Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Indra Tanaya
Tutorial Filsafat
by Indra Tanaya - Saturday, 24 March 2012, 10:40 AM
 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tutorial kali ini, saudara akan menonton Film, “Minority Report”, mohon setelah menonton film ini saudara menganalisis :

1. Masalah apa yang anda lihat dari film tersebut?

2. Bagaimana pemecahan masalah yang dilakukan untuk mengatasi masalah tsb?

3. Banyak tehnologi dalam yang spectakuler / di luar perkiraan, menurut saudara apakah  tehnologi-tehnologi tersebut dapat saudara temukan dalam rangka mencari “Kebenaran”?

4. Manfaat apa yang saudara dapatkan dari film tsb secara Filsafat?

Mohon saat menonton film, saudara berpikir secara dewasa dan renungkan makna filosofis dari film tersebut.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Picture of Totok Sundoro
Re: Tutorial Filsafat
by Totok Sundoro - Sunday, 25 March 2012, 11:39 AM
 

Tugas : Tutorial Filsafat

Hari : Sabtu, 24 Maret 2012

Nama Mahasiswa : Totok Sundoro, S. KM.

NIM : 20111030085

1. Masalah apa yang anda lihat di film tersebut ?

Ada beberapa masalah, misalnya dalam memberantas pembunuhan yang terjadi, mereka memakai seorang(atau 3) untuk meramalkan siapakah pembunuhnya. Kemudian, walaupun dianggap sempurna tetapi ada kelemahan dalam teknologi precrime yang mereka terapkan, ternyata bisa ditutupi atau ditipu, sehingga para polisi precrime bisa saja menangkap penjahat yang salah.

Dalam film ini adalah usaha manusia untuk mencegah pembunuhan yang kemudian diwujudkan dengan suatu sistem yang dinamakan Precrime yang dapat melihat dimensi masa depan atau visi tentang pembunuhan yang terjadi sebelum waktunya menggunakan bantuan Precog. Disamping itu juga ada beberapa masalah2 lain yang secara individual dimiliki oleh setiap karakter2 di film ini, seperti sang pemimpin program Precime, Burgess, yang akhirnya menghalalkan berbagai cara untuk mewujudkan ambisinya dan John Anderton sebagai pemeran utama yang dijebak dan mencoba mencari tahu kebenaran bahwa dirinya tidak bersalah.


2. Bagaimana pemecahan masalahnya ?

Pemecahan masalah yang bisa dilakukan adalah dengan tidak melanjutkan teknologi precrime, karena itu bisa dianggap mengubah masa depan yang akan terjadi, walaupun dengan niat atau tujuan yang baik.

Dalam film ini pemecahan masalah dilakukan oleh John Anderton dengan mencari minority report pada precog, karena dia dijebak dan ternyata hak ini berkaitan dengan dirinya yang mencari tahu mengenai kasus Anne Lively yang ia lihat pada visi precog. Dan pada akhirnya setelah kasus Anne Lively terbongkar dan pelakunya adalah Burgess, kecacatan sistem Precrime terbongkar dan akhirnya dihentikan.

3. 3. Apakah teknologi2 tersebut dapat saudara temukan dalam mencari kebenaran?

Ya. Namun ada pertentangan yang terjadi, jika hal tersebut bisa mengubah masa depan, akan menjadi hal yang membingungkan. Daripada kita mengubah masa depan, lebih baik kita membuat masa depan yang baik dimulai dari sekarang. Teknologi adalah suatu alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Tapi jangan sampai terbalik dalam pengaplikasiannya, janganlah kita diperbudak oleh teknologi. Dalam film ini yang disetting futuristik, teknologi yang ada sangatlah canggih, mulai dari sistem tata kota, komputerisasi, kendaraan2, dll. Suatu sistem di film ini, adalah buatan manusia, walaupun terlihat sempurna pasti ada celah akan timbulnya kesalahan. Secanggih apapun teknologi yang diciptakan manusia, tetaplah hanya sebuah mesin yang tidak memiliki perasaan, karena itu ketika kita dihadapkan pada masalah berpikirlah jangka panjang dengan hati yang tenang dan yakinlah akan pilihan kita, seperti yang di katakan di film ini ‘you can choose’.

