Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Indra Tanaya
Tugas E-Hospital I
by Indra Tanaya - Friday, 17 February 2012, 10:15 AM
 
e-hos
Picture of siti janah
Re: Tugas E-Hospital I
by siti janah - Thursday, 1 March 2012, 07:28 AM
 
Pengertian Sistim Informasi adalah :
Cara berinteraksi dengan menggunakan tehnologi informasiuntuk mendukung proses berjalannya menejemenatau beroperasinya perusahaan di dalam bisnis.

Definisi Sistim Informasi Rumah Sakit adalah :
Cara beroperasinya menejemen dengan mempergunakan tehnologi informasi untuk mendukung kelancaran operasionel Rumah Sakit baik secara struktural maupun fungsionaldi dalam organisasi Rumah Sakit,terutama yang berkaitan dengan Sistem Reporting dan Recording baik yang berkaitan dengan pelayanan maupun keuangan.
Picture of aisyah lahdji
Re: Tugas E-Hospital I
by aisyah lahdji - Monday, 19 March 2012, 12:33 PM
 
Sistem informasi menurut Robert A. Leitch
Adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi bersifat manajerial dan kegiatan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

SI RS
Adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyajian informasi, analisa dan penyimpulan informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan RS
Picture of achirudin timora
Re: Tugas E-Hospital I
by achirudin timora - Wednesday, 28 March 2012, 01:01 PM
 
Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi, berbasis teknologi,dan berhubungan langsung dengan aktifitas manusia yang masuk dalam sistem tersebut. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan yang dilakukan berdasarkan data-data dalam informasi tersebut.

Sistem Informasi Rumah Sakit adalah Sistem informasi yang mempunyai latar belakang seluruh kegiatan di rumah sakit dan mencakup informasi internal maupun eksternal rumah sakit yang berkaitan dengan proses-proses kegiatan dalam rumah sakit.
Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengolahan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit. SIMRS ini meliputi input, proses, output, balikan dan kontrol. Dalam analisisnya SIMRS tidak terlepas dari kebutuhan komputerisasi yang
meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
Picture of agus tri widiyantara
Re: Tugas E-Hospital I
by agus tri widiyantara - Saturday, 31 March 2012, 09:56 AM
 

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.(Ferdinand Magaline)

Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.( John F. Nash)

Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data rumah sakit.(Permenkes no 1171/MENKES/PeR/VI/2011)

semangad menempuh MMR
Re: Tugas E-Hospital I
by Wiwit Ciptaningsih Haryanto - Monday, 9 April 2012, 07:46 PM
 
1. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI :
Sistem informasi dalam suatu pemahaman yang sederhana dapat didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.

2. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) :
Sistem informasi managemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan pengolahan transaksi yang sangat berguna untuk kepentingan organisasi, juga banyak memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi manajemen secara umum dapat dikatakan sebagai sebuah system manusia dan mesin yang terintegrasi dalam menyediakan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan penentuan alternative tindakan dalam sebuah organisasi tersebut. Dalam operasinya system informasi manajemen menggunakan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), prosedur, model manajemen, dan keputusan serta sebuah terminal data.

3. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS)
Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) merupakan himpunan atau kegiatan dan prosedur yang terorganisisasikan dan saling berkaitan serta saling ketergantungan dan dirancang sesuai dengan rencana dalam usaha menyajikan info yang akurat dan tepat waktu di rumah sakit. Selain itu, sistem ini berguna untuk menunjang proses fungsi – fungsi manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

4. PENGERTIAN ICT :
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
contoh kasus pelanggaran ICT :
Agustus 2008 Prita Mulyasari menulis E-mail dan Surat pembaca yang mengeluhkan layanan sebuah rumah sakit swasta di Tanggerang. Dengan UU informasi dan transaksi Elektronik, pihak rumah sakit menggugat pidana dan perdata sehingga prita dipenjara tiga minggu dan membayar denda 204 juta rupiah.
contoh kasus prita mengenai pelanggaran Undang-Undang Nomor 11 pasal 27 ayat 3 tahun 2008 tentang UU ITE. Dalam pasal tersebut tertuliskan bahwa : Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan /atau mentransmisikan dan /atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan /atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/ atau pencemaran nama baik.
Picture of arif budi wibowo
Re: Tugas E-Hospital I
by arif budi wibowo - Tuesday, 10 April 2012, 12:43 AM
 

Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.

SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah

Sistim Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah sistem yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi layanan kesehatan. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) komputer, sumber daya manusia (brainware), prosedur pedoman, model manajemen, model keputusan, dan database.

Information and Communication Technologies (ICT) adalah sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan informasi data menjadi sebuah informasi

Picture of sujatmiko sujatmiko
Re: Tugas E-Hospital I
by sujatmiko sujatmiko - Wednesday, 11 April 2012, 11:35 AM
 

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT

A. Sistem informasi Manajemen mempunyai pengertian sebagai suatu metode formal untuk menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu bagi manajemen, yang diperlukan untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan memungkinkan fungsi-fungsi perencanaan, pengendalian dan operasional organisasi yang bersangkutan dapat dilakukan secara efektif

B. Sistem informasi Manajemen adalah perangkat prosedur yang terorganisasi apabila dijalankan akan memberikan umpan balik dan informasi kepada manajemen tentang masukan, proses, dan keluaran dari suatu siklus manajemen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian.

