Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
aini
tugas paper FST hotel
by Q. Aini - Wednesday, 22 February 2012, 03:03 PM
 
Qurrotul Aini
Picture of Gilang Pambudi
Re: tugas paper FST hotel
by Gilang Pambudi - Tuesday, 28 February 2012, 11:34 PM
 
monggo...ini tugasnya... trimakasih...
Picture of Niken Dwi Setyaningrum
Re: tugas paper FST hotel
by Niken Dwi Setyaningrum - Wednesday, 29 February 2012, 07:37 AM
 
tugas FST,, silakan dibaca,, tenkyuuw...
Picture of Dewanto Suryoningrat, S.Ked
Re: tugas paper FST hotel
by Dewanto Suryoningrat, S.Ked - Wednesday, 29 February 2012, 12:22 PM
 
Sebelumnya, maaf jika pekerjaan ini kurang rapi, saya mengerjakan via mobile phone

Tanpa panjang kata,saya seperti penjelasan diatas,
Saya akan memperinci lebih singkat.
Saya akan membahas ttg Public Relation yang bisa diterapkan di RS.

Pada bidang perhotelan, Public Relation merupakan sebuah bidang yg penting dalam hal "branding" atau "company profile",sehingga dapat menciptakan "image" yang baik dmata semua pihak,baik customer maupun partner(rekanan kerja). Sehingga orang yang berkecimpung di bidang tersebut,bekerja bagaimana caranya membuat "brand" dan "image" menjadi terbaik dmata semua pihak.

Begitu juga di Rumah Sakit, Public Relation merupakan bidang yang penting untuk menciptakan "market" bagi RS tersebut. Kebanyakan Rumah Sakit di Indonesia,bidang PR dan Marketing masih belum maksimal, sehingga sering kita ketahui tidak sedikit orang yang dikategorikan mampu,berobat ke Luar negeri,tidak berobat didalam negeri.
Memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah Pelayanan yang belum maksimal.
Dewasa ini,tidak sedikit Rumah Sakit yang bisa dikatakan bersaing dengan rumah sakit diluar negeri.

Salah satu pekerjaan yang harus dilakukan adalah "re-branding" rumah sakit di Indonesia, karena sebenarnya tidak berbeda jauh antara RS di Indonesia dengan di LN saat ini. Selain itu Marketing yang dilakukan juga harus maksimal sehingga banyak orang yang dikatakan mampu tadi, mau berobat ke rumah sakit dalam negeri.
Picture of Wahyu Rizky
bim salabim ....... tugas paper FST hotel
by Wahyu Rizky - Wednesday, 29 February 2012, 01:54 PM
 

IN THE NAME OF ALLAH

Wahyu rizky

MMR angkatan 7A

Tugas FST di Yogyakarta Plaza Hotel

Manajemen Operasional dan Pemasaran di Bidang Perhotelan


1. Manajemen operasional di perhotelan

Kelancaran operasional hotel didukung oleh departemen – departemen yang ada di dalam suatu manajemen operasional hotel. Karena semua kegiatan dan aktivitas di dalam hotel, akan dijalankan dan ditangani oleh satu departemen yang sangat konsen dan kompeten dibidangnya sehingga akan sangat menunjang didalam menjalankan tugas yang dibebankan.

Dalam melaksanakan operasional, setiap Hotel berbintang akan berbeda – beda dalam melakukan kebijakan manajemen operasional. Semakin lengkap jumlah departemen di dalam satu hotel maka akan menjadi jaminan manajemen hotel berbintang tersebut akan semakin bagus dan berkualitas dalam menjalankan operasional hotel tersebut.

Bagian departemen yang menunjang berjalannya operasional hotel sebagai berikut:

  1. Front Office Departemen
  2. Housekeeping Departemen
  3. Accounting Departemen
  4. Food and Beverage Departemen
  5. Engineering Departemen
  6. Purchasing Departemen
  7. Sales & Marketing Departemen
  8. Human Resource Departemen
  9. Executive Office

Dari sekian banyak departemen yang ada di hotel, semua departemen itu saling mendukung dan berkaitan antara satu departemen dengan departemen yang lain. Disamping itu juga di dalam satu departemen ada yang yang masih bergabung dengan seksi yang lain, seperti Housekeeping departemen dalam hal ini bisa membawahi laundry.

