Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Fauziah SE MSi
Pengumuman tugas e-hospital
by Fauziah SE MSi - Wednesday, 14 March 2012, 12:20 AM
 
Semua penugasan e-hospital dapat di upload di sini.
Picture of dhyas munandar as
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by dhyas munandar as - Thursday, 15 March 2012, 12:46 AM
 

PENGERTIAN

MANAGEMEN SISTEM INFORMASI

Oleh: Dhyas Munandar AS

20111030034

MMR ANGKATAN 6A

  • SISTEM à suatu sususnan yang tyeratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur-prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama organisasi/institusi
  • INFORMASI à data yang telah diproses / diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang berguna
  • MANAJEMEN à Sebagai suatu proses, manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama
  • SISTEM INFORMASI MANAJEMEN à jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern maupun ekstern) kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan.

Sistem informasi manajemen Rumah Sakit adalah sebuah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi , pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan tepat. sistem informasi rumah sakit umumnya mencakup masalah klinikas ( Media ), Pasien dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan rumah sakit itu sendiri.

Tujuan sistem informasi rumah sakit sendiri adalah :
• Lebih meningkatkan pelayanan rumah sakit
• Agar data-data yang ada dalam rumah sakit tersusun rapi
• kemudahan dalam pencarian data obat, pasien dll yang berhubungan dengan rumah sakit
• Meningkatkan citra pelayanan rumah sakit

Input :
• Berbagai pelayanan administratif dan pelaporan yang akan secara otomatis tersimpan di dalam database dalam suatu susunan sistem pengarsipan.
• Pasien
• Sarana, prasana
• Dokter
• peralatan

Proses :
• pelayanan medik

Output :
• Sistem penomoran pelaporan secara otomatis
• Rincian pelaporan yang sudah disesuaikan dengan berbagai jenis kegiatan di dalam rumah sakit
• kepuasan pasien
• Dapat berupa saran

Mekanisme kontrol :
mendukung pengendalian mutu pelayanan medis, penilaian produktivitas, analisis , pemanfaatan dan perkiraan kebutuhan,
perencanaan dan evaluasi program, menyederhanakan pelayanan,
penilaian klinis ,sistem ini berguna untuk menunjang proses fungsi fungsi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan
pelayanan kesehatan di rumah sakit,

Sumber :

http://harsiti09.files.wordpress.com/2010/03/sim.pdf

http://jajusuf.blogspot.com/2010/10/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit.html

Picture of dhyas munandar as
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by dhyas munandar as - Thursday, 15 March 2012, 12:45 AM
 

CONTOH KASUS PELANGGARAN ICT

Oleh: Dhyas Munandar AS

20111030034

MMR ANGKATAN 6A


Kasus 1


Baby's death spotlights safety risks

linked to computerized systems

The medical error that killed Genesis Burkett began with the kind of mistake people often make when filling out electronic forms: A pharmacy technician unwittingly typed the wrong information into a field on a screen.

Because of the mix-up, an automated machine at Advocate Lutheran General Hospital prepared an intravenous solution containing a massive overdose of sodium chloride — more than 60 times the amount ordered by a physician.

When the nutritional fluids were administered to Genesis, a tiny baby born 16 weeks prematurely, the infant's heart stopped, and he died, leaving behind parents stunned by grief.

Although a series of other errors contributed to the tragedy, its origin — a piece of data entered inaccurately into a computer program — throws a spotlight on safety risks associated with medicine's advance into the information age, a trend being pushed aggressively under health reform.

Kasus 2

Errors in Laboratory Medicine

Types of preanalytical errors registered during the year 2000 at the Laboratory of San Raffaele Hospital.

The problem of medical errors has recently received a great deal of attention, which will probably increase. In this minireview, we focus on this issue in the fields of laboratory medicine and blood transfusion.

Our search revealed large heterogeneity in study designs and quality on this topic as well as relatively few available data and the lack of a shared definition of “laboratory error” (also referred to as “blunder”, “mistake”, “problem”, or “defect”). Despite these limitations, there was considerable concordance on the distribution of errors throughout the laboratory working process: most occurred in the pre- or postanalytical phases, whereas a minority (13–32% according to the studies) occurred in the analytical portion. The reported frequency of errors was related to how they were identified: when a careful process analysis was performed, substantially more errors were discovered than when studies relied on complaints or report of near accidents.

The large heterogeneity of literature on laboratory errors together with the prevalence of evidence that most errors occur in the preanalytical phase suggest the implementation of a more rigorous methodology for error detection and classification and the adoption of proper technologies for error reduction. Clinical audits should be used as a tool to detect errors caused by organizational problems outside the laboratory.


Picture of anita permatasari
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by anita permatasari - Friday, 16 March 2012, 01:10 AM
 
Anita Permatasari
2011.1030.023
Picture of rainy iszamriach
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by rainy iszamriach - Wednesday, 21 March 2012, 06:11 PM
 
Nama : Rainy Iszamriach
NIM : 20060310189
KASUS PELANGGARAN ICT
Picture of rainy iszamriach
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by rainy iszamriach - Wednesday, 21 March 2012, 06:18 PM
 
Nama : Rainy Iszamriach
NIM : 20060310189
PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAGEMEN
Picture of arief darmawan
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by arief darmawan - Wednesday, 21 March 2012, 06:38 PM
 
PENGERTIAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI

ARIEF DARMAWAN
20111030025
Picture of arief darmawan
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by arief darmawan - Wednesday, 21 March 2012, 06:45 PM
 