4. Manfaat apa yang saudara dapatkan dari film secara filsafat ?

  1. Film tersebut dapat memberi manfaat, antara lain kita harus membuat masa depan yang baik untuk kita sendiri. Jangan pernah berpikir untuk mengubah masa lalu yang sudah terjadi.
  2. Ketika kita mencari kebenaran, janganlah hanya memandang dari 1 sisi saja. Dengarlah pendapat orang2 dan carilah sumber lain. Lihatlah lingkungan sekitar karena semua hal walaupun sedikit pasti memiliki keterkaitan.
  3. Kita harus kreatif, tidak menerima saja mentah2 informasi yang kita terima, dan mau berusaha mencari tahu kebenarannya yang sesungguhnya, walaupun dalam prosesnya akan sulit. Ketika kita sudah mendapatkan informasi yang banyak dari berbagai sumber, pilahlah yang kira2 memang merupakan jawaban sebenarnya dari pertanyaan kita.
  4. Janganlah takut untuk mempercayai diri sendiri, tapi juga jangan terlalu percaya diri sehingga menyepelekan org lain. Berfikir smart, kreatif, tanggap, tidak mudah menyerah, dan memberi respon yang cepat dalam menyikapi suatu masalah adalah hal yang bisa saya pelajari dari film ini.


Picture of Yuni Istanti
Re: Tutorial Filsafat
by Yuni Istanti - Sunday, 25 March 2012, 01:22 PM
 

Nama Mahasiswa: Yuni Istanti, S. KM

No. Induk Mahasiswa:20111030089


1. Masalah dalam film ini yakni adanya data yang hilang mengenai kematian Anna liveli (ibu sebenarnya Agata), dimana tidak diketahui siapa pembunuhnya. Selain itu adanya kecurangan dan kebohongan yang ternyata dilakukan oleh pimpinan precime Burgess, dimana dia mencoba untuk menghapus data dan menyembunyikan laporan kecil mengenai pembunuhan yang dilakukan olehnya terhadap ibu dari Agata, salah satu dari 3 Precog yang menjadi objek dari program yang dibuat oleh Precrime.

2. Pemecahan masalah dilakukan dengan mencari laporan kecil yang dilakukan oleh John Anderston salah satu dari pimpinan tim buru sergap yang juga merupakan korban penjebakan oleh Burgess, dengan bantuan Agata yakni precog yang paling handal. pencarian tersebut bertujuan untuk mengetahui pembunuhan dari Anna liveli dan sekaligus mengetahui kejadian hilangnya anak dari John Anderston.

3. Menurut saya teknologi – teknologi yang ada dapat sangat membantu dalam mencari kebenaran, dimana teknologi – teknologi tersebut dapat memberikan informasi dan petunjuk dalam pencarian informasi. Tapi pada dasarnya teknologi yang ada hanya dibuat oleh manusia, sehebat dan secanggih apapun alat – alat tersebut dapat juga salah. Kesimpulannya manusia tetap kembali meminta pada penciptanya Allah SWT dalam mencari kebenaran.

4. Manfaat yang saya dapatkan adalah bahwa ketika kita menemukan suatu masalah maka kita harus memecahkan masalah tersebut, tidak lantas harus mengabaikan dan membiarkan masalah tersebut. Tapi berusaha untuk memecahkan masalah dan mencari jawaban dari masalah yang ada dengan teliti, cermatdan sigap dalam bertindak.

Picture of Herianto Sosilo
Re: Tutorial Filsafat
by Herianto Sosilo - Sunday, 25 March 2012, 02:30 PM
 
TUGAS FILSAFAT HERIANTO SOSILO
Picture of Marini Tarida
Re: Tutorial Filsafat
by Marini Tarida - Sunday, 25 March 2012, 03:10 PM
 
tugas filsafat....
Picture of Noor Sa'adah
Re: Tutorial Filsafat
by Noor Sa'adah - Sunday, 25 March 2012, 05:36 PM
 

 
Juli Santoso
Tugas Tutorial Filsafat
by Juli Santoso - Monday, 26 March 2012, 01:08 AM
 
Tugas Tutorial Filsafat-Juli Santoso
Picture of yuliani yuliani
Re: Tutorial Filsafat
by yuliani yuliani - Monday, 26 March 2012, 09:45 AM
 
1.Masalah yang saya lihat yaitu tentang pembunuhan-pembunuhan yang berusaha untuk ditutupi . Berawal dari kematian Anne levely dan anak john Anderthon yang dibunuh. Pembunuhnya dapat di tutupi dengan mengubah penglihatan orang agar mereka tidak tahu siapa pembunuh sebenarnya.John anderton , polisi yang tidak bersalah kena dampaknya dari masalah ini.Ia dituduh telah melakukan pembunuhan tersebut.
2.Para precorg yang dibuat untuk mengetahui apa yang akan terjadi di masadepan diselidiki karena salah satu mereka ada yang memiliki kunci dari catatan kecil peristiwa pembunuhan tersebut.dan John anderton berusaha agar dapat berbicara dengan precog dan mencari siapa diantara 3 precor yang menjadi kunci yang memegang catatan kecil tersebut dengan menukar penglihatannya dan berhasil.Dia dapat mengetahui siapa pembunuh sebenarnya yaitu burges yang memanfaatkan situasi tersebut tapi akhirnya dia bunuh diri.
3. Ya, Tekhnologi tersebut dapat digunakan untuk melihata kejadian dimasayang akana datang, dengan adanya precrime kita bisa melihat apa yang akan terjadi, namun precrime itu ternyata dapat juga untuk menutupi kejadian sebenarnya, sehingga precrime itu akhirnya juga tidak bisa dilanjutkan untuk mencari kebenaran.
4. Kita bisa mengubah masa depan menjadi lebih baik . Mari kita belajar dan berencana untuk bagaimana caranya menjadikan masa depan lebih baik. Tekhnologi itu hanya alat untuk mempermudah kerja manusia agar dapat mencapai cita-cita, bukan untuk merubah instan masa depan.Mari kita coba untuk mendengarkan pendapat orang lain jangan terlalu percaya akan diri sendiri, karena hidup ini bermasyarakat, saling membutuhkan satu dengan lainnya.Kejujuran hidup akan berdampak lebih baik daripada kita menipu orang lain artinya menipu diri sendiri.

