Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Khasib Mabrur Ridho
Tanggapan FST RS SARDJITO DIY
by Khasib Mabrur Ridho - Tuesday, 22 November 2011, 11:46 PM
 
Berbicara mengenai limbah rumah sakit memang selalu dikaitkan dengan pencemaran lingkungan, hal ini seperti fenomena "dua mata pisau" disisi lain kegiatan produksi diperlukan untuk kelangsungan suatu rumah sakit, namun disisi lainya kegiatan produksi menghasilkan limbah seperti halnya Kegiatan rumah sakit Dr. Sardjito Yogyakarta menghasilkan berbagai macam limbah yang berupa benda cair, padat dan gas. Pengelolaan limbah rumah sakit Dr. Sardjito adalah bagian dari kegiatan penyehatan lingkungan di rumah sakit yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dari bahaya pencemaran lingkungan yang bersumber dari limbah rumah sakit. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di RS Dr. Sardjito menurut saya sudah baik, namun ada beberapa hal pertanyaan yang perlu di pertimbangkan diantaranya:
1. Potensi Pencemaran Limbah Rumah Sakit Dr. Sardjito terhadap sungai ( Kali Code ) dan masyarakat sekitar terutama area belakang IPAL, sebaik apapun pengolahan limbah tentunya akan ada dampak buruknya, seperti kerusakan ekosistem di daerah sungai/kali code.
2. Bagaimana dengan limbah-limbah dari pasien yang memiliki resiko penyakit menular terhadap petugas-petugas IPAL, karena ada kemungkinan petugas IPAL memiliki resiko dapat terjangkit penyakit. dan ketika FST kemarin ada petugas yang berada di daerah penampungan air limbah yang menurut saya tidak memakai alat pelindung diri, seperti masker, handscoon, dll.
3. Bagaimana pemanfaatan endapan limbah cair yang ada di penampungan yang lama kelamaan endapan tersebut menjadi lumpur, yang mengandung bahan berbahaya. dan jika endapan lumpur dibuang ke kali code, akan mencemari lingkungan di kali code.
4. perlunya penelitian mengenai dampak pembuangan limbah RS Dr. Sardjito terhadap sungai kali code, khususnya mengenai pencemaran lingkungan air sungai kali code, kandungan-kandungan air kali code dll.