ICT adalah akronim dari Information Communication Technology. ICT adalah sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan informasi data menjadi sebuah informasi, sedangkan etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Sebagai mahluk sosial pelaku pengguna ICT memiliki kode etik universal sebagai acuan dalam menjaga perilaku dan kehormatan dalam menggunakan ICT. Setiap lingkungan punya nilai etika tersendiri dan tidak ada nilai baku yang berlaku identik, tiap orang dapat memiliki interprestasi yang berbeda terhadap prinsip yang disepakati. Pelanggaran etika ICT yang berhubungan dengan rumah sakit kerap terjadi. Berikut contohnya:
  1. Pembuatan-pengedaran video operasi gagal “palsu” yang telah di edit guna menjatuhkan rumah sakit pesaing.
  2. Mengeluh di dunia maya dengan konten menyudutkan rumah sakit tertentu.
  3. Membuat software perhitungan guna menyembunyikan data akuntansi tertentu guna kepentingan korupsi.
  4. Tidak melakukan kalibrasi-maintenance terhadap alat-alat yang terkomputerisasi seperti EKG, alat cek gula darah, alat laboratorium, ventilator, monitor pemantau pasien intensif di ICU dan lain-lain.
  5. Menyebarkan catatan medis orang tertentu lewat jejaring sosial dan sebagainya.
  6. Membuat website, seolah-olah merupakan web domain dari rumah sakit pesaing dengan mencantumkan JANJI MULUK dengan harapan akan terjadi gap antara konsumen dan rumah sakit pesaing.
KASUS PELANGGARAN ICT
MERUJUK UNDANG-UNDANG ITE NOMOR 11 TAHUN 2008
TENTANG
INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK
(terlampir)
Picture of lilis rohayati
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by lilis rohayati - Friday, 23 March 2012, 12:08 PM
 

Nama : Lilis Rohayati

NIM : 20111030044

PENGERTIAN SIM DAN SIMRS

Sistem informasi dalam suatu pemahaman yang sederhana dapat didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa

Sistem informasi managemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan pengolahan transaksi yang sangat berguna untuk kepentingan organisasi, juga banyak memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi manajemen secara umum dapat dikatakan sebagai sebuah system manusia dan mesin yang terintegrasi dalam menyediakan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan penentuan alternative tindakan dalam sebuah organisasi tersebut. Dalam operasinya system informasi manajemen menggunakan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), prosedur, model manajemen, dan keputusan serta sebuah terminal data.

Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) merupakan himpunan atau kegiatan dan prosedur yang terorganisisasikan dan saling berkaitan serta saling ketergantungan dan dirancang sesuai dengan rencana dalam usaha menyajikan info yang akurat dan tepat waktu di rumah sakit. Selain itu, sistem ini berguna untuk menunjang proses fungsi – fungsi manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

DAFTAR PUSTAKA

Jimmy. L. Gaol. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Grasindo: Jakarta

Sabarguna, Boy. S,. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Konsorsium RSI Jateng-DIY, 2003.

Picture of Agung Firmansyah  Lamondjong
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Agung Firmansyah Lamondjong - Friday, 23 March 2012, 10:47 PM
 
Nama : Agung Firmansyah Lamondjong
Nim : 20111030021


Definisi ICT
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Contoh Pelanggaran yang terjadi dalam ICT

Kasus Pelanggaran UU ITE,
Seorang dokter Spesialis Obstetri Ginekologi di salah satu rumah sakit di Tangerang ia dituduh melakukan pencemaran nama baik sesama teman profesi dengan tuduhan melakukan pelecehan seksual. dokter tersebut di jerat dengan regulasi kontroversial, Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan
Pasal 310
Ayat 1 Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan
menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui
umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama
sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.
Ayat 2 Jika hal itu dilakukan dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan,
dipertunjukkan atau ditempelkan di muka umum, maka diancam karena
pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan
atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.
Dan juga Pasal 311
Ayat 1 Jika yang melakukan kejahatan pencemaran atau pencemaran tertulis
dibolehkan untuk membuktikan apa yang dituduhkan itu benar, tidak
membuktikannya, dan tuduhan dilakukan bertentangan dengan apa yang
diketahui, maka dia diancam melakukan fitnah dengan pidana penjara paling
lama empat tahun.
atau bisa di kenakan Pasal 45 ayat (1) jo pasal 27 ayat (3) UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

referensi : http://ineumaelani.blogspot.com/2012/03/kasus-pelanggaran-uu-ite-dr-ira.html

terima kasih...
Picture of yunita pransisca
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by yunita pransisca - Friday, 23 March 2012, 03:32 PM
 
tugas E-Hospital 1
Picture of yunita pransisca
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by yunita pransisca - Friday, 23 March 2012, 03:33 PM
 
tugas E-Hospital 2
Picture of maryam jamilah
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by maryam jamilah - Friday, 23 March 2012, 11:55 PM
 
tugas 1 - e hospital
Nama: Maryam Jamilah
NIM: 20111030045
Picture of Arif Kurniadi
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Arif Kurniadi - Friday, 23 March 2012, 11:58 PM
 
DEFINISI SIM DAN SIMRS

SIM (Sistem Informasi Manajemen)
SIM adalah pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989). Sedangkan menurut Mc.Leod SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995). Berbeda dengan Stoner dia mendefinisikan SIM sebagai metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996).
Dari berbagai pengertian di atas secara umum SIM didefinisikan sebagai serangkaian bagian sistem informasi yang menyeluruh dan terstruktur dan secara rasional terpadu sehingga menjadi informasi melalui serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria kualitas yang telah ditetapkan. Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau bagian dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Sumber: http://ukiehary.wordpress.com/2010/09/25/definisi-dan-fungsi-sim/

SIMRS (Sistem Informasi Manjemen Rumah Sakit)
Sistim Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat.

Sumber: http://christinapandu.blogspot.com/2009/12/pengantar-sistem-informasi.html

Contoh Kasus Pelanggaran ICT

Prita Mulyasari, terdakwa pencemaran nama baik terhadap manajemen RS Omni Internasional, Tangerang, Banten, menolak disebut sebagai tumbal pelanggaran Undang-Undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Menurut dia, mengirim kabar kepada rekan melalui surat elektronik (e-mail) bukan suatu kesalahan apalagi disebut tumbal dari pelanggaran UU ITE padahal banyak pihak lain yang melakukan tindakan serupa. Prita pernah mendekam di penjara LP Wanita Tangerang selama 21 hari karena dituduh mencemarkan nama baik RS Omni setelah mengirimkan e-mail kepada rekannya berisikan keluhan mengenai buruknya pelayanan rumah sakit tersebut. Namun akibatnya, ia dijerat pasal berlapis yakni pasal 27 ayat 3 UU ITE dan pasal 310 KUHP pencemaran nama baik dengan serta pasal 311 KUHP.
Picture of maryam jamilah
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by maryam jamilah - Friday, 23 March 2012, 11:57 PM
 
tugas 2 - SIM SIRS
Nama: Maryam Jamilah
NIM: 20111030045
Picture of andy bagus laksana s
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by andy bagus laksana s - Sunday, 25 March 2012, 06:15 PM
 
sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”. Pada Sistem Informasi Manajemen, masukan yang diberikan berupa data transaksi yang telah diproses, beberapa data yang asli, model-model pengolahan data.Kemudian data-data tersebut akan diproses. Proses yang terjadi berupa pembuatan laporan-laporan yang ringkas, keputusan-keputusan yang rutin dan jawaban dari query yang diberikan.
 

