Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of ade ade mega jayanti
TUGAS SIM & SIRS
by ade ade mega jayanti - Sunday, 19 February 2012, 02:19 PM
 
SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT (SIRS)

Sistem Informasi Rumah Sakit adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi dan disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen rumah sakit, mulai dari pelayanan terhadap, apotik, penagihan, medical record, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen.

Sistem ini dikembangkan untuk dioperasikan pada perangkat komputer menggunakan jaringan komputer ( LAN) sehingga antara modul satu dengan lainnya dapat saling berkomunikasi.

Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit merupakan applikasi yang dibuat untuk kebutuhan managemen Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah didukung dengan fitur dan modul yang lengkap untuk operasional Rumah Sakit sehingga nantinya rumah sakit dapat membantu operasional sakit dan dapat meningkatkan pelayanan rumah sakit. Adapun ruang lingkup sistem informasi rumah sakit adalah :
1. Register pasien.
2. Rawat jalan/poloklinik
3. Rawat inap
4. Penunjang medis/laboraturium
5. Penagihan dan pembayaran, dll.

Adapun harapan pasien yang bisa timbul dari adanya sistem informasi rumah sakit adalah pasien bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan nyaman. Sehingga dengan baiknya sistem informasi rumah sakit dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke rumah sakit karena bagusnya komunikasi yang terjalin antara pasien dan pelayanan kesehatan. Sedangkan dari sudut pengguna sistem yaitu rumah sakit, dengan adanya sistem rumah sakit mereka mengharapkan sebuah sistem yang handal dan dapat menghendel semua transaksi yang ada sehingga nantinya diharapkan tidak ada alasan keterlambatan dalam hal laporan dari tiap sub-pelayanan.

Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Ideal
SIRS yang andal, Antisipasi berlakunya UU tentang Jaminan Sosial Nasional Khususnya untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat , maka beberapa sentral pelayanan kesehatan / pelayanan rujukan ,sejak awal membenahi diri termasuk system informasi umumnya dan SIMRS khususnya, secara komputerisasi .
Suatu SIRS (Sistem Informasi Rumah Sakit) yang andal seharusnya:
• Mendukung semua bisnis proses dari rumah sakit tersebut .
• Pasien mudah mendapatkan informasi , baik diloket pelayanan, media jaringan computer atau di internet.
• Mudah diaplikasikan, Single Data Entry, Aman dan akurat dalam penyimpanan .
• Efisien dalam hal tenaga, biaya dan waktu , bila perlu paper less
• Efektif mencegah terjadinya potensi permasalahan : Lonjakan antrian pasien, Pengaturan ruang perawatan, Moral Hazard Pelangan eksternal maupun internal .
• Dinamis dan fleksibel, dapat mengantisipasi perubahan.
• Erly Worning System untuk berbagai indikator-indikator.
• Dalam penerapannya menggunakan methode Bridging System

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem

Sistem adalah suatu kesatuan metoda, prosedur atau teknik yang digabung dan diatur sedemikian rupa sehingga menjadi suatu kesatuan yang berfungsi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Pengertian lain mengenai sistem adalah himpunan elemen - elemen yang saling berkaitan dan membentuk suatu aktifitas untuk menghasilkan tujuan tertentu, sehingga dalam sebuah sistem terdiri dari sub sistem - sub sistem dan mengandung substansi tertentu.

Pengertian Informasi

Informasi didefinisikan sebagai data yang telah diatur, disusun dan diolah sehingga mempunyai arti dan nilai. Nilainya berhubungan erat dengan faktor ketelitian dan waktu (informasi yang tepat dan uptodate).

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan dalam organisasi.

Aktifitas pada sistem informasi:
1. Input adalah sekumpulan data mentah dalam organisasi maupun luar organisasi untuk diproses dalam suatu sistem informasi.
2. Proses adalah konversi / pemindahan manipulasi dan analisis input data mentah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi manusia.
3. Output adalah distribusi informasi yang sudah diproses ke anggota organisasi yang menggunakan output tersebut.
4. Informasi membutuhkan umpan balik (feedback) yakni output yang dikembalikan ke anggota organisasi yang berkepentingan untuk membantu mengevaluasi atau memperbaiki output.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen adalah suatu kesatuan yang paling terkait dari sistem informasi yang merupakan segala fasilitas yang ada untuk menyusun informasi yang relevan bagi para pemimpin dari segala eselon dan jabatan, untuk memungkinkan mereka membuat keputusan - keputusan yang efektif dan tepat pada waktunya, dalam menjalankan fungsi-fungsi yang menjadi tanggung jawab mereka.

Dari sumber lain menyebutkan sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang berbeda dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi manajemen dalam berbagai level suatu organisasi / perusahaan.

Sistem informasi manajemen juga diartikan sebuah informasi yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi yang mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi menggunakan perangkat keras ( Hardware ) dan perangkat lunak komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan dan database.