Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Arlina Dewi, dr. M.Kes.
Pengantar Patient Safety
by Arlina Dewi, dr. M.Kes. - Tuesday, 28 February 2012, 04:30 PM
 
Silahkan dibaca tulisan tentang patient safety yang saya upload disini.
Berikan pengalaman Anda yang berhubungan dengan Insiden Patient safety (Keselamatan Paien) baik yang Anda alami saat bekerja di institusi kesehatan atau RS atau yang Anda lihat
Picture of hayati ahmalliah
Re: Pengantar Patient Safety
by hayati ahmalliah - Tuesday, 28 February 2012, 04:30 PM
 
maksud ibu tulisan yg mana...
kok sy ndak menemukan materi patient safety di materi matrikulasi angkatan 7
Picture of  I Made Santana
Re: Pengantar Patient Safety
by I Made Santana - Tuesday, 28 February 2012, 04:32 PM
 
I Made Santana
Picture of Totok Sundoro
Re: Pengantar Patient Safety
by Totok Sundoro - Tuesday, 28 February 2012, 04:47 PM
 
Perawat dan dokter tidak membuat rekam medis dengan benar. Ada dokter memberikan advis dengan 2 obat yg harus diberikan ke pasien utk shift ke 2 dan waktu operan dinas, perawat shift pertama hanya menyampaikan kepada temannya utk diberikan hanya satu obat saja, karena hanya bermodal ingatan saja.

Seragam perawat dipakai dari rumah dan pulang dipakai sampai rumah.
Picture of Djoko Windoyo
Re: Pengantar Patient Safety
by Djoko Windoyo - Thursday, 1 March 2012, 11:29 AM
 
Seorang pasien akan dioperasi sudah dimasukkan ke dalam kamar operasi, setelah dokter operator masuk ke kamar operasi ternyata identitas pasien di gelang identitas dan status (RM) pasien berbeda, akhirnya baru diketahui ternyata petugas di ruang persiapan, salah memasukkan pasien.
Picture of Arlina Dewi, dr. M.Kes.
Re: Pengantar Patient Safety
by Arlina Dewi, dr. M.Kes. - Thursday, 8 March 2012, 12:09 AM
 
Bisa dibaca ttg "safe surgery" di web WHO
Picture of Totok Sundoro
Re: Pengantar Patient Safety
by Totok Sundoro - Friday, 2 March 2012, 10:18 AM
 
Perawat dan Dokter 90% tidak menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) pada saat melakukan pemeriksaan pasien di kamar operasi
Picture of Triana Uminingsih
Re: Pengantar Patient Safety
by Triana Uminingsih - Thursday, 1 March 2012, 01:14 PM
 
Pasien post operasi ORIF hari ketigaa, tidak diberikan penjelasan tentang bagaimana pasien harus mobilisasi bertahap. Pasien langsung turun dari tempat tidur sehingga jatuh dan operasinya dinyatakan gagal, dan harus dilakukan operasi ulang

Picture of Arlina Dewi, dr. M.Kes.
Re: Pengantar Patient Safety
by Arlina Dewi, dr. M.Kes. - Thursday, 8 March 2012, 12:11 AM
 
kalo semua staf dan dr di RS selalu berpedoman "patient centered care" (pelayanan yg berpusat pada pasien) mungkin kejadian ini tidak akan terjadi ya...
Picture of Yuni Istanti
Re: Pengantar Patient Safety
by Yuni Istanti - Thursday, 1 March 2012, 01:38 PM
 
Ada suatu pasien post partum40hari dengan pedarahanlahir rumahpasein hari ke 20 dikonsolkan dr Spog di USGhasil tak ada sisa plasenta di obati berhenti hari ke 40 kluar darah lagi karena di RB itu ada dr SpoG dilaksanakan kuretase ternyata masih ada sisa plasenta banyak dilakukan sonde perdarahan baqnyak di rujuk ke RS HB tinggal 5 mau dilakukan histerektomo pasien uda meninggal
Picture of Arlina Dewi, dr. M.Kes.
Re: Pengantar Patient Safety
by Arlina Dewi, dr. M.Kes. - Thursday, 8 March 2012, 12:19 AM
 
Pada standar akreditasi RS versi 2012, MDG's (millenium Development Goals) utk mengurangi angka kematian Ibu dan Anak dimasukkan didalam standar> Mudah2an ini akan banyak mengurangi AKI dan AKB> Silahkan dibaca Standart Akreditasi RS yang baru yang saya upload di depan
Picture of Siti Apriani Kurnianingsih
Re: Pengantar Patient Safety
by Siti Apriani Kurnianingsih - Thursday, 1 March 2012, 01:41 PM
 