Sistem informasi manajemen Rumah Sakit merupakan sebuah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi , pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan tepat. sistem informasi rumah sakit umumnya mencakup masalah klinik, pasien dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan rumah sakit itu sendiri.

contoh pelanggaran ict :
- penyusupan sistem komputer di DPR oleh hacker (oknum tidak bertanggung jawab) sehingga muncul situs asusila dan menjadi tidak berfungsi beberapa saat.
- banyaknya website palsu mengatas namakan rumah sakit tertentu yang berisi dokumen palsu untuk menjatuhkan nama baik rumah sakit tersebut.
-
referensi :
http://www.yoyoke.web.ugm.ac.id
http://staffsite.gunadarma.ac.id


Picture of bintang chandra dewi
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by bintang chandra dewi - Sunday, 25 March 2012, 07:18 PM
 
pengertian SIMS
Picture of bintang chandra dewi
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by bintang chandra dewi - Sunday, 25 March 2012, 07:25 PM
 
contoh kasus pelanggaran ict
Picture of lilis rohayati
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by lilis rohayati - Sunday, 25 March 2012, 08:13 PM
 

CONTOH KASUS PELANGGARAN ICT

Seperti yang kita ketahui, kasus Prita Mulyasari merupakan kasus pelanggaran terhadap UU ITE yang mengemparkan Indonesia. Nyaris berbulan-bulan kasus ini mendapat sorotan masyarakat lewat media elektronik, media cetak dan jaringan sosial seperti facebook dan twitter.

Prita Mulyasari adalah seorang ibu rumah tangga, mantan pasien Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutra Tangerang. Saat dirawat di Rumah Sakit tersebut Prita tidak mendapat kesembuhan namun penyakitnya malah bertambah parah. Pihak rumah sakit tidak memberikan keterangan yang pasti mengenai penyakit Prita, serta pihak Rumah Sakitpun tidak memberikan rekam medis yang diperlukan oleh Prita. Kemudian Prita Mulyasari mengeluhkan pelayanan rumah sakit tersebut melalui surat elektronik yang kemudian menyebar ke berbagai mailing list di dunia maya. Akibatnya, pihak Rumah Sakit Omni Internasional marah, dan merasa dicemarkan.

Lalu RS Omni International mengadukan Prita Mulyasari secara pidana. Sebelumnya Prita Mulyasari sudah diputus bersalah dalam pengadilan perdata. Dan waktu itupun Prita sempat ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang sejak 13 Mei 2009 karena dijerat pasal pencemaran nama baik dengan menggunakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Kasus ini kemudian banyak menyedot perhatian publik yang berimbas dengan munculnya gerakan solidaritas “Koin Kepedulian untuk Prita”. Pada tanggal 29 Desember 2009, Ibu Prita Mulyasari divonis Bebas oleh Pengadilan Negeri Tangerang.

Contoh kasus di atas merupakan contoh kasus mengenai pelanggaran Undang-Undang Nomor 11 pasal 27 ayat 3 tahun 2008 tentang UU ITE. Dalam pasal tersebut tertuliskan bahwa: Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/ atau mentransmisikan dan/ atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan /atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/ atau pencemaran nama baik.

Sumber: http://etikainternetsehat.wordpress.com/

Picture of lilis rohayati
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by lilis rohayati - Sunday, 25 March 2012, 08:16 PM
 

Nama : Lilis Rohayati

NIM : 20111030044

PENGERTIAN SIM DAN SIMRS

Sistem informasi dalam suatu pemahaman yang sederhana dapat didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa

Sistem informasi managemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan pengolahan transaksi yang sangat berguna untuk kepentingan organisasi, juga banyak memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi manajemen secara umum dapat dikatakan sebagai sebuah system manusia dan mesin yang terintegrasi dalam menyediakan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan penentuan alternative tindakan dalam sebuah organisasi tersebut. Dalam operasinya system informasi manajemen menggunakan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), prosedur, model manajemen, dan keputusan serta sebuah terminal data.

Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) merupakan himpunan atau kegiatan dan prosedur yang terorganisisasikan dan saling berkaitan serta saling ketergantungan dan dirancang sesuai dengan rencana dalam usaha menyajikan info yang akurat dan tepat waktu di rumah sakit. Selain itu, sistem ini berguna untuk menunjang proses fungsi – fungsi manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

DAFTAR PUSTAKA

Jimmy. L. Gaol. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Grasindo: Jakarta

Sabarguna, Boy. S,. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Konsorsium RSI Jateng-DIY, 2003.

Picture of monika budi PP
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by monika budi PP - Sunday, 25 March 2012, 11:59 PM
 
MONIKA BUDI PUTRI PERTIWI
2011030048
Picture of cinta es citranandita
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by cinta es citranandita - Thursday, 29 March 2012, 12:25 PM
 
Tugas pengertian sistem informasi (Cinta ES Citranandita,20111030031)
Picture of cinta es citranandita
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by cinta es citranandita - Thursday, 29 March 2012, 12:24 PM
 
Tugas kasus pelanggaran ICT (Cinta ES Citranandita, 20111030031)
Picture of meva dowinta NN
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by meva dowinta NN - Thursday, 29 March 2012, 04:49 PM
 