Picture of Indriastuti Indriastuti
Re: Tutorial Filsafat
by Indriastuti Indriastuti - Monday, 26 March 2012, 10:29 AM
 
1. masalah yang terjadi yaitu adanya pembunuhan yang dapat diketahui lewat 3manusia (precorg) yang dibuat untuk mengetahui kejadian pembunuhan yang akan datang. Pembunuhan berawal dari Anne levely yang ternyata dibunuh oleh burgess dan pembunuhan anak dari john anderton, seorang polisi yang dituduh melakukan pembunuhan
2.John anderton berusaha menyelidiki 3 precorg yang kata pembuatnya ada seorang pemegang kunci yang mengetahui catatan kecil dari peristiw tersebut. John anderton berhasil menemukan precorg pemegang kunci tersebut dan membawanya keluar dari ruangan precrime dan ahirnya dia dapat mengetahui siapa pembunuh sebenarnya yang ternyata burgess yang berhasil menutupi peristiwa itu
3.Tekhnologi itu dapat digunakan untuk mencari kebenaran tapi juga dapat digunakan untuk menutupi kebenaran, yang pada akhirnya kebenaran terungkap ternyata burges pembunuh dari anne levely bukan john anderton dan precrime tidak digunakan lagi
4.Tekhnologi yang canggih digunakan untuk mempermudah kerja manusia bukan untuk meramal masa yang akan datang. Masa depan menjadi lebih baik berawal dari manusia itu sendiri yang memiliki kemauan dan kemapuan yang baik pula. Manusia harus memiliki planning masa depan agar dapat lebih baik dari sekarang bukan dengan memanfaatkan tekhnogi agar instan. Kita hidup bersosial , dengarkan ide atau pendapat orang lain dan jangan terlalu percayaakan diri sendiri yang akibatnyajuga menyesal dikemudian hari
Picture of S. Nur Eddy Purnomo
Re: Tutorial Filsafat
by S. Nur Eddy Purnomo - Monday, 26 March 2012, 10:50 AM
 

NAMA : S. NUR EDDY PURNOMO, KELAS 7B (EKSEKUTIF) MMR UMY

JAWABAN FILSAFAT HUKUM

1. 1. Beberapa masalah yang terjadi pada film tersebut antara lain seorang ayah (John Anderton) yang mencari anak laki-lakinya yang berusia 6 tahun diculik oleh orang yang belum diketahui pelakunya beberapa tahun yang lalu, dia dulunya seorang polisi karena dia dijebak dan menjadi korban ambisi seorang pemimpin program precrime(Burgess). Ambisi pemimpin tersebut yang ingin menjadi penguasa nomor satu pada suatu program precrime yang menerapkan teknologi spektakuler dalam penanganan maupun untuk melihat kejadian yang telah lalu dan yang akan terjadi melalui manusia precog.

2. 2. Dalam mengatasi masalahnya si ayah tersebut berusaha mencari dengan berbagai upaya antara lain juga melalui teknologi canggih yang spektakuler mencari penculik anaknya meskipun ia rela berkorban dengan mengganti matanya yang sudah teridentifikasi dengan kode rahasia diinstitusinya yang dulu dengan mata biasa milik orang awam (orang jepang) agar dia terhindar dari kejaran polisi dan juga berusaha mendapatkan manusia precog agar dia bisa mengidentifikasi dimana dan siapa penculik anaknya. Kemudian dalam mewujudkan ambisinya pemimpin program precrime berusaha menggunakan segala cara termasuk dengan mengorbankan seseorang dan menggunakan teknologi spektakuler meskipun dengan teknologi tersebut juga rahasianya terbongkar dan mati karena perbuatannya sendiri.

