri widiyantara
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by agus tri widiyantara - Tuesday, 10 April 2012, 09:04 AM
 
Tugas E-Hospital
Topik : Ratio Likuiditas
Selengkapnya ada di lampiran
Picture of agus tri widiyantara
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by agus tri widiyantara - Tuesday, 10 April 2012, 09:06 AM
 
Tugas E-Hospital
Topik : Ratio Likuiditas
Selengkapnya ada di lampiran
Picture of achirudin timora
Ini contoh format dari anak reguler.. bagi yang belum faham..
by achirudin timora - Tuesday, 10 April 2012, 10:01 AM
 
Ini contoh format dari anak reguler.. bagi yang belum faham..
mahasiswa MMR
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by irni sofiani - Tuesday, 10 April 2012, 10:37 AM
 

TUGAS MATA KULIAH E-HOSPITAL

DOSEN : dr. Boy S. Sabarguna, MD, MHA, PhD

Nama Mahasiswa : IRNI SOFIANI

NIM : 201110300011

Angkatan : 6B

Materi : Penilaian Kinerja Karyawan

PENILAIAN KINERJA KARYAWAN

1.Pendahuluan.

Penilaian kinerja karyawan merupaka bagian dari manajemen kinerja atau Performance Management. Performance Management merupakan penerapan manajemen dengan kinerja sebagai dasar dalam melakukan fungsi manajemen. Komponen penting yang ada pada manajemen kinerja adalah : (1)

4 Tindak Lanjut1 Pengukuran






2 Evaluasi
3 Diagnosis


Komponen diatas sebagai bagian penting dari definisi merupakan suatu siklus, yang secara terus menerus berkembang dan semestinya terus menjadi lebih baik.

Manajemen kinerja sekarang menjadi penting karena : (3)

1. Adanya keterkaitan yang luas antara hasil kerja dengan proses yang berlangsung

2. Teknologi informasi dapat menggambarkan keterkaitan secara lebih jelas dan mudah, seperti keterkaitan ‘bonus’ dengan pencapaian jumlah pelayanan

3. Sistim Informasi dengan bantuan model dapat melakukan proyeksi sebagai prediksi kinerja di masa datang

4. Model dapat disiapkan untuk menstimulasikan perubahan yang terjadi dan akibat bagi kinerja yang akan dicapai

Penilaian kinerja adalah proses menilai hasil karya SDM dalam suatu organisasi melalui instrumen penilaian kinerja.

Langkah-langkah Pelaksanaan Penilaian Kinerja :

A. Mewujudkan Kepemimpinan Organisasi

B. Membentuk Tim Penilai Kinerja

C. Membangun komitmen

D. Pelaksanaan peniaian kinerja

E. Klarifikasi

F. Evaluasi

2. Formula

Pelaksanaan Penilaian Kinerja :

1. Pembobotan Variabel Penilaian Kinerja

Variabel kelompok SDM

Pembobotan masing-masing kelompok SDM Rumah Sakit disesuaikan dengan peran dan fungsi kelompok untuk memberikan rasa keadilan pada mereka yang memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Contoh :

No

Kelompok Pegawai

Bobot

1

Manajemen

10

2

Medis/Profesional

7,5

3

Tenaga Kesehatan Lain

5

4

Administrasi

2,5

5

Tenaga Penunjang

2

Variabel Tingkat Pendidikan

Pembobotan dilakukan untuk tingkat pendidikan masing –masing individu dengan tujuan memberikan rasa keadilan pada mereka yang memiliki pendidikan/pengetahuan yang lebih tinggi.

Contoh :

No.

Pendidikan

Bobot

Skor

1.

Spesialis

12

2 s.d 12

2.

S2/dr/drg/Apt/Nurse

10


3.

S1/D4

8


4.

D3

6


5.

SMU dan sederajat

4


6.

SMP atau yang lebih rendah

2


Variabel Masa Kerja

Pembobotan dilakukan untuk memberikan rasa keadilan pada mereka yang mempunyai masa pengabdian yang lebih lama.

Formula yang digunakan untuk menghitung bobot masa kerja :

Lama Kerja X 1O = X 1O

Maksimum Masa Kerja 3ot

Formulir Variabel Masa Kerja :

No.