PENGERTIAN SIM dan SIMRS

Meva Dowinta N.N.
20111030046


Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen,teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengansistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Sistem informasi dalam suatu pemahaman yang sederhana dapat didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Para pemakai biasanya tergabung dalam suatu entitas organisasi formal, seperti Departemen atau Lembaga suatu Instansi Pemerintahan yang
dapat dijabarkan menjadi Direktorat, Bidang, Bagian sampai pada unit terkecil dibawahnya. Informasi menjelaskan mengenai organisasi atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin akan terjadi dimasa yang akan datang tentang organisasi tersebut. Sistem informasi memuat berbagai informasi penting mengenai orang, tempat, dan segala sesuatu yang ada di dalam atau di lingkungan sekitar organisasi. Informasi sendiri mengandung suatu arti yaitu data yang telah diolah ke dalam suatu bentuk yang lebih memiliki arti dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Data sendiri merupakan faktafakta yang mewakili suatu keadaan, kondisi, atau peristiwa yang terjadi atau ada di dalam atau di lingkungan fisik organisasi. Data tidak dapat langsung digunakan untuk pengambilan keputusan, melainkan harus diolah lebih dahulu agar dapat dipahami, lalu dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan. Informasi harus dikelola dengan baik dan memadai agar memberikan manfaat yang maksimal. Penerapan sistem informasi di dalam suatu organisasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan informasi yang dibutuhkan, khususnya oleh para pengguna informasi dari berbagai tingkatan manajemen. Sistem informasi yang digunakan oleh para
pengguna dari berbagai tingkatan manajemen ini biasa disebut sebagai:
Sistem Informasi Manajemen.
Sistem informasi mengandung tiga aktivitas dasar di dalamnya, yaitu:
aktivitas masukan (input), pemrosesan (processing), dan keluaran (output). Tiga aktivitas dasar ini menghasilkan informasi yang dibutuhkan organisasi untuk pengambilan keputusan, pengendalian operasi, analisis permasalahan, dan menciptakan produk atau jasa baru. Masukan berperan di dalam pengumpulan bahan mentah (raw data), baik yang diperoleh dari dalam maupun dari lingkungan sekitar organisasi. Pemrosesan berperan untuk mengkonversi bahan mentah menjadi bentuk yang lebih memiliki arti. Sedangkan, keluaran dimaksudkan untuk mentransfer informasi yang diproses kepada pihak-pihak atau aktivitasaktivitas yang akan menggunakan. Sistem informasi juga membutuhkan umpan balik (feedback), yaitu untuk dasar evaluasi dan perbaikan di tahap input berikutnya.

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen. Produk kami Enterprise Hospital Systemadalah sistem yang terintegrasi pada semua modul dan telah dipakai di beberapa Rumah Sakit Daerah, baik yang telah berstatus BLU maupun belum. SIMRS ini didesain dengan teknologi informasi terbaru dan interface yang menarik sehingga mudah digunakan.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen
Pusdiklatwas BPKP edisi keempat 2007
http://www.digital-sense.net/simrs
Picture of meva dowinta NN
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by meva dowinta NN - Thursday, 29 March 2012, 05:05 PM
 
Contoh Pelanggaran ICT

Meva Dowinta N.N
20111030046

A 47-year-old man with advanced AIDS was admitted to an academic medical center with a chief complaint of shortness of breath. He was diagnosed with Pneumocystis jiroveci pneumonia (PCP) and started on appropriate antibiotic therapy. On physical examination, in addition to abnormal pulmonary findings, the patient had multiple flat purple skin lesions on his left thigh and several perianal lesions. Given his advanced AIDS, the medical team was concerned about Kaposi's sarcoma and human papillomavirus (HPV) infection, respectively. The dermatology service was consulted, and they performed biopsies of both lesions.
The patient continued to receive treatment for PCP and was slowly improving. Three days later, the intern on the team was reviewing the patient's clinical information in the hospital's electronic medical record (EMR). She looked up the biopsy results and discovered that the left thigh lesion was Kaposi's sarcoma and the perianal biopsy showed squamous cell carcinoma in situ. Interestingly, there was a third biopsy result in the electronic record, labeled "right neck" and reported as "basal cell carcinoma." The intern didn't recall any neck lesions (or discussion of a third biopsy), but questioned her memory as it had been a busy call night. She noted the results and went to see other patients.
The patient's primary care doctor (who was not directly caring for the patient in the hospital) visited the patient and looked at the medical record before seeing him. He noted the PCP diagnosis, a low CD4 count, and biopsy evidence of three separate cancers. Given the patient's end-stage AIDS and these new diagnoses, the primary care doctor met with the patient and recommended hospice care. He told the patient that, with "cancer in three places," his overall prognosis was poor.
That afternoon, the inpatient medical team recognized the error—the neck biopsy had been performed on another patient and accidentally entered into this patient's medical record. The team and the primary care doctor all met with the patient to disclose the mistake, but clearly the error had caused the patient tremendous pain and mental anguish.
On further investigation, it became clear that the dermatopathology department was unaware of the error. Their department used a standalone software program to track and report biopsy results, a system whose results were electronically "dumped" into the hospital's EMR. But the department physicians and staff didn't have access to the hospital's EMR. In fact, when called and asked if they had seen the error in X (the name of the EMR), the pathologist responded, "What is X?" Eventually, it was determined that the third, incorrect biopsy result had been entered into the pathology software under the wrong patient identifier and then uploaded into the hospital's EMR.
Picture of erlizanivo pratiwi
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by erlizanivo pratiwi - Sunday, 1 April 2012, 11:24 AM
 
tugas mmr
Picture of erlizanivo pratiwi
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by erlizanivo pratiwi - Sunday, 1 April 2012, 12:08 PM
 
pelanggaran ict
it's me
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by della mawros dwita - Sunday, 1 April 2012, 10:01 PM
 
Della Mawros Dwita - 20111030032
tugas SIM & SIRS MMR UMY
it's me
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by della mawros dwita - Sunday, 1 April 2012, 11:05 PM
 
Della Mawros Dwita - 20111030032 - MMR UMY
Picture of ismy dianty
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by ismy dianty - Monday, 2 April 2012, 09:14 PM
 

Nama : Ismy Dianty
NIM : 20111030042

Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah manusia dalam menyelesaikan semua pekerjaannya, tidak hanya dalam pekerjaannya saja tetapi dalam segala aspek kehidupan manusia, seperti pada saat pencarian informasi. Jika dahulu manusia mencari informasi sebatas pada buku, media cetak, maupun secara lisan, sekarang lebih banyak mencari informasi tersebut melalui internet. Secara tidak langsung dapat dikatakan semua serba terkomputerisasi.
Rumah sakit sebagai salah satu institusi pelayanan umum membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan andal, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Dengan lingkup pelayanan yang begitu luas, tentunya banyak sekali permasalahan kompleks yang terjadi dalam proses pelayanan di rumah sakit. Banyaknya variabel di rumah sakit turut menentukan kecepatan arus informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dan lingkungan rumah sakit.
Pengelolaan data di rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi di rumah sakit. Pengelolaan data secara manual, mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar. Dengan dukungan teknologi informasi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual dapat digantikan dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah, pengelolaan data juga menjadi lebih akur.