3. 3. Tekonologi spektakuler seperti dalam film tersebut memang masih jauh dari tekonologi peradaban manusia sekarang, tapi bila kita renungkan film tersebut bisa memberikan inspirasi pada manusia bahwa apabila kita punya masalah dan kita yakin bisa menyelesaikannya dengan berbagai upaya kita berusaha untuk memecahkannya. Kadang dalam memecahkan masalah tersebut kita melakukan suatu perbuatan yang diluar akal sehat. Dalam mencari kebenaran kadang kita akan melakukan apapun demi menemukan kebenaran tersebut, tapi perlu diingat kebenaran yang hakiki adalah milik Allah, manusia hanya diberi akal untuk bisa berupaya menemukannya, kita tidak bisa memastikan hanya bisa membuat perkiraan.  Seperti yang digambarkan dalam film dengan peran manusia precog yang bisa melihat kejadian yang lalu dan yang akan datang memang teknologi bisa membantu pekerjaan kita tapi janganlah terlalu mendewakan teknologi ,karena wujudnya hanya benda yang tidak punya hati dan perasaan dan apabila kita sendiri yang menciptakan bisa juga kita sendiri yang bisa menjadi korban kesalahan teknologi tersebut.

4. 4. Manfaat dari film tersebut secara filsafat yaitu :

a. Di dalam mencari penculik anaknya seorang ayah berusaha dengan segala upayanya, hal ini bisa menjadi contoh bahwa apabila kita punya masalah selagi kita yakin bisa untuk menyelesaikannya kita berusaha untuk menyelesaikannya.

b. Manusia oleh Allah diberi akal pikiran, oleh karena itu apabila kita menghadapi masalah kita diberi kesempatan menggunakan akal pikiran tersebut sebagai alat untuk menyelesaikannya.

c. Dengan akal pikiran tersebut manusia bisa menciptakan teknologi canggih bahkan spektakuler untuk membantu menyelesaikan masalahnya, tapi perlu diingat secanggih apapun alat yang diciptakan oleh manusia masih ada kelemahannya. Karena sekali lagi harus diingat kesempurnaan hanya milik Allah.

Tri Kuncoro - MMR- angkatan 7B
Re: Tutorial Filsafat
by Tri Kuncoro - Monday, 26 March 2012, 02:36 PM
 
Tri Kuncoro
20111030086
MMR-Angkatan 7B


JAWABAN TUGAS TUTORIAL FILSAFAT ILMU

Film : Minority Report
Cerita dalam film ini mengambil latarbelakang Amerika Serikat di tahun 2054, tepatnya di kota Washington DC.
Salah satu departemen kepolisian di US yang bertugas menghentikan tindak kejahatan sebelum kejadian bernama satuan Precrimes.
Departemen tersebut memiliki wewenang untuk menangkap dan menghukum orang-orang yang telah diprediksikan akan melakukan kejahatan pembunuhan, walaupun pembunuhan itu sendiri belum terjadi. Precrimes dalam bekerjanya menggunakan program berteknologi tinggi dan dibantu oleh Precogs (paranormal) yang berkemampuan khusus, yang terdiri dari sepasang kembar laki-laki dan seorang wanita yang ditempatkan di ruang khusus dan dibuat agar selalu tertidur dalam rendaman air. Precogs ini bertugas memberikan Minority Report (Laporan Sebelum Kejadian).
Sejak Precrimes mulai beroperasi ada satu kasus pembunuhan yang belum terungkap, dimana tersangkanya telah ditangkap, namun pada akhirnya korban tetap terbunuh. Ironisnya, korban dalam kasus ini justru ibu dari Agatha (salah satu dari Precogs).
Setelah sekian lama, John Anderton, salah satu dari anggota Precrime berhasil menemukan sedikit petunjuk untuk memecahkan kasus tersebut, sialnya hal tersebut justru menyeret kedalam masalah pelik yang melibatkan kenangan masa lalunya dengan mendiang anaknya.

JAWABAN SOAL :
1. Masalah yang ada pada film tersebut adalah tindak kejahatan pembunuhan di Amerika Serikat pada tahun 2054 yang diharapkan dan diupayakan bisa dicegah oleh departemen precrimes dengan menggunakan peralatan berteknologi canggih yang mampu melihat masa depan yang akan terjadi, khususnya melihat kejahatan pembunuhan yang akan terjadi. Meski dengan menggunakan program yang sangat canggih namun pihak departemen precrimes jauga menggunakan jasa precogs yang mempunyai kemampuan khusus dan bertugas memberikan minority report. Diharapkan dengan dibantu precogs tersebut program dengan peralatan berteknologi canggih tersebut bissa berjalan dengan sempurna tanpa sesuatu kekurangan. Akan tetapi ternyata program tersebut masih bisa dimanipulasi oleh pimpinan untuk kepentingan pribadinya sehingga menimbulkan masalah.
Pimpinan precrime telah memanipulasi program tersebut untuk menjebak John Anderton seolah akan melakukan kejahatan pembunuhan.
Bahkan John Anderton juga menemukan fakta yang cukup mencengangkan bahwa program tersebut bisa saja diubah rancangannya.

