Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of riska yulinta viandini
SIM & SIRS
by riska yulinta viandini - Tuesday, 14 February 2012, 02:56 PM
 
Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Sistem informasi manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Parapemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya.

Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.

SIM sebagai suatu badan memiliki bagian-bagian yang melaksanakan tugas-tugas tertentu. Bagian-bagian itu ialah:

(1) pengumpulan data,
(2) penyimpan data,
(3) pemroses data,
(4) pemrogram data

Masing-masing bagian tersebut dibutuhkan petugas yang ahli dalam bidangnya. Di negara-negara yang kaya, SIM sudah menggunakan alat yang canggih, yaitu komputer sehingga dapat memberikan informasi yang lengkap dan benar.

Di negara-negara berkembang seperti halnya Indonesia, pemakaian komputer ini sedang dirintis. Meski demikian, data dapat saja diproses dengan pikiran dan keterampilan petugas dengan memakai model berpikir deduktif dan induktif. Berpikir deduktif bersumberkan dari kebutuhan manajer sedangkan berpikir induktif terjadi ketika menyusun informasi dari fakta-fakta yang menyangkut kebutuhan manajer.


Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS)

Sistem informasi rumah sakit merupakan sebuah sarana sebagai penunjang pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Sistem informasi kesehatan yang efektif memberikan dukungan informasi bagi proses pengambilan keputusan di semua jenjang, bahkan di puskesmas atau rumah sakit kecil sekalipun. Bukan hanya data, namun juga informasi yang lengkap, tepat, akurat, dan cepat yang dapat disajikan dengan adanya sistem informasi kesehatan yang tertata dan terlaksana dengan baik.

Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit merupakan applikasi yang dibuat untuk kebutuhan managemen Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah didukung dengan fitur dan modul yang lengkap untuk operasional Rumah Sakit sehingga nantinya rumah sakit dapat membantu operasional sakit dan dapat meningkatkan pelayanan rumah sakit. Adapun ruang lingkup sistem informasi rumah sakit adalah :

1. Register pasien.

2. Rawat jalan/poloklinik

3. Rawat inap

4. Penunjang medis/laboraturium

5. Penagihan dan pembayaran, dll.

Adapun harapan pasien yang bisa timbul dari adanya sistem informasi rumah sakit adalah pasien bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan nyaman. Sehingga dengan baiknya sistem informasi rumah sakit dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke rumah sakit karena bagusnya komunikasi yang terjalin antara pasien dan pelayanan kesehatan. Sedangkan dari sudut pengguna sistem yaitu rumah sakit, dengan adanya sistem rumah sakit mereka mengharapkan sebuah sistem yang handal dan dapat menghendel semua transaksi yang ada sehingga nantinya diharapkan tidak ada alas an keterlambatan dalam hal laporan dari tiap sub-pelayanan.