Sistem Informasi (SI)
Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.

Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern maupun ekstern) kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan.

Sistem Informasi RS (SIRS)
Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit. Sebuah sistem informasi rumah sakit idealnya mencakup integrasi fungsi-fungsi klinikal (medis), keuangan, serta manajemen yang nantinya merupakan sub sistem dari sebuah sistem informasi rumah sakit. Sub sistem ini merupakan unsur dari sistem informasi rumah sakit yang tugasnya menyiapkan informasi berdasarkan fungsi-fungsi yang ada untuk menyederhanakan pelayanan pada suatu rumah sakit.

Sistem Informasi Manajemen RS (SIM RS)
Sebuah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi , pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan tepat. sistem informasi rumah sakit umumnya mencakup masalah klinikas ( Media ), Pasien dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan rumah sakit itu sendiri.

contoh kasus pelanggaran ICT :
Agustus 2008 seorang ibu bernama Prita Mulyasari menulis E-mail dan Surat pembaca yang mengeluhkan layanan sebuah rumah sakit swasta di Tanggerang. Dengan UU informasi dan transaksi Elektronik, pihak rumah sakit menggugat pidana dan perdata sehingga prita dipenjara tiga minggu dan membayar denda 204 juta rupiah.
contoh kasus prita mengenai pelanggaran Undang-Undang Nomor 11 pasal 27 ayat 3 tahun 2008 tentang UU ITE. Dalam pasal tersebut tertuliskan bahwa: Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/ atau mentransmisikan dan/ atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan /atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/ atau pencemaran nama baik.

Referensi
http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/eko_3_.pdf
http://adang.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5677/Sistem+Informasi+Manajemen+(SIM)_1.pdf
Picture of Nur Hamam  Prakosa
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Nur Hamam Prakosa - Monday, 2 April 2012, 09:05 PM
 
Nama : Nur Hamam Prakosa
NIM : 20111030053

Pendahuluan
Rumah sakit sebagai salah satu institusi pelayanan umum membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan andal, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Pengelolaan data di rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi di rumah sakit. Pengelolaan data secara manual, mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar. Dengan dukungan teknologi informasi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual dapat digantikan dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah, pengelolaan data juga menjadi lebih akur.

Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Sistem informasi managemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan pengolahan transaksi yang sangat berguna untuk kepentingan organisasi, juga banyak memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dalam pengambilan keputusan.

Sistem Informasi Manajemen RS (SIM RS)
Sebuah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi , pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan tepat. sistem informasi rumah sakit umumnya mencakup masalah klinikas ( Media ), Pasien dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan rumah sakit itu sendiri.

Contoh pelanggaran :
Prita Mulyasari, terdakwa pencemaran nama baik terhadap manajemen RS Omni Internasional, Tangerang, Banten, menolak disebut sebagai tumbal pelanggaran Undang-Undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Menurut dia, mengirim kabar kepada rekan melalui surat elektronik (e-mail) bukan suatu kesalahan apalagi disebut tumbal dari pelanggaran UU ITE padahal banyak pihak lain yang melakukan tindakan serupa.
Prita pernah mendekam di penjara LP Wanita Tangerang selama 21 hari karena dituduh mencemarkan nama baik RS Omni setelah mengirimkan e-mail kepada rekannya berisikan keluhan mengenai buruknya pelayanan rumah sakit tersebut. Namun akibatnya, ia dijerat pasal berlapis yakni pasal 27 ayat 3 UU ITE dan pasal 310 KUHP pencemaran nama baik dengan serta pasal 311 KUHP.

Referensi
http://jajusuf.blogspot.com/2010/10/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit.html
http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/eko_3_.pdf
Picture of Lara Pradilla Rose
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Lara Pradilla Rose - Wednesday, 4 April 2012, 06:17 AM
 
Tugas MMR
Picture of Lara Pradilla Rose
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Lara Pradilla Rose - Wednesday, 4 April 2012, 06:36 AM
 
Pelanggaran ICT
Picture of Irmawati Masyhuda
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Irmawati Masyhuda - Wednesday, 4 April 2012, 03:52 PM
 
Nama : Irmawati Masyhuda

Nim : 2011.103.0041

Angkatan : 6 (Reguler)

Dosen : Fauziah, S.E., M.Si

DEFINISI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

— Management Information Systems (MIS) is the term given to the discipline focused on the integration of computer systems with the aims and objectives on an organization.

Ø Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah istilah yang diberikan pada disiplin terfokus pada integrasi sistem komputer dengan tujuan dan sasaran pada suatu organisasi (Sandhya Joshi, 2010, Role of IT in Supply Chain Management, International Journal of Science, Technology & Management diakses dari http://ijstm.com/papers/sandhya_1013.pdf) pada tanggal 10 Februari 2012)

DEFINISI SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT

— Hospital Information System (HIS) is one of the most widely adopted information systems in the hospital environment. Its definition varies across different studies, but in general it is regarded as an integrated information system designed to manage administration, financial and clinical activities of the hospital. It is believed that HIS is able to offer benefits such as increased operational efficiency, improved patient care quality, improved diagnostic decision making and reduced operational cost etc.

