Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of laksito rini
Re: kasus manajemen konflik RS-eutanasia
by laksito rini - Saturday, 18 February 2012, 11:58 AM
 
Jawaban dari Wiwik Dewi menggunakan account Laksito Rini karena kesalahan administrator shg account sy tidak bisa digunakan untuk upload.

1. Menurut pendapat saya Tenaga Medis B yang benar, karena tenaga medis di Indonesia tidak boleh/ dilarang melakukan euthanasia.
Kode etik kedokteran Indonesia menetapkan bahwa kita harus menghormati hak hidup setiap manusia mulai saat pembuahan. Norma agama kita juga mengajarkan untuk menghormati kehidupan setiap manusia dan dilarang untuk mengakhiri hidup seseorang.
2. Konflik Internal dengan staf dapat diatasi dengan mengadakan komunikasi dua arah dan mengintegrasikan tanggungjawab masing-masing petugas.
aturan-aturan harus jelas, dituangkan sebagai SOP ataupun kebijakan tentang berbagai hal berkenaan dengan euthanasia.
Konflik Eksternal RS dengan pasien/ keluarga pasien, bisa diselesaikan dengan menganalisa permasalahan yang terjadi. Dilakukan pendekatan/ rundingan masalah untuk mencapai kesepakatan bersama. Keluarga diberi penjelasan tentang euthanasia termasuk aturan-aturan yang ada di negara kita.
3. Konflik adalah segala macam interaksi, pertentangan atau antagonis antara dua pihak atau lebih. Dalam kasus diatas kehendak keluarga untuk euthanasia, sementara RS dan aturan negara kita melarang euthanasia.