Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Goziyan Ns
Tanggapan FST RS Sardjito DIY
by Goziyan Ns - Wednesday, 23 November 2011, 09:07 AM
 
SADIKUL IMAN
20101030051
Rumah Sakit Umum Pusat ( RSUP ) Dr.Sardjito merupakan rumah sakit pemerintahan Type A yang dikelola oleh Departemen Kesehatan.Pengolahan pada Instalasi Pengolahan Air Limbah RSUP Dr. Sardjito sudah baik. Pengelolaan yang diterapkan RS Sardjito adalah secara biologis yaitu pengolahan air limbah untuk mengurangi zat-zat organik yang terdapat dalam air lmbah itu sendiri. Pengolahan semacam ini dikenal dengan nama proses lumpur aktif (sludge activated). Pada proses penggunaan lumpur aktif, air limbah ditampung terlebih dahulu dalam bak aerasi dengan tujuan untuk memperbanyak jumlah bakteri secara cepat agar proses biologis dalam mengurangi zat-zat organik yang terdapat dalam air limbah berjalan lebih cepat
Lumpur aktif yang dikenal sebagai MLSS (mixed liquor suspended solid) yang digunakan pada proses biologi ini berasal dari lumpur bak pengendap yang dimasukkan ke dalam tangki aerasi bersama-sama dengan penambahan oksigen. Sisa lumpur yang mengendap dalam bak pengendap selanjutnya dipompakan ke bak pengering lumpur (sludge drying bed). Produksi limbah cair yang dihasilkan pada IPAL RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sebesar 828.057 m3 perhari. Dari produksi limbah cair tersebut yang diolah dengan metode lumpur aktif menghasilkan lumpur sebanyak 0.31466 m3 / hari. Dari produksi lumpur perhari yang begitu besar apabila tidak dimanfaatkan hanya akan tertumpuk pada bak penegering lumpur.Pendirian rumah sakit-rumah sakit dan pelayanan kesehatan harus "berkewajiban dan peduli" terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat, dan memiliki tanggung jawab khusus sehubungan dengan limbah medis yang dihasilkannya. Kelalaian, dalam manajemen pengelolaan limbah medis, menyebabkan dampak pencemaran terhadap lingkungan, gangguan kesehatan manusia, dan menghabiskan sumber dana.
Picture of Dr. Elsye Maria Rosa, M.Kep.
Re: Tanggapan FST RS Sardjito DIY
by Dr. Elsye Maria Rosa, M.Kep. - Wednesday, 23 November 2011, 02:48 PM
 
Apakah pengelolaan limbah yang ada di RS Sarjito tersebut, telah sesuai dengan standar yang ada, bila belum sesuai fator apa yang mempengaruhi kondisi tersebut?