Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
bismillah
tugas SIM dan SIRS..DINI ANGGRAENI PRATIWI (20101030035)
by Dini Anggraeni P - Sunday, 17 July 2011, 09:28 PM
 

Pengertian sistem informasi manajemen.

Sistem informasi manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi, dimana sub sistem tersebut mendukung tercapainya sasaran sistem informasi manajemen dan organisasi sebagian dari sub sistem berperan hanya dalam satu kegiatan atau lapisan manajemen, sementara bagian lainnya berperan ganda. Selain itu sistem infomasi manajemen mencakup sistem informasi formal dan informal baik yang manual maupun berkomputer. Komponen yang terpenting dalam Sistem Informasi Manajemen adalah manajer yang pikirannya akan memproses dan menyebarkan informasi secara berinteraksi dengan elemen-elemen lain dari Sistem Informasi Manajemen

Selain itu sistem informasi manajemen di koordinasikan secara terpusat untuk menjamamin bahwa data yang di proses dapat di operasikan secara terencana dan terkoordinasi. Semuanya untuk menjamin bahwa informasi melewati dan menuju sub-sistem yang diperlukan, serta menjamin bahwa sistem informasi bekerja secara efisien. Sistem informasi manajemen mentransformasikan data kedalam informasi. Apabila data diolah dan berguna bagi manajer untuk tujuan tertentu, maka ia akan menjadi informasi.

Semua sistem Informasi memiliki 3 (tiga) unsur atau kegiatan utama, yaitu :

1. Menerima data sebagai masukan ( input)

2. Memproses data dengan melakukan perhitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran perkiraan dan lain-lain.

3. Memperoleh informasi sebagai keluaran (output).

http://directory.umm.ac.id/SI-PT/akuntansi-mutia.pdf di akses pada tanggal 15 Juli 2011

Pengertian Sistem Informasi Rumah Sakit

Sistem informasi rumah sakit merupakan sebuah sarana sebagai penunjang pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Sistem informasi kesehatan yang efektif memberikan dukungan informasi bagi proses pengambilan keputusan di semua jenjang, bahkan di puskesmas atau rumah sakit kecil sekalipun. Bukan hanya data, namun juga informasi yang lengkap, tepat, akurat, dan cepat yang dapat disajikan dengan adanya sistem informasi kesehatan yang tertata dan terlaksana dengan baik.

Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit merupakan applikasi yang dibuat untuk kebutuhan managemen Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah didukung dengan fitur dan modul yang lengkap untuk operasional Rumah Sakit sehingga nantinya rumah sakit dapat membantu operasional sakit dan dapat meningkatkan pelayanan rumah sakit. Adapun ruang lingkup sistem informasi rumah sakit adalah :

1. Register pasien.

2. Rawat jalan/poloklinik

3. Rawat inap

4. Penunjang medis/laboraturium

5. Penagihan dan pembayaran, dll.

Adapun harapan pasien yang bisa timbul dari adanya sistem informasi rumah sakit adalah pasien bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan nyaman. Sehingga dengan baiknya sistem informasi rumah sakit dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke rumah sakit karena bagusnya komunikasi yang terjalin antara pasien dan pelayanan kesehatan. Sedangkan dari sudut pengguna sistem yaitu rumah sakit, dengan adanya sistem rumah sakit mereka mengharapkan sebuah sistem yang handal dan dapat menghendel semua transaksi yang ada sehingga nantinya diharapkan tidak ada alas an keterlambatan dalam hal laporan dari tiap sub-pelayanan.

http://livs.blog.unsoed.ac.id/files/2009/06/sistem-informasi-rumah-sakit1.pdf diakses pada tanggal 15 juli 2011

http://tantos.web.id/artikel/Sistem_Informasi_Rumah_Sakit_Ideal.pdf diakses pada tanggal 15 Juli 2011.