Lama Kerja

Bobot

Skor

1.

N

N/30


Variabel Kehadiran

Variabel kehadiran juga diberikan bobot dan skor dengan penghitungan dari :

NDT : Nilai Datang Terlambat

JHK : Jumlah Hari Kerja dalam satu bulan

JDT : Jumlah Hari Datang Terlambat

JPC : Jumlah Hari Pulang Cepat

NPC : Nilai Pulang Cepat

Variabel Pengurang

Merupakan hal lain yang perlu diberikan untuk memberi rasa keadilan pada mereka yang memiliki tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi.

Item variabel pengurang :

· Tidak ada surat teguran

· Surat Teguran 1

· Surat Teguran 2

·

mahasiswa MMR
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by irni sofiani - Tuesday, 10 April 2012, 10:41 AM
 
<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Wingdings; panose-1:5 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:2; mso-generic-font-family:auto; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 268435456 0 0 -2147483648 0;} @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;} @font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-520092929 1073786111 9 0 415 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:10.0pt; margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} p.MsoListParagraph, li.MsoListParagraph, div.MsoListParagraph {mso-style-priority:34; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:10.0pt; margin-left:36.0pt; mso-add-space:auto; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} p.MsoListParagraphCxSpFirst, li.MsoListParagraphCxSpFirst, div.MsoListParagraphCxSpFirst {mso-style-priority:34; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-type:export-only; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:36.0pt; margin-bottom:.0001pt; mso-add-space:auto; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} p.MsoListParagraphCxSpMiddle, li.MsoListParagraphCxSpMiddle, div.MsoListParagraphCxSpMiddle {mso-style-priority:34; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-type:export-only; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:0cm; margin-left:36.0pt; margin-bottom:.0001pt; mso-add-space:auto; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} p.MsoListParagraphCxSpLast, li.MsoListParagraphCxSpLast, div.MsoListParagraphCxSpLast {mso-style-priority:34; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-type:export-only; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:10.0pt; margin-left:36.0pt; mso-add-space:auto; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} .MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; margin-bottom:10.0pt; line-height:115%;} @page WordSection1 {size:595.3pt 841.9pt; margin:72.0pt 72.0pt 72.0pt 72.0pt; mso-header-margin:35.4pt; mso-footer-margin:35.4pt; mso-paper-source:0;} div.WordSection1 {page:WordSection1;} /* List Definitions */ @list l0 {mso-list-id:124394592; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:-2143096070 69271567 69271577 69271579 69271567 69271577 69271579 69271567 69271577 69271579;} @list l0:level1 {mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; text-indent:-18.0pt;} @list l1 {mso-list-id:1124427838; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:-907123808 69271567 69271577 69271579 69271567 69271577 69271579 69271567 69271577 69271579;} @list l1:level1 {mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; text-indent:-18.0pt;} @list l2 {mso-list-id:1469668821; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:-185671574 69271553 69271555 69271557 69271553 69271555 69271557 69271553 69271555 69271557;} @list l2:level1 {mso-level-number-format:bullet; mso-level-text:; mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; text-indent:-18.0pt; font-family:Symbol;} ol {margin-bottom:0cm;} ul {margin-bottom:0cm;} -->

· Surat Teguran 2

· Surat Teguran 3

· Surat Peringatan 1

· Surat Peringatan 2

· Surat Peringatan 3

Variabel Penambah

Pembobotan diberikan untuk faktor penambah bagi masing-masing SDM unuk memberikan rasa keadilan bagi mereka yang berprestasi.

Item Variabel penambah :

1. Tidak ada penghargaan

2. Penghargaan tertulis dari Manajemen RS atau Dinas Kesehatan

3. Penghargaan tertulis dari instansi non kesehatan

Variabel Produktivitas

Adalah variabel yang memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan lainnya yang berifat mum. Variabel produktivitas merupakan representasi output (hasil) kerja SDM RS yang terdiri dari unsur-unsur uraian tugas pokok/pekerjaan masing-masing , yang dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi masing-masing rumah sakit.

Contoh pola yang dapat digunakan untuk menilai produktivitas adalah :

POLA 1 :

No.

Unsur-unsur

Variabel Produktivitas

Nilai Target

Bobot

Skor

1.