Ø Sistem Informasi Rumah Sakit (HIS) adalah salah satu sistem informasi yang paling banyak digunakan dalam lingkungan rumah sakit. Definisinya bervariasi di seluruh studi yang berbeda, tetapi secara umum dianggap sebagai sistem informasi terpadu yang dirancang untuk mengelola administrasi, keuangan dan kegiatan klinis rumah sakit. Hal ini diyakini bahwa HIS mampu menawarkan manfaat seperti peningkatan efisiensi operasional, kualitas perawatan pasien membaik, pembuatan keputusan diagnostik membaik dan pengurangan biaya operasional (Peng, Fei, UNDERSTANDING HOSPITAL INFORMATION SYSTEMS ADOPTION IN CHINA, diakses dari http://www.pacis-net.org/file/2010/S05-02.pdf)

— HIS à a set of components and procedures organized with the objective of generating information which will improve health care management decisions at all levels of the health system.

seperangkat komponen dan prosedur yang terorganisir dengan tujuan untuk menghasilkan informasi yang akan meningkatkan keputusan manajemen pelayanan kesehatan di semua level sistem kesehatan ((Lippeveld, Sauerborn, and Bodart, 2000, HEALTH INFORMATION SYSTEM MODULE, Diakses dari http://www.healthsystems2020.org/userfiles/file/Chapter_11.pdf)
Picture of Irmawati Masyhuda
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Irmawati Masyhuda - Wednesday, 4 April 2012, 03:58 PM
 
Nama : Irmawati Masyhuda
Nim : 2011.103.0041
Tugas : E-Hospital
Angk : 6 (Reguler)
Dosen : Fauziah, S.E.,M.Si
Picture of Irmawati Masyhuda
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Irmawati Masyhuda - Wednesday, 4 April 2012, 04:25 PM
 
Anggota Kelompok Tutorial 2

1. Dhyaz Munandar (2011.103.0034)

2. Diah Sukmawati (2011.103.0035)

3. Erlizanivo (2011.103.0036)

4. Feri Sulistiya (2011.103.0037)

5. Fradita Eka S (2011.103.0038)

6. Harnantyo (2011.103.0039)

7. Indah Septianingrum (2011.103.0040)

8. Irmawati Masyhuda (2011.103.0041)

9. Ismy Dianty (2011.103.0042)

10. Lara Pradila Rose (2011.103.0043)

11. Lilis Rohayati (2011.103.0044)

12. Maryam Jamilah (2011.103.0045)

13. Meva Dowinta (2011.103.0046)

14. Monika Budi Pratiwi (2011.103.0047)

15. Muhammad Sudrajat (2011.103.0048)
Picture of Irmawati Masyhuda
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Irmawati Masyhuda - Wednesday, 4 April 2012, 04:31 PM
 
Anggota Kelompok Tutorial 2 1.Dhyaz Munandar (2011.103.0034) 2.Diah Sukmawati (2011.103.0035) 3.Erlizanivo (2011.103.0036) 4.Feri Sulistiya (2011.103.0037) 5.Fradita Eka S (2011.103.0038) 6.Harnantyo (2011.103.0039) 7.Indah Septianingrum (2011.103.0040) 8.Irmawati Masyhuda (2011.103.0041) 9.Ismy Dianty (2011.103.0042) 10.Lara Pradila Rose (2011.103.0043) 11.Lilis Rohayati (2011.103.0044) 12.Maryam Jamilah (2011.103.0045) 13.Meva Dowinta (2011.103.0046) 14.Monika Budi Pratiwi (2011.103.0047) 15.Muhammad Sudrajat (2011.103.0048)
Picture of Ra Aditya Adhi Puruhita
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Ra Aditya Adhi Puruhita - Friday, 6 April 2012, 09:21 AM
 
Nama: Ra Aditya A. Puruhita
NIM: 2011 103 0054

PENGERTIAN SIM DAN SIMRS

Sistem Informasi:

Sistem informasi dalam suatu pemahaman yang sederhana dapat didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Para pemakai biasanya tergabung dalam suatu entitas organisasi formal, seperti Departemen atau Lembaga suatu Instansi Pemerintahan yang dapat dijabarkan menjadi Direktorat, Bidang, Bagian sampai pada unit terkecil dibawahnya.Sistem informasi memuat berbagai informasi penting mengenai orang, tempat, dan segala sesuatu yang ada di dalam atau di lingkungan sekitar organisasi.Sistem informasi mengandung tiga aktivitas dasar di dalamnya, yaitu: aktivitas masukan (input), pemrosesan (processing), dan keluaran (output). Tiga aktivitas dasar ini menghasilkan informasi yang dibutuhkan organisasi untuk pengambilan keputusan, pengendalian operasi, analisis permasalahan, dan menciptakan produk atau jasa baru

Sistem Informasi Manajemen:

Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Sistem Informasi Manajemen RS:

Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) merupakan himpunan atau kegiatan dan prosedur yang terorganisisasikan dan saling berkaitan serta saling ketergantungan dan dirancang sesuai dengan rencana dalam usaha menyajikan info yang akurat dan tepat waktu di rumah sakit. Selain itu, sistem ini berguna untuk menunjang proses fungsi – fungsi manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Sebuah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi , pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan tepat. sistem informasi rumah sakit umumnya mencakup masalah klinikas ( Media ), Pasien dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan rumah sakit itu sendiri.

Daftar Pustaka

http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/eko_3_.pdf
http://pusdiklatwas.bpkp.go.id/filenya/namafile/258/KT_SIM.pdf
Picture of Ra Aditya Adhi Puruhita
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Ra Aditya Adhi Puruhita - Friday, 6 April 2012, 09:22 AM
 
Nama: Ra Aditya A. Puruhita
NIM: 2011 103 0054


KASUS PELANGGARAN ICT

KASUS 1:
Perjudian online, pelaku menggunakan sarana internet untuk melakukan perjudian. Seperti yang terjadi di Semarang, Desember 2006 silam. Para pelaku melakukan praktiknya dengan menggunakan system member yang semua anggotanya mendaftar ke admin situs itu, atau menghubungi HP ke 0811XXXXXX dan 024-356XXXX. Mereka melakukan transaki online lewat internet dan HP untuk mempertaruhkan pertarungan bola Liga Inggris, Liga Italia dan Liga Jerman yang ditayangkan di televisi. Untuk setiap petaruh yang berhasil menebak skor dan memasang uang Rp 100 ribu bisa mendapatkan uang Rp 100 ribu, atau bisa lebih. Modus para pelaku bermain judi online adalah untuk mendapatkan uang dengan cara instan. Dan sanksi menjerat para pelaku yakni dikenakan pasal 303 tentang perjudian dan UU 7/1974 pasal 8 yang ancamannya lebih dari 5 tahun.

