Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of achirudin timora
Bagaimana meningkatkan komunikasi kpd pasien?
by achirudin timora - Tuesday, 22 November 2011, 11:05 AM
 
Pasien dan keluarganya datang ke rumah sakit karena mereka sakit dan tidak tahu tentang penyakit dan bagaimana mengobatinya. informasi yang lengkap mengenai penyakit mereka khususnya dan mengenai hal-hal yang harus dilakukan di rumah sakit mutlak mereka perlukan. ketiadaan informasi yang seharusnya disampaikan menyebabkan mereka merasa "sama saja" dengan ketika tidak mengetahui apa-apa sebelum di bawa ke RS, apalagi kalau gejala penyakit pasien belum menghilang. mereka menjadi tidak puas, komplain dan bahkan menuntut. pemberian informasi dengan baik memang menjadi kewajiban kita. permasalahannya bagaimana menjadikan budaya menyampaikan informasi kepada pihak yang terkait ini sebagai budaya kerja, sehingga informasi kepada pasien/pengunjung adalah informasi yang memang diberikan oleh Rumah Sakit sebagai satu bag utuh bukan dari orang-per orang yang peduli tetapi bisa berbeda pendapat dan informasinya, padahal di lain pihak kesibukan telah membuat karyawan bungkam, penambahan karyawan dinilai tidak efisien, center/pusat informasi di RS juga dinilai belum cukup efektif. apakah ada cara yang lebih sistematis yang bisa dilakukan oleh pihak direksi untuk meningkatkan arus informasi dari RS kepada pasien?