Umumnya hotel berbintang biasanya memiliki laundry departemen yang berdiri sendiri, departemen dengan level yang sama dengan departemen yang lain, tetapi kembali lagi dari kebijakan hotel, jika dirasakan kepentingan dan kebutuhan laundry terlalu besar, mungkin saja dipertimbangkan untuk berdiri sendiri, tetapi jika kebutuhan tidak terlalu besar maka laundry-nya bisa digabung dengan Housekeeping departemen atau departemen yang lain. Contoh lain juga seperti seksi Garden dan Artist disini mereka biasanya dibawah Department Food and Beverage Department.

Selama Operasional dapat berjalan dengan baik, semua bagian dan departemen itu dapat disatukan atau digabung dengan departemen yang terdekat dengan operasional mereka, dalam artian dalam operasional lebih banyak berhubungan langsung dengan departemen yang membawahi tersebut



2. Strategi pemasaran di perhotelan

Kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasa harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi. Tidak dapat dipungkiri bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasiyang jelas. Maka peranan promosi berguna untuk:

· Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.

· Memberitahukan legunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta cara penggunaanya.

· Memperkenalkan barang atau jasa baru.

Menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia, besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan. Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan pada umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluang pada beberapa sasaran pasar. Melihat pentingnya stratrgi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan.



3. Fungsi dan unit pemasaran di perhotelan

Di dalam suatu unit usaha dikenal adanya berbagai macam fungsi yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, diantaranya terdapat tiga fungsi pokok yang selalu di jumpai, yaitu :

1. Pemasaran (marketing) yang merupakan ujung tombak dari unit usaha, sebab bagian ini langsung berkaitan dengan konsumen. Keterkaitan ini dimulai dari identifikasi kebutuhan konsumen (jenis dan jumlah) maupun pelayanan dan pengantaran produk ke tangan konsumen.

2. Keuangan (finance) yang bertanggung jawab atas perolehan dana guna pembiayaan aktifitas untuk usaha serta pengelolaan dana secara ekonomis sehingga kelangsungan dan perkembangan unit usaha dapat dipertahankan.

3. Produksi (operasi) yang merupakan penghasilan dari produk atau jasa yang akan dipasarankan kepada konsumen.

Dalam pengertian yang paling, luas, manajemen operasi berkaitan dengan produksi barang dan jasa. Setiap hari kita menjumpai barang atau jasa yang melimpah, semuanya dihasilkan dibawah pengawasan manajer operasi. Manajer operasi tidak hanya bekerja pada industri manufaktur tetapi ada yang bekerja pada industri jasa. Sebagai contoh di sektor pemerintahan, kantor pos, hotel, restoran penerbangan, perbankan dan toko eceran.

Manajer Operasi bertanggung jawab untuk menghasilkan barang atau jasa dalam organisasi. Manajer Operasi mengambil keputusan yang berkenaan dengan suatu fungsi operasi dan sistem transformasi yang digunakan. Manajemen Operasi adalah kajian pengambilan keputusan dari suatu fungsi operasi.

Manajemen operasi sebagai pengelola sistem transformasi yang mengubah masukan menjadi barang dan jasa, yang menjadi masukan sistem tersebut adalah energi, material, tenaga kerja, modal dan informasi. Sedangkan output produksi merupakan produk yang dihasilkan berikut hasil sampingannya, seperti limbah, informasi, dan sebagainya.

Adapun transformasi input – output sistem produksi. Sub-sub sistem dari sistem produksi tersebut antara lain adalah perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, penentuan standar-standar operasi, penentuan fasilitas produksi, perawatan fasilitas produksi, dan penentuan harga pokok produksi. Sub-sub sistem tersebut akan membentuk konfigurasi sistem produksi. Keandalan dari konfigurasi sistem produksi ini akan tergantung dari produk yang dihasilkan serta bagaimana cara menghasilkannya (proses produksinya). Cara menghasilkan produk tersebut dapat berupa jenis proses produksi menurut cara menghasilkan produk, operasi dari pembuatan produk, dan variasi produk yang dihasilkan.




