Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Tri Kuncoro - MMR- angkatan 7B
Re: refleksi kasus DMRS - " KTD dan pasien asuransi"
by Tri Kuncoro - Monday, 5 March 2012, 01:40 PM
 
analisa kasus :
pada kasus tersebut tampak bahwa rumah sakit beserta sumber daya manusia khususnya perawat dan dokter instalasi gawat daruratnya :
  • kurang memahami arti pelayanan gawat darurat.
  • tidak terakreditasi sehingga tidak memahami akan pentingnya KESELAMATAN PASIEN dalam hal ini Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) hingga berakibat meninggalnya pasien gawat darurat yang semestinya tidak perlu terjadi.
  • sangat tidak manusiawi memperlakukan pelanggan gawat daruratnya yang sangat membutuhkan pertolongan saat itu juga.
  • tidak berjalannya pemberdayaan sdm di rumah sakit tersebut, terutama perawat dan dokter IGD dalam hal peningkatan mutu pelayanan gawat darurat dan keselamatan pasien, melalui diklat, seminar dan lainnya.

gambaran kasus tersebut saat ini semestinya tidak boleh terjadi di rumah sakit manapun, mengingat saat sekarang ini PATIENT SAFETY sudah menjadi trend dan keharusan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pelanggan dan bahkan sekarang sudah disyaratkan dalam AKREDITASI RUMAH SAKIT oleh KARS. Dan Akreditasi sudah menjadi syarat dalam Undang Undang Rumah Sakit yang berarti harus dilaksanakan