2. Pemecahan masalah yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara John Anderton mencari bukti bahwa dirinya tidak bersalah dengan menemui pendiri program precrime tersebut. Dari sana John mendapatkan banyak informasi mengenai minority report yang terdapat pada precogs yang bernama Agatha yang sangat berkaitan erat dengan visi sistem precrime ke depan. Pencarian John bertujuan untuk mengetahui pembunuhan dari Anna Livelli yang disangkakan pada diri John dan sekaligus mengetahui kejadian hilangnya anak John Anderton. Akhirnya ketidaksempurnaan program precrime tersebut terbongkat oleh John. Maka program itui dihentikan dan John dinyatakan tidak bersalh.

3. Teknologi yang spektakuler dan diluar perkiraan tersebut tidak dapat menemukan "KEBENARAN", karena kebenaran hakiki tidak dapat ditemukan dengan peralatan atau program secanggih apapun. Kebenaran hakiki hanya milik Allah SWT.
Dalam film minority report tersebut departemen precrime yang begitu canggih peralatannya dan juga masih menggunakan bantuan jasa dari precogs (paranormal) akhirnya juga tidak menemukan "KEBENARAN" dan malah sebaliknya yaitu KESALAHAN karena program tersebut masih jauh dari "KESEMPURNAAN". Bahwa program canggih tersebut masih banyak kekurangannya karena masih merupakan cipataan manusia yang merupakan makhluk Allah SWT.

4. Manfaat secara filsafat dari menonton film tersebut adalah bahwa manusia mempunyai kebebasan dalam berfikir yang seolah tanpa batas dalam rangka mewujudkan apa yang diinginkan dalam kehidupan ini, akan tetapi kebebasan tersebut sesungguhnya harus tetap dalam kerangka bahwa kita manusia ini makhluk yang penuh dengan keterbatasan. Hanya Allah SWT Yang Maha Sempurna.
Bahwa bila takdir telah sampai (misal : kematian) maka manusia tidak dapat memajukan atau mengundurkannya, walaupun dengan menggunakan peralatan secanggih apapun dan dengan bantuan siapapun. Karena hal tersebut sudah menjadi kehendak dari Allah SWT.
Picture of Triana Uminingsih
Re: Tutorial Filsafat
by Triana Uminingsih - Monday, 26 March 2012, 09:37 PM
 
Nama Mahasiswa : Triana Uminingsih
MMR angkatan 7B eksekutif
No.Absen : 24

1. Masalah apa yang anda lihat di film tersebut ?

Dalam film ini diceritakan adanya upaya manusia untuk melihat masa depan yang akan terjadi dengan sistem yang sangat canggih yang dinamakan Precrime yang dapat melihat dimensi masa depan atau visi tentang pembunuhan yang terjadi sebelum waktunya menggunakan bantuan manusia Precog berjumlah 3 orang.Sistem ini dipimpin oleh seorang Burgess, yang menghalalkan berbagai cara untuk mewujudkan ambisinya.

Alat-alat yang digunakan semuanya serba canggih, hampir sempurna. Akan tetapi semua program precrime ini dihentikan karena adanya tindakan yang tidak benar oleh pimpinan tersebut dibongkar oleh seorang mantan polisi john anderton

2. Bagaimana pemecahan masalahnya ?

Dalam film ini pemecahan masalah dilakukan oleh John Anderton dengan mencari minority report pada precog, karena dia dijebak dan ternyata hak ini berkaitan dengan dirinya yang mencari tahu mengenai kasus kematian istrinya Anne Lively yang ia lihat pada visi precog. Dan pada akhirnya setelah kasus Anne Lively terbongkar dan pelakunya adalah Burgess, kecacatan sistem Precrime terbongkar dan akhirnya dihentikan.

3.Apakah teknologi2 tersebut dapat saudara temukan dalam mencari kebenaran

 Teknologi tersebut adalah suatu sistem yang mempermudah pekerjaan manusia saja. Meskipun canggih dalam segala hal termasuk mencari kebenaran tetapi itu hanyalah buatan/ impian manusia yang tidak bisa menyamai kebenaran sejati yaitu dari Alloh Swt.