KASUS 2:
Salah satu contoh kasus yang terjadi adalah pencurian dokumen terjadi saat utusan khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dipimpin Menko Perekonomian Hatta Rajasa berkunjung di Korea Selatan. Kunjungan tersebut antara lain, guna melakukan pembicaraan kerja sama jangka pendek dan jangka panjang di bidang pertahanan. Delegasi Indonesia beranggota 50 orang berkunjung ke Seoul untuk membicarakan kerja sama ekonomi, termasuk kemungkinan pembelian jet tempur latih supersonik T-50 Golden Eagle buatan Korsel dan sistem persenjataan lain seperti pesawat latih jet supersonik, tank tempur utama K2 Black Panther dan rudal portabel permukaan ke udara. Ini disebabkan karena Korea dalam persaingan sengit dengan Yak-130, jet latih Rusia. Sedangkan anggota DPR yang membidangi Pertahanan (Komisi I) menyatakan, berdasar informasi dari Kemhan, data yang diduga dicuri merupakan rencana kerja sama pembuatan 50 unit pesawat tempur di PT Dirgantara Indonesia (DI). Pihak PT DI membenarkan sedang ada kerja sama dengan Korsel dalam pembuatan pesawat tempur KFX (Korea Fighter Experiment). Pesawat KFX lebih canggih daripada F16. Modus dari kejahatan tersebut adalah mencuri data atau data theft, yaitu kegiatan memperoleh data komputer secara tidak sah, baik digunakan sendiri ataupun untuk diberikan kepada orang lain. Indentity Theftmerupakan salah satu jenis kejahatan ini yang sering diikuti dengan kejahatan penipuan. Kejahatan ini juga sering diikuti dengan kejahatan data leakage. Perbuatan melakukan pencurian dara sampai saat ini tidak ada diatur secara khusus.

KASUS 3:
Carding, salah satu jenis penyalahgunaan ICT yang terjadi di Bandung sekitar Tahun 2003. Carding merupakan kejahatan yang dilakukan untuk mencuri nomor kartu kredit milik orang lain dan digunakan dalam transaksi perdagangan di internet. Para pelaku yang kebanyakan remaja tanggung dan mahasiswa ini, digerebek aparat kepolisian setelah beberapa kali berhasil melakukan transaksi di internet menggunakan kartu kredit orang lain. Para pelaku, rata-rata beroperasi dari warnet-warnet yang tersebar di kota Bandung. Mereka biasa bertransaksi dengan menggunakan nomor kartu kredit yang mereka peroleh dari beberapa situs. Namun lagi-lagi, para petugas kepolisian ini menolak menyebutkan situs yang dipergunakan dengan alasan masih dalam penyelidikan lebih lanjut.
Modus kejahatan ini adalah pencurian, karena pelaku memakai kartu kredit orang lain untuk mencari barang yang mereka inginkan di situs lelang barang. Karena kejahatan yang mereka lakukan, mereka akan dibidik dengan pelanggaran Pasal 378 KUHP tentang penipuan, Pasal 363 tentang Pencurian dan Pasal 263 tentang Pemalsuan Identitas.

Daftar Pustaka:
1. http://keamananinternet.tripod.com/pengertian-definisi-cybercrime.html
2. http://deluthus.blogspot.com/2011/02/8-contoh-kasus-cyber-crime-yang-pernah.html

Picture of Irmawati Masyhuda
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by Irmawati Masyhuda - Wednesday, 11 April 2012, 11:03 PM
 
Tugas Chatting E-Hospital
Assalamu Alaikum bu fauziah ini filenya tidak bisa diupload di e-learning bu tapi bisa didownload lewat link ini bu
http://www.mediafire.com/?vjpx3ymhxq9ax80


Nama : Irmawati Masyhuda
Nim : 2011.103.0041
Angkatan : 6 (Reguler)
Dosen : Fauziah, SE., M.Si
Picture of Indah Septianingrum
indah septianingrum (20111030040)
by Indah Septianingrum - Saturday, 14 April 2012, 04:26 PM
 

Nama : indah septianingrum

NIM :20111030040

1 Pengertian SIM

SIM adalah perangkat prosedur yang terorganisasi apabila dijalankan akan memberikan umpan balik dan informasi kepada manajemen tentang, masukan, proses dan keluaran dari suatu siklus manajemen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian.

SIM merupakan sebuah system mesin pemakai yang terintegrasi yang menyediakan informasi untuk menunjang operasi manajemen dan fungsi-fungsi pengambilan keputusan didalam sebuah organisasi. System tersebut memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak computer, dan prosedur-prosedur manual, model-model untuk analilsis, perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan dan suatu “database”.

(http://www.slideshare.net/kikyofrea/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit-7305314)

2 Pengertian SIRS

SIRS adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyampaian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit yang meliputi system informasi klinik, system informasi administrasi dan system informasi manajemen. Peran SIRS yang utama adalah dalam mendukung pengendalian mutu pelayanan medis, penilaian produktivitas, analisi pemanfaatan dan perkiraan kebutuhan perencanaan dan evaluasi program, menyederhanakan pelayanan penilaian klinis dan serta pendidikan. (http://www.scribd.com/doc/58009718/33/F-SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN-RUMAH-SAKIT)

3 Penyalahgunaan ICT

Sebagai mahluk sosial pelaku pengguna ICT memiliki kode etik universal sebagai acuan dalam menjaga perilaku dan kehormatan dalam menggunakan ICT. Setiap lingkungan punya nilai etika tersendiri dan tidak ada nilai baku yang berlaku identik, tiap orang dapat memiliki interprestasi yang berbeda terhadap prinsip yang disepakati. Pelanggaran etika ICT yang berhubungan dengan rumah sakit kerap terjadi. Berikut contohnya:

1. Pembuatan-pengedaran video operasi gagal “palsu” yang telah di edit guna menjatuhkan rumah sakit pesaing.

2. Mengeluh di dunia maya dengan konten menyudutkan rumah sakit tertentu.

3. Membuat software perhitungan guna menyembunyikan data akuntansi tertentu guna kepentingan korupsi.

4. Tidak melakukan kalibrasi-maintenance terhadap alat-alat yang terkomputerisasi seperti EKG, alat cek gula darah, alat laboratorium, ventilator, monitor pemantau pasien intensif di ICU dan lain-lain.

