Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of S. Nur Eddy Purnomo
Re: UJIAN DMRS ANGKATAN7 EKSEKUTIF
by S. Nur Eddy Purnomo - Tuesday, 6 March 2012, 09:28 AM
 

Jawaban ujian DMRS ANGKATAN 7 EKSEKUTIF

S. NUR EDDY PURNOMO


1a. Program RS dalam MDGs

Sasaran I : Penurunan Angka Kematian Bayi dan Peningkatan Kesehatan Ibu

Keterangan:

Rumah Sakit harus bisa menuju rumah sakit PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Koprehenshif ) dengan mempersiapkan sumber daya yang memadai baik sumber daya manusia ataupu sumber daya fisik (sarana prasarana).

Sasaran II : Penurunan Angka Kesakitan HIV/AIDS

Sasaran III : Penurunan Angka Kesakitan TB

1b. Jampersal

a. Pengertian

Merupakan bentuk jaminan persalinan yang berfungsi mengurangi/menghapus kendala penting dalam mengakses persalinan oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan, keterbatasan dan ketidak-tersediaan biaya yang didalamnya termasuk pemeriksaan kehamilan, pelayanan nifas termasuk KB pasca persalinan, dan pelayanan bayi baru lahir dengan harapkan dapat mengurangi terjadinya Tiga Terlambat tersebut sehingga dapat mengakselerasi tujuan pencapaian MDGs 4 dan 5.

b. Tujuan

1. Tujuan Umum

Meningkatnya akses terhadap pelayanan persalinan yang dilakukan oleh dokter atau bidan dalam rangka menurunkan AKI dan AKB melalui jaminan pembiayaan untuk pelayanan persalinan.

2. Tujuan Khusus

§ Meningkatnya cakupan pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, dan pelayanan nifas ibu oleh tenaga kesehatan.

§ Meningkatnya cakupan pelayanan bayi baru lahir oleh tenaga kesehatan.

§ Meningkatnya cakupan pelayanan KB pasca persalinan oleh tenaga kesehatan.

§ Meningkatnya cakupan penanganan komplikasi ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir oleh tenaga kesehatan.

§ Terselenggaranya pengelolaan keuangan yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.

c. Sasaran

Sasaran yang dijamin oleh Jaminan Persalinan adalah:

1. Ibu hamil

2. Ibu bersalin

3. Ibu nifas ( sampai 42 hari pasca melahirkan)

4. Bayi baru lahir (sampai dengan usia 28 hari)

d. Jenis Pelayanan

Jenis pelayanan Jaminan persalinan di tingkat pertama meliputi:

1. Pemeriksaan kehamilan

2. Pertolongan persalinan normal

3. Pelayanan nifas, termasuk KB pasca persalinan

4. Pelayanan bayi baru lahir

5. Penanganan komplikasi pada kehamilan, persalinan, nifas dan bayi

baru lahir

Jenis pelayanan Persalinan di tingkat lanjutan meliputi:

1. Pemeriksaan kehamilan dengan risiko tinggi (RISTI) dan penyulit

2. Pertolongan persalinan dengan RISTI dan penyulit yang tidak mampu dilakukan di pelayanan tingkat pertama.

3. Penanganan komplikasi kebidanan dan bayi baru lahir di Rumah Sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan yang setara.

2. Persiapan Medical emergency dalam penanggulangan bencana gunung merapi:

a) Response : Ambulance, telepon darurat, dokter dan perawat IGD

b) Clinical response: Obat medis utk emergency, oksigen, dll

3. Sasaran Keselamatan Pasien

Sasaran I : Ketepatan identifikasi pasien

Sasaran II : Peningkatan komunikasi yang efektif

Sasaran III : Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai (high-alert)

Sasaran lV : Kepastian tepat-lokasi, tepat-prosedur, tepat-pasien operasi

Sasaran V : Pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan

Sasaran VI : Pengurangan risiko pasien jatuh

Penjelasan:

Sasaran I

“RS mengembangkan suatu pendekatan utk memperbaiki/meningkatkan ketelitian identifikasi pasien” melalui kebijan dan/atau prosedur yang secara kolaboratif dengan memperhatikan elemen penilaian, yaitu:

1. Pasien diidentifikasi menggunakan dua identitas pasien, tidak boleh menggunakan nomor kamar atau lokasi pasien.

2. Pasien diidentifikasi sebelum pemberian obat, darah atau produk darah

3. Pasien diidentifikasi sebelum pengambilan darah dan specimen lain utk pemeriksaan klinis

4. Pasien diidentifikasi sebelum pemberian pengobatan dan tindakan/prosedur

5. Kebijakan dan prosedur mengarahkan pelaksanaan identifikasi yg konsisten pada semua situasi dan lokasi.

Sasaran II

“Rumah sakit mengembangkan pendekatan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi antar para pembeli layanan”.