4. Manfaat apa yang saudara dapatkan dari film secara filsafat ?

Dengan film tersebut kita dapat mengambil manfaatnya antara lain: tidak mudah menerima informasi yang belum tentu benar, kita percaya pada diri sendiri/ berani menegakkan kebenaran apabila kita yakin tidak salah dan yang paling penting kita harus meyakini adanya rukun iman yaitu percaya pada takdir baik atau buruk yang bakal terjadi pada kita

Picture of hayati ahmalliah
Re: Tutorial Filsafat
by hayati ahmalliah - Monday, 26 March 2012, 09:45 PM
 
Hayati Ahmalliah
Picture of Siti Apriani Kurnianingsih
Re: Tutorial Filsafat
by Siti Apriani Kurnianingsih - Monday, 26 March 2012, 09:47 PM
 
Tugas tutorial Filsafat :

1. Masalah yang ada di film tersebut adalah :
Adanya kematian dalam film ini yaitu pembunuhan yang di sembunyikan yaitu kematian Anne Levely dan pembunuhnya itu berhasil di tutup - tutupi akan tetapi akhirnya terungkap juga dengan adanya kemajuan teknologi, karena pimpinan precrime telah memanipulasi fakta dan mencari kambing hitam.

2. Pemecahan Masalah :
John Anderton berusaha mencari precog yang bisa membuka tabir rahasia pembunuhan tersebut, dengan tanpa putus asa dia berusaha mencari fakta bahwa ia tidak terlibat dalam hal tersebut. dengan menggunakan program teknologi ia menemukan fakta yang sebenarnya.

3. Menurut saya teknologi - teknologi tersebut bisa di temukan, akan tetapi bahwa teknologi tidak bisa menjamin adanya kebenaran. karena teknologi secanggih apapun seperti yang di buat pada film tersebut hanyalah buatan manusia. dimana kemungkinan terjadinya kesalahan sangat besar.

4. Manfaat yang di dapat dari film tersebut adalah :
bahwa kita (manusia) bisa sebebasnya menggali potensi dalam hal explorasi teknologi tetapi bahwa teknologi canggih tidak ada jaminan kesuksesan karena teknologi juga mempunyai keterbatasan.
seperti kata - kata bijak "Kekurangan milik kita smua (manusia) dan kesempurnaan hanya milik allah semata" maka hendaklah manusia menyadari kata-kata bijak tersebut.

Picture of Muhammad Firdaus
Re: Tutorial Filsafat
by Muhammad Firdaus - Monday, 26 March 2012, 09:49 PM
 
Nama : M.Firdaus
Picture of Parjiyana Parjiyana
Re: Tutorial Filsafat
by Parjiyana Parjiyana - Monday, 26 March 2012, 10:38 PM
 

Tugas : TUTORIAL FILSAFAT

Nama Mahasiswa : PARJIYANA

NIM : 201110300778


Menanggapi Film “Minority Report”

1. Masalah apa yang anda lihat dari film tersebut ?

Jawab :

a. Ada sebuah departemen bernama Precrima yang mempunyai wewenang untuk menangkap dan menahan orang-orang yang telah diduga melakukan pembunuhan walaupun pembunuhan itu belum terjadi, namun Tim precrime langsung melakukan penyergapan kepada orang-orang pada saat pembunuhan akan terjadi, kemudian langsung diadili dan dipenjara tanpa melalui proses hukum yang berlaku.

b. Tim Precrime bekerja dengan bantuan 3 (tiga) Precog, yang memiliki kemampuan khusus untuk memberikan “Minority Report”, laporan sebelum terjadinya tindak kriminal. ternyata dalam film itu laporan yang dibuat hanya berdasarkan kemauan si Pemilik Program yaitu Tim Precrime

c. Ada Kecanggihan Teknologi lain yang ditunjukkan dalam film itu adalah alat pendeteksi identitas melalui retina mata. Teknologi ini pun terbukti bisa dikelabui dengan penemuan teknologi baru berupa transplantasi mata yang dilakukan oleh John Anderton untuk menghindari alat deteksi untuk mengidentifikasi tapi tidak berhasil dilakukan John karena tetap ketahuan dan John berhasil melarikan diri dari kejaran oleh tim Precrime.

2. Bagaimana pemecahan masalah yang dilakukan untuk mengatasi masalah tsb ?

Jawab :

a. Suatu laporan harus mengikuti kaidah-kaidah laporan yang baik, berdasarkan data-data yang nyata dan akurat yang tidak mementingkan kepentingan diri sendiri maupun golongan

b. Kecanggihan teknologi di samping harus tepat guna dan tepat manfaat juga harus diperhitungkan faktor resiko yang akan terjadi

c. Suatu Institusi apapun yang dibentuk, harus ada badan lain yang mengontrol berlangsungnya suatu kegiatan yang dilakukan yang harus tunduk pada asas hukum.

3. Banyak tehnologi dalam yang spectakuler / di luar perkiraan, menurut saudara apakah tehnologi-tehnologi tersebut dapat saudara temukan dalam rangka mencari “Kebenaran”?

