Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Robert Timbul Sitorus
Re: Tutorial Filsafat
by Robert Timbul Sitorus - Wednesday, 4 April 2012, 09:58 PM
 

Tugas Filsafat

Nama : Robert timbul sitorus

MMR angkatan 7B

 

1. Bagaimana pemecahan masalahnya ?

Untuk upaya memecahkan permasalahannya John Anderton berusaha mencari tahu siapa otak di belakang proyek Precogs dan ingin membuktikan kesalahan para peramal tersebut dan ia menemukan laporan yang disembunyikan yang menunjukkan kelemahan Precogs bahwa laporan dari peramal tersebut ternyata ada yang ditutupi serta dapat dimanipulasi dan otak dari semua permasalahan itu adalah burgess yang merupakan atasan dari Anderton yang menyalahgunakan teknologi tersebut untuk tujuan pribadi. Akhirnya setelah terbongkar, proyek Department of Pre-Crime dihentikan karena dianggap tidak efektif karena laporan dari precogs dapat dimanipulasi serta dapat merubah rancangan masa depan yang akan terjadi.

2. Masalah yang dapat dilihat dari film tersebut?

Kecanggihan teknologi dimasa depan departemen kepolisian pada era tersebut bisa menangkap siapa saja yang berniat jahat sebelum orang tersebut melakukan kejahatan. Departemen ini sangat efektif dalam mencegah kejahatan. Ini berkat kehadiran Department of Pre-Crime, sebuah kesatuan elit yang terdiri dari tiga orang yang dinamakan Precogs, yaitu tiga orang yang memiliki kemampuan memberikan laporan sebelum terjadinya tindak kriminal. Dengan kemampuan ini, mereka bisa menangkap siapapun yang berniat jahat sebelum orang ini melakukan kejahatan.

Permasalahan dalam film tersebut yaitu dimana John Anderton menemukan visualisasi dirinya melakukan pembunuhan yang akan terjadi di masa depan, padahal dirinya sendiri tidak mengenal orang yang akan dibunuhnya itu. Singkat cerita, dalam pelariannya John meminta bantuan orang-orang yang dikenalnya, sampai-sampai ia melakukan transplantasi mata untuk menghindari alat deteksi identifikasi. Semuanya itu dilakukan oleh John Anderton karena ia hendak membuktikan bahwa ia tidak memiliki alasan untuk membunuh orang lain. Ia menemukan bahwa kunci jawabannya ada pada visualisasi salah satu Precogs, dan mengetahui bahwa ternyata ia telah dijebak oleh atasannya sendiri yaitu Burgess. Ia juga menemukan fakta lain yang cukup mengagetkan, bahwa seseorang bisa saja mengubah rancangan masa depan.

3. Apakah teknologi tersebut dapat saudara temukan dalam mencari kebenaran?

Teknologi memang sangat diperlukan dalam membantu pekerjaan manusia. Namun jangan terlalu bergantung terhadap suatu teknologi karena bagaimanapun teknologi tidak mempunyai pemikiran seperti manusia. Walaupun terlihat sempurna tetapi pasti terdapat kesalahan dalam melakukan suatu pekerjaan karena teknologi tersebut buatan manusia itu sendiri. Seperti dalam film teknologi tersebut dapat memprediksi kejadian dimasa depan yang disampaikan dalam bentuk visualisasi, padahal belum tentu pada saat hari kejadian orang yang dilihat dalam visualisasi melakukan tindak kejahatan karena manusia itu mempunyai suatu perasaan sehingga bisa saja orang tersebut mengurungkan niatnya untuk melakukan tindakan kriminal seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu secanggih apapun teknologi yang diciptakan oleh manusia, tetaplah hanya sebuah mesin yang tidak memiliki perasaan.

4. Manfaat apa yang saudara dapatkan dari film secara filsafat ?

 Melihat suatu permasalahan dan mencari pemecahan masalahnya dari berbagai aspek tanpa harus melanggar metode yang sudah ditetapkan karena belum tentu metode yang telah ditetapkan dapat secara efektif menyelesaikan suatu permasalahan