Picture of Ika Nurmalita Sari
Re: tugas paper FST hotel
by Ika Nurmalita Sari - Wednesday, 29 February 2012, 05:37 PM
 
ini dia tugas paper FST Hotel
Picture of Mugi  Restiana Utami
Re: tugas paper FST hotel
by Mugi Restiana Utami - Wednesday, 29 February 2012, 06:21 PM
 
tugas FST Hotel
none
Re: tugas paper FST hotel
by Muhammad Bayu Wicaksono - Wednesday, 29 February 2012, 06:58 PM
 
Ini Ngumpul Tugasnya buu.....
^_^
Re: tugas paper FST hotel
by Barii Hafidh Pramono - Wednesday, 29 February 2012, 08:16 PM
 
tugas resume FST_JPH_barii hafidh pramono
Picture of iim Imram Radne Rimba Putri
Re: tugas paper FST hotel
by iim Imram Radne Rimba Putri - Wednesday, 29 February 2012, 08:17 PM
 
paper iim nehc silahkan dikomen smile
Picture of Roman Roman Diaz
Re: tugas paper FST hotel
by Roman Roman Diaz - Wednesday, 29 February 2012, 08:28 PM
 
huh.... ternyata ada tugas resumenya
Picture of Naufal  Kurnia R
Re: tugas paper FST hotel
by Naufal Kurnia R - Wednesday, 29 February 2012, 08:59 PM
 
Bismillah....
Picture of Dedy Dedy Sukmo Anggoro
Re: tugas paper FST hotel
by Dedy Dedy Sukmo Anggoro - Wednesday, 29 February 2012, 09:08 PM
 
TUGAS FST HOTEL PLAZA
Picture of Volanda Kusumaningsari
Re: tugas paper FST hotel
by Volanda Kusumaningsari - Wednesday, 29 February 2012, 09:25 PM
 
tugas FST Plaza Hotel
Picture of Nenden Nenden Kartika Devi
Re: tugas paper FST hotel
by Nenden Nenden Kartika Devi - Wednesday, 29 February 2012, 09:27 PM
 
FST hotel
Picture of Saidatul Saidatul Hayati
Re: tugas paper FST hotel
by Saidatul Saidatul Hayati - Wednesday, 29 February 2012, 10:09 PM
 
alhamdulillah yah *syahrini
Hmmmmmmmmmmm...
Re: tugas paper FST hotel
by Kunto Kunto Budi Santoso - Wednesday, 29 February 2012, 10:24 PM
 
Tugas FST Jogjakarta Plaza Hotel by Kunto Budi Santoso
Hmmmmmmmmmmm...
Re: tugas paper FST hotel
by Kunto Kunto Budi Santoso - Wednesday, 29 February 2012, 10:25 PM
 

Kunto Budi Santoso

MMR angkatan 7A

Tugas FST di Jogjakarta Plaza Hotel

Menurut saya, hal penting yang bisa saya ambil dari FST di Hotel Jogjakarta Plaza Hotel ada beberapa hal terkait manajemen perhotelan yang menurut saya bisa diterapkan dalam manajemen rumah sakit, yaitu :

1. Public Relation

Di Jogjakarta Plaza Hotel memiliki seorang Public Relation yang bertugas memasarkan dan membawa image baik Jogjakarta Plaza Hotel di mata masyarakat luas. Manajemen Rumah sakit juga perlu untuk memiliki Public Relation, yang mana peran dari Public relation ini adalah sebagai “branding ” atau memperkenalkan rumah sakit terkait dengan pelayanan dan fasilitas yang ada di rumah sakit, serta menciptakan image yang baik di masyarakat luas.