Jawab :

Sebuah konsep kebenaran yang tidak bersumber dari ketetapan Allah (wahyu), maka tidak lain itu adalah merupakan hasil dari buah pikiran akal manusia yang merujuk kepada hawa nafsu serta ro’yunya sendiri. Dan bukankah sifat manusia itu cenderung kepada kezaliman dan cenderung menuruti kehendak hawa nafsunya yang tak terkendali?

Jadi teknologi hanyalan salah satu upaya manusia dalam mencari kebenaran, kebenaran hakiki hanya berasal dari Allah SWT

4. Manfaat apa yang saudara dapatkan dari film tsb secara Filsafat ?

Jawab :

Perkembangan ilmu pengetahuan semakin lama semakin maju dengan munculnya ilmu-ilmu baru dengan berbagai disiplin yang akhirnya memunculkan pula sub-sub ilmu pengetahuan baru kearah ilmu pengetahuan yang lebih khusus lagi seperti spesialisasi-spesialisasi. Ilmu pengetahuan hakekatnya dapat dilihat sebagai suatu sistem yang jalin-menjalin dan taat asas (konsisten) dari ungkapan-ungkapan yang sifat benar-tidaknya dapat ditentukan dengan patokan-patokan serta tolok ukur yang mendasari kebenaran masing-masing bidang ilmu (termasuk kecanggihan teknologi). dalam cerita Film “Minority Report”

Picture of Sri Catur Murniningsih
Re: Tutorial Filsafat
by Sri Catur Murniningsih - Monday, 26 March 2012, 10:25 PM
 
1. Masalah yang terlihat yaitu tentng pembunuhan-pembunuhan yang dapat diketahui sebelum terjadi karena adanya 3 precorg yang dapat melihat ke masa depan, yang ternyata pembunuhan tersebut berawal dari pembunuhan anne levely ibu agatha yang dibunuh oleh burges tapi john anderton seorang polisi malah dituduh sebagai pelaku pembunuhan tersebut.
2.John Anderton mencoba mencari pembuat sistem preqreme yang mengatakan dia harus menemukan minority report diantara 3 precorg yang ada, karena salah satu diantara meereka adalah juru kuncinya.John anderton berhasil menemukan catatan kecil tersebut yang ternyata burgeslah pembunuh sebenarnya dengan menutupi kejadian asli lewat teknologi canggih
3.Teknologi itu dapat digunakan untuk menemukan kebenaran, namun teknologi dibuat untuk mempermudah kerja manusia bukan untuk membuat manusia jadi malas, lupa akan siapa dirinya.Teknologi itu tidak selamanya dapat mengungkap kebenaran karena ternyata dapat dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggng jawab untuk penipuan, yang akhirnya preqreme itu tidak digunakan.
4.Merubah masa depan untuk jadi lebih baik impian semua orang, teknologi yang dapat merubah semua baik dari sistem tata kota, lalu lintas dan kendaraan yang lancar dan semua canggih, namun itu semua tidaklah dapat merubahnya dengan baik secara instan. Manusia harus memiliki keyakinan diri dan percaya pada orang lain bahwa hidup akan jadi lebih baik dengan adanya kerjasama yang baik. Dengan niat dan usaha yang tekun dan ikhlas kita akan dapat menemukan masa depan yang lebih baik
Picture of Djoko Windoyo
Re: Tutorial Filsafat
by Djoko Windoyo - Monday, 26 March 2012, 10:49 PM
 
TUGAS TUTORIAL FILSAFAT

Masalah apa yang anda lihat dari film tersebut?

jawab: masalah kriminal yang berusaha di tutupi kebenarannya, yaitu sebuah pembunuhan yang di dasarkan pada sebuah ambisi seorang pimpinan. dengan mengandalkan sebuah teknologi canggih dengan harapan bisa menghilangkan jejak pembunuhannya.

Bagaimana pemecahan masalah yang dilakukan untuk mengatasi masalah tsb?
Jawab: mencari bukti- bukti yang bisa membuka fakta yang ada, bahwa ada kecurangan dalam menyelidiki kasus pembunuhan tersebut.

Banyak tehnologi dalam yang spectakuler / di luar perkiraan, menurut saudara apakah tehnologi-tehnologi tersebut dapat saudara temukan dalam rangka mencari “Kebenaran”?
Jawab : Teknologi canggih hanya bisa di gunakan sebatas kemampuan manusia, dalam mencari kebenaran masih banyak fakta - fakta yang mungkin bisa mengungkap kejadian. jadi dengan teknologi saja kebenaran tidak bisa di ungkapkan. harus adanya keselarasan antara teknologi dan keyakinan.

