Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of reni riawati
Definisi SIM dan SIMRS
by reni riawati - Saturday, 10 March 2012, 12:46 PM
 

Tugas Mata Kuliah E-Hospital

RENI RIAWATI

20111030058

MMR Angkatan 6 A

A. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah perangkat prosedur yang terorganisasi apabila dijalankan akan memberikan umpan balik dan informasi kepada manajemen tentang masukan, proses, dan keluaran dari suatu siklus manajemen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian.

SIM merupakan sebuah sistem mesin pemakai yang terintegrasi yang menyediakan informasi untuk menunjang operasi manajemen dan fungsi-fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi. Sistem tersebut memanfaatkan perangkat keras dan lunak komputer, dan prosedur-prosedur manual;model-model untuk analisis, perencanaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan; dan suatu “database” (Gordon B.Davis dan Margareth H.Olson).

Management Information System is a spesifically designed communication system in which data are gathered, stored, analyzed, formulated, and reported to manager (Rakich-Longest-Darr).

Sistem informasi manajemen dapat diartikan sebagai sebuah informasi yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi yang mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi menggunakan perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan dan database.

Secara singkat bisa dikatakan pula sebagai sebuah kumpulan mekanisme terpadu pengolahan data supaya siap digunakan untuk kebutuhan pengelolaan organisasi.

B. 
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT

Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) merupakan himpunan atau kegiatan dan prosedur yang terorganisisasikan, saling berkaitan serta saling ketergantungan dan dirancang sesuai dengan
rencana dalam usaha menyajikan info yang akurat dan tepat waktu dirumah sakit. Selain itu, sistem ini berguna untuk menunjang proses fungsi-fungsi manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Sistem tersebut, saat ini ditujukan untuk menunjang fungsi perencanaan dan evaluasi dari penampilan kerja rumah sakit antara lain adalah jaminan mutu pelayanan rumah sakit yang bersangkutan, pengendalian keuangan dan perbaikan hasil kerja rumah sakit tersebut, kajian dalam penggunaan dan penaksiran permintaan pelayanan kesehatan rumah sakit oleh masyarakat, perencanaan dan evaluasi program rumah sakit, penyempurnaan laporan rumah sakit serta untuk kepentingan pendidikan dan pelatihan (Sabarguna, Boy S, 2005).

Mengacu pada Peraturan Mentri Kesehatan No 1171/MENKES/PER/VI/2011 Tentang Sistem Informasi Rumah Sakit dapat didefinisikan SIRS sebagaimana dimaksud adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data rumah sakit.