5. Menyebarkan catatan medis orang tertentu lewat jejaring sosial dan sebagainya.

6. Membuat website, seolah-olah merupakan web domain dari rumah sakit pesaing dengan mencantumkan JANJI MULUK dengan harapan akan terjadi gap antara konsumen dan rumah sakit pesaing.

Seperti yang kita ketahui, kasus Prita Mulyasari merupakan kasus pelanggaran tehadap UU ITE yang mengemparkan Indonesia. Nyaris berbulan-bulan kasus ini mendapat sorotan masyarakat lewat media elektronik, media cetak dan jaringan sosial seperti facebook dan twitter.

Prita Mulyasari adalah seorang ibu rumah tangga, mantan pasien Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutra Tangerang. Saat dirawat di Rumah Sakit tersebut Prita tidak mendapat kesembuhan namun penyakitnya malah bertambah parah. Pihak rumah sakit tidak memberikan keterangan yang pasti mengenai penyakit Prita, serta pihak Rumah Sakitpun tidak memberikan rekam medis yang diperlukan oleh Prita. Kemudian Prita Mulyasari mengeluhkan pelayanan rumah sakit tersebut melalui surat elektronik yang kemudian menyebar ke berbagai mailing list di dunia maya. Akibatnya, pihak Rumah Sakit Omni Internasional marah, dan merasa dicemarkan.

Lalu RS Omni International mengadukan Prita Mulyasari secara pidana. Sebelumnya Prita Mulyasari sudah diputus bersalah dalam pengadilan perdata. Dan waktu itupun Prita sempat ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang sejak 13 Mei 2009 karena dijerat pasal pencemaran nama baik dengan menggunakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Kasus ini kemudian banyak menyedot perhatian publik yang berimbas dengan munculnya gerakan solidaritas “Koin Kepedulian untuk Prita”. Pada tanggal 29 Desember 2009, Ibu Prita Mulyasari divonis Bebas oleh Pengadilan Negeri Tangerang.

Contoh kasus di atas merupakan contoh kasus mengenai pelanggaran Undang-Undang Nomor 11 pasal 27 ayat 3 tahun 2008 tentang UU ITE. Dalam pasal tersebut tertuliskan bahwa: Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/ atau mentransmisikan dan/ atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan /atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/ atau pencemaran nama baik.

http://pidpidpid.blogspot.com/view/classic?z

Picture of diah sukmawati hidayah
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by diah sukmawati hidayah - Saturday, 14 April 2012, 08:28 PM
 
PELANGGARAN ICT
DIAH SUKMAWATI HIDAYAH
20111030035
Picture of diah sukmawati hidayah
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by diah sukmawati hidayah - Saturday, 14 April 2012, 08:29 PM
 
PENGERTIAN SIM-SIMRS
DIAH SUKMAWATI HIDAYAH
20111030035
Picture of annisa annisa
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by annisa annisa - Tuesday, 17 April 2012, 09:11 PM
 
tugas pelanggaran ict
Picture of annisa annisa
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by annisa annisa - Tuesday, 17 April 2012, 09:14 PM
 
tugas chat dengan bule
Picture of diah sukmawati hidayah
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by diah sukmawati hidayah - Wednesday, 18 April 2012, 07:38 AM
 
TUGAS CHAT TENTANG SI DENGAN FOREIGNS
Picture of arief darmawan
Tugas e-Hospital [Management]
by arief darmawan - Wednesday, 18 April 2012, 07:52 PM
 
Tugas e-Hospital [Management]
Picture of dhyas munandar as
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by dhyas munandar as - Wednesday, 18 April 2012, 09:27 PM
 
Tugas Chatting dengan Bule

DHYAS MUNANDAR

20111030034

MMR UMY ANGKATAN 6A
Picture of fradita eka sukardi
TUGAS SIM DAN SIRS
by fradita eka sukardi - Thursday, 19 April 2012, 03:07 PM
 
tugas sim dan sirs
Picture of fradita eka sukardi
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by fradita eka sukardi - Thursday, 19 April 2012, 03:10 PM
 
pelanggaran ICT
Picture of annisa annisa
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by annisa annisa - Thursday, 19 April 2012, 07:22 PM
 
tugas chat dengan org asing via yahoo mail
it's me
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by della mawros dwita - Friday, 20 April 2012, 12:32 AM
 
TUGAS PERCAKAPAN TENTANG HIS

File pdf ( info tentang HIS di jerman tidak bisa diupload karena ukuran file besar)

File pdfnya dilampirkan di tugas hardcopy
Picture of muhammad iqbal
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by muhammad iqbal - Friday, 20 April 2012, 05:33 AM
 
Tugas E-hospital

Muhammad iqbal
20111030049
Picture of muhammad iqbal
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by muhammad iqbal - Friday, 20 April 2012, 05:33 AM
 
Tugas E-hospital

Muhammad iqbal
20111030049
Picture of cinta es citranandita
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by cinta es citranandita - Friday, 20 April 2012, 12:27 PM
 
Assalamu'alaikum mohon maaf ibu Fauziah, file chatting tidak bisa saya upload karena terlalu besar, jadi saya ubah dalam bentuk mediafire download,lewat link ini, terima kasih bu.


http://www.mediafire.com/?zlvbgjy6osdu12a


Nama : Cinta ES Citranandita
NIM : 20111030031
Angkatan : 6
Preceptor : Fauziah, SE., M.Si
Picture of rani henty novita
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by rani henty novita - Thursday, 14 June 2012, 09:51 PM
 
Tugas SIM dan SIRS
Picture of rani henty novita
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by rani henty novita - Thursday, 14 June 2012, 10:05 PM
 
tugas contoh pelanggaran ICT
Picture of rani henty novita
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by rani henty novita - Thursday, 14 June 2012, 10:13 PM
 
Tugas percakapan
Picture of cicik indah pahlawati
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by cicik indah pahlawati - Sunday, 29 July 2012, 07:09 AM
 
Cicik Indah Pahlawati
20111030030

Tugas SIM dan SIMRS dapat didownload disini.
Picture of cicik indah pahlawati
Re: Pengumuman tugas e-hospital
by cicik indah pahlawati - Sunday, 29 July 2012, 07:25 AM
 
Cicik Indah Pahlawati
2011130030

Kasus Pelanggaran ICT