Manfaat apa yang saudara dapatkan dari film tsb secara Filsafat?
Jawab : Yang kita dapat petik hikmahnya dalam film tersebut adalah filsafat tentang kebenran, dimana kebenaran akan selalu pada pihak yang baik, walaupun di bantu dengan alat dan teknologi secanggih apapun tetap tidak menjamin.
Picture of  I Made Santana
Re: Tutorial Filsafat
by I Made Santana - Monday, 26 March 2012, 11:11 PM
 
Nama : I made santana
Picture of Corrie Henryani
Re: Tutorial Filsafat
by Corrie Henryani - Monday, 26 March 2012, 11:11 PM
 
Tugas Filsafat Corrie
Picture of Putu Crisnayanti
Re: Tutorial Filsafat
by Putu Crisnayanti - Tuesday, 27 March 2012, 12:20 AM
 
Tugas : Tutorial Filsafat
Hari : Sabtu, 24 Maret 2012
Nama : Putu Crisnayanti
Nim : 20111030079
Kelas : 7 B (Eksekutif)
Picture of Robert Timbul Sitorus
Re: Tutorial Filsafat
by Robert Timbul Sitorus - Wednesday, 4 April 2012, 09:58 PM
 

Tugas Filsafat

Nama : Robert timbul sitorus

MMR angkatan 7B

 

1. Bagaimana pemecahan masalahnya ?

Untuk upaya memecahkan permasalahannya John Anderton berusaha mencari tahu siapa otak di belakang proyek Precogs dan ingin membuktikan kesalahan para peramal tersebut dan ia menemukan laporan yang disembunyikan yang menunjukkan kelemahan Precogs bahwa laporan dari peramal tersebut ternyata ada yang ditutupi serta dapat dimanipulasi dan otak dari semua permasalahan itu adalah burgess yang merupakan atasan dari Anderton yang menyalahgunakan teknologi tersebut untuk tujuan pribadi. Akhirnya setelah terbongkar, proyek Department of Pre-Crime dihentikan karena dianggap tidak efektif karena laporan dari precogs dapat dimanipulasi serta dapat merubah rancangan masa depan yang akan terjadi.

2. Masalah yang dapat dilihat dari film tersebut?

Kecanggihan teknologi dimasa depan departemen kepolisian pada era tersebut bisa menangkap siapa saja yang berniat jahat sebelum orang tersebut melakukan kejahatan. Departemen ini sangat efektif dalam mencegah kejahatan. Ini berkat kehadiran Department of Pre-Crime, sebuah kesatuan elit yang terdiri dari tiga orang yang dinamakan Precogs, yaitu tiga orang yang memiliki kemampuan memberikan laporan sebelum terjadinya tindak kriminal. Dengan kemampuan ini, mereka bisa menangkap siapapun yang berniat jahat sebelum orang ini melakukan kejahatan.

Permasalahan dalam film tersebut yaitu dimana John Anderton menemukan visualisasi dirinya melakukan pembunuhan yang akan terjadi di masa depan, padahal dirinya sendiri tidak mengenal orang yang akan dibunuhnya itu. Singkat cerita, dalam pelariannya John meminta bantuan orang-orang yang dikenalnya, sampai-sampai ia melakukan transplantasi mata untuk menghindari alat deteksi identifikasi. Semuanya itu dilakukan oleh John Anderton karena ia hendak membuktikan bahwa ia tidak memiliki alasan untuk membunuh orang lain. Ia menemukan bahwa kunci jawabannya ada pada visualisasi salah satu Precogs, dan mengetahui bahwa ternyata ia telah dijebak oleh atasannya sendiri yaitu Burgess. Ia juga menemukan fakta lain yang cukup mengagetkan, bahwa seseorang bisa saja mengubah rancangan masa depan.

3. Apakah teknologi tersebut dapat saudara temukan dalam mencari kebenaran?

Teknologi memang sangat diperlukan dalam membantu pekerjaan manusia. Namun jangan terlalu bergantung terhadap suatu teknologi karena bagaimanapun teknologi tidak mempunyai pemikiran seperti manusia. Walaupun terlihat sempurna tetapi pasti terdapat kesalahan dalam melakukan suatu pekerjaan karena teknologi tersebut buatan manusia itu sendiri. Seperti dalam film teknologi tersebut dapat memprediksi kejadian dimasa depan yang disampaikan dalam bentuk visualisasi, padahal belum tentu pada saat hari kejadian orang yang dilihat dalam visualisasi melakukan tindak kejahatan karena manusia itu mempunyai suatu perasaan sehingga bisa saja orang tersebut mengurungkan niatnya untuk melakukan tindakan kriminal seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu secanggih apapun teknologi yang diciptakan oleh manusia, tetaplah hanya sebuah mesin yang tidak memiliki perasaan.

4. Manfaat apa yang saudara dapatkan dari film secara filsafat ?

 Melihat suatu permasalahan dan mencari pemecahan masalahnya dari berbagai aspek tanpa harus melanggar metode yang sudah ditetapkan karena belum tentu metode yang telah ditetapkan dapat secara efektif menyelesaikan suatu permasalahan