2. Multi Bisnis (Peningkatan kualitas pelayanan eksternal)

Hal yang menarik bahwa manajemen di hotel Yogyakarta Plaza Hotel menerapkan Manajemen Multi Bisnis. Di Yogyakarta Plaza Hotel, selain menawarkan layanan sewa kamar tidur, juga membuka bisnis usaha restoran, Layanan kecantikan Salos per Aqua ( SPA ), Sewa kolam renang, Gym, sewa ruang rapat, dan Event Organizer ). Dengan menerapkan sistem multi bisnis ini, Jogjakarta Plaza Hotel tidak pernah mengalami pailit meskipun terjadi masa paceklik kecilnya angka menginap di hotel ( bila di rumah sakit disebut BOR ). Perlu kita tahu, meskipun rumah sakit bergerak dalam bidang sosial, bukan tidak mungkin untuk mengembangkan rumah sakit dengan menerapkan program multi bisnis seperti dalam manajemen perhotelan. Sebagai direktur rumah sakit, hendaknya kita tidak boleh terkungkung pikiran bahwa bisnis yang bisa dikembangkan dirumah sakit hanya meliputi Pelayanan Rawat inap, Rawat jalan, dan Penjualan Obat saja. Perlu kita kembangkan daya pikir kita untuk mengembangkan bisnis yang lain yang bisa diterapkan di Rumah Sakit,yang berbeda namun sesuai dengan basic dibidang kesehatan. Saya akan mengawali membuka wacana untuk berpikir lebih jauh untuk bisnis dirumah sakit dengan memberi beberapa contoh peluang peluang yang mungkin bisa dikembangkan:

a. Fakta : Kita tahu bahwa sekarang ini angka penderita diabetes di Indonesia ini semakin besar, tidak dipungkiri bahwa pasien penderita diabetes ini merupakan salah satu sumber pemasukan rutin yang bisa didapatkan dari pelayanan rawat jalan ( Poli Penyakit Dalam ). Sekarang ini, banyak catering2 yang melayani penyediaan makanan rutin harian bagi pasien diabetes, dan bisnis ini memiliki pangsa pasar yang bagus.

Peluang Usaha : sebenarnya kondisi ini bisa kita manfaatkan sebagai salah satu usaha yang bisa kita kembangkan dalam manajemen di rumah sakit, yaitu dengan menawarkan layanan penyediaan catering makanan harian bagi pasien diabetes oleh instalasi gizi ( dilihat dari sisi kredibilitas, penyedia layanan katering gizi dari rumah sakit ini akan lebih menarik masyarakat dibandingkan dari katering biasa yang ada di masyarakat karena sesuai basicnya di bidang kesehatan).

b. Fakta : Kita tahu bahwa cukup banyak pasien – pasien yang mampu membayar lebih untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang istimewa.

Peluang Usaha :Hal ini sebenarnya memberi peluang dengan menyediakan penawaran layanan home visit, ataupun pelayanan home care

Masih banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber pemasukan dalam manajemen rumah sakit, yang penting dan perlu digaris bawahi adalah jangan terkungkung dengan jenis usaha yang itu – itu saja.

3.  Nilai Personal Index ( Peningkatan Kualitas Internal )

Di hotel Yogyakarta Plaza Hotel, diterapkan sistem Nilai Personal Index ( NPI ) untuk menjaga kualitas pegawai. Hal ini bisa kita tiru untuk meningkatkan disiplin pegawai di rumah sakit. Banyak kita tahu, bahwa banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan di rumah sakit. Dengan menerapkan sistem Nilai Personal Index ini, di harapkan akan meningkatkan kualitas pegawai dengan “paksaan” peraturan NPI pada awalnya, yang kemudian diharapkan akan menjadi suatu kebiasaan kualitas pegawai meningkat karena kesadaran pribadi masing – masing pegawai.