Elemen penilaian:

1. Perintah lengkap secara lisan dan yg mll telp atau hsl pemeriksaan ditulis secara lengkap oleh penerima perintah.

2. Perintah lengkap lisan dan telepon atau hsl pemeriksaan dibacakan kembali scr lengkap oleh penerima perintah

3. Pemerintah atau hasil pemeriksaan dikonfirmasi oleh pemberi perintah atau yang menyampaikan hasil pemeriksaan

4. Kebijakan dan prosedur mengarahkan pelaksanaan verifikasi keakuratan komunikasi lisan atau mll telepon secara konsisten

Sasaran III

“RS mengembangkan suatu pendekatan utk memperbaiki keamanan obat2 yg perlu diwaspadai”

Elemen penilaian:

1. Kebijakan dan atau prosedur dikembangkan agar memuat proses identifikasi, menetapkan lokasi, pemberian label dan penyimpanan elektrolit konsentrat.

2. Implementasi kebijakan dan prosedur

3. Elektrolit konsentrat tdk boleh disimpan dlm unit pelayanan pasien kecuali dibutuhkan secara klinis

4. Elektrolit konsentrat yg disimpan hrs diberi label yg jelas dan disimpan pd area yg dibatasi ketat

Sasaran IV

“Rumah Sakit mengembangkan suatu pendekatan utk memastikan tepat lokasi, tempat prosedur dan tepat pasien”

Elemen penilaian:

1. Tanda yg jelas dan dapat dimengerti utk identifikasi lokasi operasi dan melibatkan pasien dlm proses penandaan

2. Adanya checklist atau proses lain dalam meverifikasi

3. Tim operasi yg lengkap menerapkan & mencatat prosedur sebelum dimulai

4. Adanya kebijakan dan prosedut

Sasaran V

“RS mengembangkan suatu pendekatan untuk mengurangi risiko infeksi yang terkait pada pelayanan kesehatan”.

Elemen penilaian:

1. RS mengdaptasi pedoman patient Safety

2. RS menerapkan program hand hygiene yang efektif

3. Kebijakan dan prosedur utk mengurangi INOS

Sasaran VI

“RS mengembangkan suatu pendekatan untuk mengurangi resiko pasien dari cidera karena jatuh.

Elemen penilaian:

1. RS melakukan assesmen sebeum dan sesudah pasien jatuh

2. Langkah2 mengurangi resiko jatuh

3. Memonitor keberhasilan pengurangan cidera akibat jatuh dan dampak yg tdk diharapkan

4. Kebijakan dan prosedur tentang tersebut

4.a. - Untuk mengetahui ada tidaknya dampak rumah sakit yang ditimbulkan terhadap lingkungan/masyarakat.

- Dokumen ANDAL:

a. KA-ANDAL (Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan)

b. ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan)

c. RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup)

d. RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup)

4b. Paradigma Kesehatan Lingkungan

a) Tidak MCK (Mandi,Cuci, Kakus) di sungai

b) Tidak BAB (buang air besar) di lingkungan alam/sembarangan tempat

c) Tidak membuang limbah dilingkungan alam

d) Kesadaran PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat)

e) Kegiatan 3M

5. a. Perlu, sebagai bahan promosi untuk mendapatkan pangsa pasar

Jawaban 5b
Perusahaan perlu BSR Karena dengan menjalankan BSR perusahaan yang menjalankan aktivitas sosial akan merasakan bahwa apa yang dilakukan punya nilai strategis terhadap pengelolaan merk bukan sekedar mendapat pujian dari masyarakat, oleh karena itu strategi yang dijalankan harus sejalan dengan strategi merk. BSR ini harus mempunyai tujuan atau sasaran baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang, sasaran yang bermisi sosial maupun sasaran yang menjadi marketing objektive. BSR bukan hanya pekerjaan sampingan tetapi BSR harus dioranisasikan secara baik jangan hanya menjadi aktivitas dari public relation (PR).