Melayani Pasien

>79

60-79

40-59

20-39

<20

10

8

6

4

2

POLA 2 :

Bila ada satu jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh beberapa tenaga sejenis, maka penilaian yang digunakan adalah :

 Prodik individu  X 1O

 Produk rumah sakit

Contoh :

Produktivitas Bidan A yang menolong 10persalinan dan Bidan B yang menolong 20 persalinan di Poli KIA RS X dari total 30 persalinan di RS X tersebut adalah :

Formulir Variabel Produktivitas Bidan A

No.

Produktivitas Bidan A

Bobot

Skor

1.

Pertolongan persalinan

(10/30)x10

3,3

Formulir Variabel Produktivitas Bidan B

No.

Produktivitas Bidan B

Bobot

Skor

1.

Pertolongan persalinan

(20/30)x 10

6,6

1. Cara Penghitungan

Kinerja = [ Sygma] Vkp+Vtp+Vmk+Vk+Vp+Vp+Vtm+Vkr


Keterangan :

Vkp : Variabel Kelompok Pegawai

Vtp : Variabel Tingkat Pendidikan

Vmk: Variabel Masa Kerja

Vk: Variabel Kehadiran

Vp: Variabel Produktivitas

Vtm: Variabel Penambah

Vkr: Variabel Pengurang

Contoh Penghitungan Penilaian Kinerja RS :

Pekerjaan

Kriteria Penilaian

Nilai

Kelompok SDM : tenaga Kesehatan

6

Bidan

Pendidikan : D4

8

Masa Kerja 10 tahun :

10/30 X 10

3,3

Kehadiran

5

Pengurang

-4

Penambah

0

Produktivitas

17

TOTAL NILAI KINERJA

35,3

2. FLOW CHART

  

   

Biodata pegawaiNama pegawai yang akan dinilai kinerjanya, per triwulan, semester, dllData Kinerja setiap pegawai       

 

djalu
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by djalu naskutub - Tuesday, 10 April 2012, 10:43 AM
 
BAB I PENDAHULUAN
Kepuasaan didefisikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja(hasil) yang dirasakan dengan harapannya.Oleh karena itu maka tingkat kepuasan adalah perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.
Sehubungan dengan hal tersebut penyelenggaraan pelayanan masyarakat dalam hal ini rumah sakit,khususnya pelayanan rawat jalan,dalam beberapa hal belum berjalan sebagaimana yang diharapkaan.Hal ini terlihat dari masih adanya keluhan dan pengaduan masyarakat sebagai penerima layanan baik disampaikan secara langsung maupun tidak langsung (melalui media masa )
Untuk mengatasi kondisi ini diperlukan suatu komitmen yang tegas dan jelas dari pimpinan rumah sakit.
Sejalan dengan itu rumah sakit membentuk tim dalam melakukan survey terhadap pasient untuk mengetahui tingkat kepuasan pasient.
BAB II
Untuk mengetahui sebuah kepuasan pelanggan atau pasien perlu diadakan suatu :
- Riset
- penelitian

semangad menempuh MMR
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by Wiwit Ciptaningsih Haryanto - Tuesday, 10 April 2012, 06:27 PM
 
<!-- @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } -->


SATUAN BIAYA RAWAT INAP

WIWIT CIPTANINGSIH HARYANTO

20111030018

Mahasiswa Magister Manajemen Rumah Sakit

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


file dilampirkan (Attachment)

Picture of andika purwita aji
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by andika purwita aji - Tuesday, 10 April 2012, 08:23 PM
 
TUGAS SAYA LAMPIRKAN
Picture of arif budi wibowo
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by arif budi wibowo - Wednesday, 11 April 2012, 03:46 AM
 
File tugas Arif Budi Wibowo
Picture of musa musa ghufron
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by musa musa ghufron - Wednesday, 11 April 2012, 09:30 AM
 

Picture of musa musa ghufron
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by musa musa ghufron - Wednesday, 11 April 2012, 09:44 AM
 
II
Picture of musa musa ghufron
Re: Tugas individual dari dr. Boy Sabarguna
by musa musa ghufron - Wednesday, 11 April 2012, 09:45 AM
 
III