Picture of Ario Tejosukmono
Re: tugas paper FST hotel
by Ario Tejosukmono - Wednesday, 29 February 2012, 10:29 PM
 
tugasnyaa... mari dibaca..
Picture of Dini  Dini Aprilia Sari
Re: tugas paper FST hotel
by Dini Dini Aprilia Sari - Wednesday, 29 February 2012, 10:50 PM
 
Tugas FST DONE,,silahkan dibaca smile
Picture of Titin Widiawati
Re: tugas paper FST hotel
by Titin Widiawati - Wednesday, 29 February 2012, 11:19 PM
 
Tugas FST Hotel
Picture of Wahyu Rudi Hermawan
Re: tugas paper FST hotel
by Wahyu Rudi Hermawan - Wednesday, 29 February 2012, 11:29 PM
 
Tugas FST Hotel Wahyu Rudi Hermawan
Picture of Desti Desti Pasmawati
Re: tugas paper FST hotel
by Desti Desti Pasmawati - Wednesday, 29 February 2012, 11:29 PM
 
nyetor tugass..
Picture of muallim muallim h
Re: tugas paper FST hotel
by muallim muallim h - Wednesday, 29 February 2012, 11:36 PM
 
tugas fsst plaza hotel,,,,
tolong lain kali informasi tugas lebih jelas untuk kepentingan pembelajaran.
trima kasih
Picture of Ryanti Ryanti Primandani Putri
Re: tugas paper FST hotel
by Ryanti Ryanti Primandani Putri - Wednesday, 29 February 2012, 11:41 PM
 
tugas paper FST hotel.....
Picture of Aria Pratama Surya Anggara
Re: tugas paper FST hotel
by Aria Pratama Surya Anggara - Wednesday, 29 February 2012, 11:54 PM
 
Yok mari dibaca buat nambah wawasan smile
GIKU
Re: tugas paper FST hotel
by Anggi Nvd Anggraini - Thursday, 1 March 2012, 12:09 AM
 
FST hotel jogjakarta plaza
Picture of Srikaton Kantiani
Re: tugas paper FST hotel
by Srikaton Kantiani - Thursday, 1 March 2012, 12:22 AM
 
ini tugas fst nya
jogja
Re: tugas paper FST hotel
by nur hasanah - Thursday, 1 March 2012, 12:27 AM
 
tugas FST hotel
he
Re: tugas paper FST hotel
by Muhammad Muhammad Faried Fahda - Thursday, 1 March 2012, 12:48 AM
 
NYETOR TUGAS...
terima kasih
Picture of Chaerunisa Sukmaretnawati
Re: tugas paper FST hotel
by Chaerunisa Sukmaretnawati - Thursday, 1 March 2012, 01:00 AM
 
FST HOTEL
Sekar Kumalasari
Re: tugas paper FST hotel
by Sekar Kumalasari - Thursday, 1 March 2012, 01:36 AM
 
fst,,, smile
Picture of Elvan Danurangga
Re: tugas paper FST hotel
by Elvan Danurangga - Thursday, 1 March 2012, 01:38 AM
 
Tugas FST Jogja Plaza Hotel
Picture of Choirul Choirul Nafiah
Re: tugas paper FST hotel
by Choirul Choirul Nafiah - Thursday, 1 March 2012, 04:56 AM
 
Tgs paper FST JPH
Picture of Ratih Ratih Dwi Octaria
Re: tugas paper FST hotel
by Ratih Ratih Dwi Octaria - Thursday, 1 March 2012, 06:35 AM
 
tugas fst hotel
Picture of Kurnia Ayu Nurasis
Re: tugas paper FST hotel
by Kurnia Ayu Nurasis - Thursday, 1 March 2012, 07:09 AM
 
fst hotel yogyakarta plaza
Picture of Ervita Ervita Kumalasari
Re: tugas paper FST hotel
by Ervita Ervita Kumalasari - Thursday, 1 March 2012, 07:20 AM
 
<!-- /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

FST Jogja Plaza Hotel

Picture of Dani  Dani Sahirul Alim
Re: tugas paper FST hotel
by Dani Dani Sahirul Alim - Thursday, 1 March 2012, 12:06 PM
 
Dhani Sahirul Alim
MMR 7A..