Ada pasien dari IGD dinyatakan opname, kemudian setelah pasien setuju, pasien diantar ke bangsal rawat inap dengan diantar menggunakan brancard. Pasien didorong melalui ram yang cukup menanjak. Karena perawat tidak mampu mendorong, maka pasien jatuh dari brancard
Picture of yuliani yuliani
Re: Pengantar Patient Safety
by yuliani yuliani - Thursday, 1 March 2012, 04:12 PM
 
di suatu tempat pelayanan kesehatan swasta ada seorang ibu datang membawa anak balita yang ingin imunisasi, tetapi ternyata balita tersebut gizburuk dan sangat kurus, tetapi petugas tadi tetap saja memberikan imunisasi tanpa memperhatikan kondisi si balita dan tidak juga melaporkan ke petugas yang terkait, setiba dirumah anak tersebut panas dan kejang sampai akhirnya meninggal dunia
Picture of Putu Crisnayanti
Re: Pengantar Patient Safety
by Putu Crisnayanti - Friday, 2 March 2012, 12:22 AM
 
saya melihat paramedis yang saat itu akan melakukan tindakan memasang infus, disini terjadi kesalahan cara disinfeksi yang memungkinkan terjadinya infeksi nosokomial.
Mungkin ini merupakan hal yang sepele, namun perlu diperhatikan demi keselamatan pasien dan keselamatan bagi medis serta paramedis yang bertugas.
Juli Santoso
Re: Pengantar Patient Safety
by Juli Santoso - Friday, 2 March 2012, 06:36 AM
 
Saya pernah lihat atau alami sendiri kejadian yang menyangkut pasien safety sebagai berikut :
Menyimpan obat tidak pada tempat yang jauh dari jangkauan anak.
Kejadian : adik saya menaruh sirup paracetamol yang berasa chery di
meja makan masih sepro botol lebih. Ketika dia sedang mandi, tanpa
disadari anak adik saya meminum habis satu botol parecetamol rasa
chery. Setelah ibunya selesai mandi si anak ini bilang : " bu obat yang
enak udah aku habisin. Grubyak???!!!?????

Picture of Parjiyana Parjiyana
Re: Pengantar Patient Safety
by Parjiyana Parjiyana - Friday, 2 March 2012, 11:06 PM
 
Seorang perawat / petugas yang tidak memperhatikan kaedah 4 betul yaitu :
1. betul nama
2. betul obat
3. betul dosis
4. betul waktu
ketika akan memberikan obat kepada pasien
Tri Kuncoro - MMR- angkatan 7B
Re: Pengantar Patient Safety
by Tri Kuncoro - Monday, 5 March 2012, 09:38 AM
 
Keselamatan Pasien (Patient Safety) sudah menjadi trend pelayanan di rumah sakit, bahkan sudah dimasukkan sebagai syarat dalam AKREDITASI yang baru yang berstandart internasional oleh KARS.
Rumah sakit harus selalu meningkatkan mutu pelayanan dengan memperhatikan aspek KESELAMATAN PASIEN yang dilayaninya sejak pasien datang hingga pasien akan pulang. Baik sejak pendaftaran (identifikasi pasien), komunikasi kepada pasien dan keluarga, pemberian obat - obatan perlu diperhatikan keamanannya, ruangan atau lokasi harus tepat, prosedur pelayanan harus jelas, resiko infeksi terkait pelayanan harus dikurangi dan juga hindarkan pasien dari resiko terjatuh di dalam lingkungan rumah sakit.
Yang kerap terjadi di rumah sakit biasanya pada pasien yang sudah lanjut usia (geriatri) ketika berada/berjalan di dalam kamar mandi atau toilet sering terjatuh/terpeleset karena faktor peralatan keamanan di dalam area kamar mandi yang minimal.
Picture of hayati ahmalliah
Re: Pengantar Patient Safety
by hayati ahmalliah - Monday, 5 March 2012, 01:58 PM
 
seorang pasien datang ke IGD dan dinyatakan harus rawat inap..
ketika dalam perawatan seorang perawat memberikan infus yang sudah expired.. setelah beberapa saat keluarga mengetahui hal tersebut dan melaporkan pada perawat..
hal tersebut tidak berakibat fatal, tetapi nyaris membahayakan.
kemungkinan pada bagian logistik farmasi tidak melakukan pengecekan secara rutin persediaan yang masih ada.
Picture of S. Nur Eddy Purnomo
Re: Pengantar Patient Safety
by S. Nur Eddy Purnomo - Monday, 5 March 2012, 02:27 PM
 