C. Sistem informasi Manajemen merupakan sebuah sistem mesin pemakai yang terintegrasi yang menyediakan informasi untuk menunjang operasi manajemen dan fungsi-fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi. Sistem tersebut memanfaatkan perangkat keras dan lunak komputer, dan prosedur-prosedur manual;model-model untuk analisis, perencanaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan; dan suatu “database”

D. Sistem Informasi Manajemen adalah sistem komunikasi khusus yang dirancang di mana data dikumpulkan, disimpan, dianalisis, dirumuskan, dan dilaporkan kepada manajer

Picture of musa musa ghufron
Re: Tugas E-Hospital I
by musa musa ghufron - Wednesday, 11 April 2012, 02:38 PM
 

Definisi sistem informasi adalah kumpulan informasi didalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi.Di dalam suatu organisasi, informasi merupakan sesuatu yang penting didalam mendukung proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.Menurut Raymond Mcleod, :
“ Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang ”Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Di dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian yang sering terjadi adalah transaksi perubahan dari suatu nilai yang disebut transaksi. Kesatuan nyata adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu metode untuk menghasilkan informasi. Data dapat berbentuk simbol-simbol semacam huruf, angka, bentuk suara, sinyak, gambar, dsb.

Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

djalu
Re: Tugas E-Hospital I
by djalu naskutub - Thursday, 12 April 2012, 11:50 PM
 
Tugas E-Hospital

Sistem informasi manajemen adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis
yang meliputi pemanfaatan manusia,dokumen,tehnologi dan prosedur
oleh akutansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya
produk,layanan atau suatu strategi bisnis.
Sistem informasi rumah sakit
adalah suatu tatanan yang beurusan dengan pengumpulan data,pengelolaan
data,penyajian informasi,analisis dan penyimpulan informasi serta
penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit.
Sebuah sistem informasi rumah sakit idealnya mencakup integrasi fungsi
fungsi klinikal(MEDIS) keuangan,serta manajemen yang nantinya merupa
kan sub sistem dari sebuah sistem informasi rumah sakit.
Subsistem ini merupakan unsur dari sistem informasi rumah sakit yang
tugasnya menyiapkan informasi berdasarkan fungsi fungsi yang ada untuk
menyederhanakan pelayanan pada suatu rumah sakit.

Picture of andhika setiawan
Re: Tugas E-Hospital I
by andhika setiawan - Friday, 13 April 2012, 01:08 AM
 
Definisi sistem informasi manajemen adalah : sebuah sistem informasi pada level manajemen yang berfungsi untuk membantu perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan dengan menyediakan resume rutin dan laporan-laporan tertentu (Hanif Al Fatta, Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern, Yogyakarta Andi Offset, 2007.)

Pelanggaran etika yang terkait sistem informasi rumah sakit salah satunya adalah menunjuk orang lain yang tidak melakukan suatu tindakan atau melakukan enty data dengan tidak didampingi loleh yang bertanggung jawab untuk melakukan enty data sistem informasi rumah sakit.
salah satu akibatnya adalah melakukan enty data yang tidak sesuai , beresiko jugag untuk melakukan manipulasi data yang sebenarny

tugas melakukankonsultasi sistem informasi rumah sakit dengan praktisi luar negri.( copy email)

Hi Andhika --

Our software does not include modules to communicate systematically between patient and their family.
I am not sure what you are looking for. Do your patients have email?

Our software is used for medical billing, managing appointments and entering notes. It is designed to
use US standards for paper and electronic claims and payments. I am not sure how applicable that is
in Indonesia.

If I can be of further assistance, please email me at alexxmed01@gmail.com or call me at 561-998-8525
or 561-998-8526 Monday - Friday from 9:00am to 5:00pm EST.

Thank you for your interest.

Sincerely,

Alex Chigos
President
X-Med Medical Information Systems, Inc.

info@dwgandassociates.com wrote:
> The following person has requested contact regarding X-Med.
>
> From: andhika setiawan
> Business: hospitals
> Email: sylvester_as@yahoo.com
> Phone: +628112545454
> Questions: hi... i'd like to consultation about home care service support sytem, iam in indonesia one of development country we in progress to develop our home care serviceses, and we find a problem, about how to communicate systematicly betwen patient and their family with our medical practitioner,sometimes we bring in them excessive or less then patient need could you advice about that?,there are any support system to solve the problem? thankyou.
>
> This email brought to you by DWG & Associates, LLC
>
>
>




Picture of andika purwita aji
Re: Tugas E-Hospital I
by andika purwita aji - Friday, 20 April 2012, 11:13 AM
 
INFORMATION SYSTEM is an integrated set of component for collecting, storing and procesing data and for delivering information, knowledge and digital product.

THE HOSPITAL INFORMATION SYSTEM (HIS) is a province-wide initiative designed to improve access to patient information through a central electronic information system, an electronic patient record (EPR). HIS’s goal is to streamline patient information flow and its accessibility for doctors and other health care providers. These changes in service will improve patient care quality and patient safety over time.