Assalamualaikum..maaf berantakan,maklum via mobile phone_ini fst saya..bismillah..
RS adalah sebuah organisasi yang sangat kompleks. Manajemennya hampir sama dengan manajemen sebuah hotel. Yang membedakan hanya pengunjungnya. Pengunjung RS adalah orang yang sedang sakit dan keluarganya.Mereka pada umumnya mempunyai beban sosial-psikologi akibat penyakit yang diderita oleh salah seorang dari anggota keluarganya. Rumah sakit perlu menerapkan sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Untuk itu rumah sakit di Indonesia harus menciptakan kinerja yang unggul. Kinerja yang unggul atau Performance Excellence merupakan salah satu faktor utama yang harus diupayakan oleh setiap organisasi untuk memenangkan persaingan global, begitu juga oleh perusahaan penyedia jasa pelayanan kesehatan. Oleh karena itu menurut saya ada beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan kinerja yang unggul sehingga diharapkan tercipta peningkatan pelayanan dirumah sakit,yaitu:
1. Pintu gerbang masuknya pasien keRumah sakit seperti : satpam, tukang parkir yang mengatur parkiran diRumah sakit, harus dibekali dengan keramah-tamahan dimulai dengan senyum, dan menyapa selamat pagi, sore atau malam. Sehingga ketika masyarakat mulai menginjakkan kaki diRumah sakit, maka masyarakat merasakan sebuah sikap welcome bagi mereka yang sakit ataupun bagi keluarga dan masyarakat yang datang keRumah sakit.
2. Perawat dan tim assisten perawat yang membantu pasien jika pasien sudah memasuki pintu masuk UGD ( Unit gawat darurat ataupun ataupun memasuki ruang poliklinik ), dimana Unit gawat darurat khususnya harus disertai kemahiran dan skill dalam membantu ataupun menolong pasien yang sakit baik dalam kondisi  gawat ataupun darurat.
3. Tim medis yang melayani seperti dokter yang bertugas harus disertai kemahiran dan kemampuan yang baik, diperlukan kecekatan dan keterampilan yang baik didalam menghadapi semua kondisi yang ada, terlebih lagi diperlukan komunikasi yang baik terhadap pasien dan keluarga, karena komunikasi yang baik dapat membuat pasien atau keluarga merasa nyaman, dan akan memupuk kepercayaan pasien terhadap dokter, sehingga komunikasi berjalan baik dan pasien ataupun keluarga pasien merasa nyaman dengan dokter yang memeriksa dan leluasa mendapatkan informasi dan kejelasan baik didalam memberikan therapi atau pengobatan juga edukasi terhadap pasien dan keluarga, sehingga terbentuk sebuah hubungan yang harmonis antara dokter dan pasien serta keluarga pasien.
4. Tersedianya pelayanan fasilitas yang baik, dan penunjang medis yang baik dan tepat serta akurat. Penunjang medis terdiri dari FO atau front office atau yang lebih dikenal reseptionist termasuk pendaftaran, Radilogi, Laboratorium, Rekam medis ( didalam penyimpanan status dan kerahasian ) juga Apotik ( obat yang terjangkau dan juga tersedia obat dengan lengkap dan tepat.
5. Yang tidak kalah pentingnya adalah kebersihan pelayanan yang menyangkut, toilet ( WC ), kenyamanan dan kebersihan ruang tunggu. Sehingga para pasien merasa nyaman dan tenang saat menunggu di ruang tunggunya.
Saya rasa inilah beberapa hal yang saya pelajari dan perhatikan dari kunjungan ke hotel beberapa waktu yang lalu..wassalamualaikum
Picture of Fatimah Fayantini
Re: tugas paper FST hotel oleh Fatimah Fayantini
by Fatimah Fayantini - Thursday, 1 March 2012, 04:17 PM
 
FATIMAH FAYANTINI MMR ANGKATAN 7A
Picture of Zulpahiyana Zulpahiyana
Re: tugas paper FST hotel
by Zulpahiyana Zulpahiyana - Thursday, 1 March 2012, 05:59 PM
 
Tugas FST
Picture of Lina Nurdalina
Re: tugas paper FST hotel
by Lina Nurdalina - Thursday, 1 March 2012, 06:42 PM
 
TUGAS FST
Picture of m  zakky
Re: tugas paper FST hotel zakky
by m zakky - Thursday, 1 March 2012, 08:25 PM
 
fst hotel M. Zakky Febrian MMR angk. 7A