Pasien post operasi APP 4 hari dan sudah diperbolehkan pulang. setelah dirumah 3 hari pasien tersebut kembali ke RS untuk kontrol dengan kondisi bekas operasi bengkak merah dan agak ada acites abdomen, oleh dokter kemungkinan pasien alergi benang jahit. Setelah balik ke rumah 2 hari kemudian luka bekas operasi mengeluarkan pus spontas, lalu dibawa lagi ke RS semula dan di IGD di lakukan aspirasi keluar kurang lebih 300 cc pus dan pasien diminta mondok lagi oleh dokter yang mengoperasi. dan oleh dokter tersebut pasien harus menjalani debridemen dengan general anestesi. yang jadi permasalahannnya kok tadinya tidak bentuk antisipasi kemungkinan alergi benang jahitnya, apakah ada tes sebelumnya atau tindakan antisipatif yang lain.
Picture of Marini Tarida
Re: Pengantar Patient Safety
by Marini Tarida - Tuesday, 6 March 2012, 10:07 PM
 

di tempet saya bekerja, di dapatkan kejadian yang dialami oleh seorang perawat dimana dia salah dalam mengidentifikasi nama pasien yang namaya hampir mirip tapi beda pasien yang akan diberikan obat injeksi. Dari diagnosa kedua pasien tersebut sangat jauh berbeda otomatis obat yang diresepkan juga berbeda, namun karena kelalaian dari perawat pada saat mempersiapkan obat injeksi, obat yang diberikan kepada kedua pasien tersebut tertukar. Kekeliruan tersebut untungnya tidak berdampak besar dan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,pada saat baru melakukan injeksi ke salah satu pasien tersebut perawat baru menyadari bahwa obat yang akan diberikan kepada pasien tersebut keliru.

Picture of Corrie Henryani
Re: Pengantar Patient Safety
by Corrie Henryani - Tuesday, 6 March 2012, 11:36 PM
 
seorang pasien yang hampir jatuh dari brancard, kejadiannya lebih kurang seperti ini,
waktu itu salah satu pasien ranap di sebuah RSU akan dilakukan rontgen, dan pasienpun dibawa dr bangsalnya menuju ke ruang radiologi dengan menggunakan brancard oleh 2 orang perawat, namun saat berjalan dibelokan yg agak menurun tiba-tiba brancard terdorong dengan cepatnya, karena kurang kontrolnya dorongan sang perawat mendorong brancard pasien tersebut, sehingga brancard terlepas dr tangan perawat dan seketika itu roda depan brancard terjatuh dan oleng, sehingga sipasien pun hampir jatuh, untungnya badan si pasien cepat tertarik oleh si perawat tersebut sehingga tidak sampai jatuh ke lantai.
saat itu saya melihat kejadian tersebut, namun posisi saya sangat jauh dari tempat kejadian, sehingga saya tidak sempat membantu menghentikan brancard yg terdorong laju tersebut. namun untungnya si pasien tidak sampai jatuh ke lantai.
semoga kasus ini tidak terulang kembali
Picture of Muhammad Firdaus
Re: Pengantar Patient Safety
by Muhammad Firdaus - Thursday, 8 March 2012, 10:04 PM
 
saya dulu pernah praktek di rumah sakit dan melihat seorang petugas medis yang kurang disiplin dan kurang teliti dalam pemberian obat antibiotik karena salah melihat nama dan tidak membaca riwayat status pasien terjadilah salah pemberian obat dengan pasien yg berbeda yg menerima injeksi tersebut, ini terjadi akibat kurang telitinya petugas medis dalam memberikan pelayanan terhadap pasien karena hal yg seperti ini bisa mengakibatkan hal fatal dalam keselamatan diri pasien.. dan juga dalam pelayanan pasien dalam hal dresing infus sebaiknya harus benar-benar di perhatikan dan dilakukan karena menjaga kebersihan supaya tidak menumpuknya kotoran dan kuman yg bisa mengakibatkan infeksi pada pasien,, jadi dresing infus penting dilakukan jgn sampai kotor dan dibiarkan begitu saja
Picture of Noor Sa'adah
Re: Pengantar Patient Safety
by Noor Sa'adah - Sunday, 11 March 2012, 01:41 PM
 

Picture of Indriastuti Indriastuti
Re: Pengantar Patient Safety
by Indriastuti Indriastuti - Tuesday, 13 March 2012, 07:47 AM
 

Di sebuah bangsal rawat inap, ada seseorang pasien gelandangan yang ditempatkan di bagian pojok, kebetulan pasien infuse dan tidak ada yang menunggu. Saat itu ada 2 perawat yang jaga malam namun karena kelelahan dan kurang perhatian kepada pasien. Pas pertukaran jaga pagi sewaktu oper jaga baru ketahuan kalau pasien infusnya sudah habis lama ( bahasa jawa = keblongan )

Picture of Sri Catur Murniningsih
Re: Pengantar Patient Safety
by Sri Catur Murniningsih - Tuesday, 13 March 2012, 07:59 AM
 
 

Pengalaman saya di raumah sakit. Sewaktu di poliklinik penyakit dalam, ada pasien periksa dengan keluhan sesak nafas bila aktifas, setelah dilakukan pemeriksaan fisik, penunjang foto rongen dan pemeriksaan EKG, di diagnosa = Decompensatio Cordis. Kita berikan resep obat sesuai diagnose. Besok paginya pasien dating dengan keluhan tidak berkurang, tetapi malah sesak. Ternyata setelah kita cek, obat yang diberikan oleh apotik adalah obat untuk pasien TBC.