Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Galuh Pradhi Paramita
Tugas Aplikasi Pemasaran RS Anak Bunda 5B
by Galuh Pradhi Paramita - Thursday, 30 June 2011, 11:00 PM
 

PENERAPAN MARKETING MIX RS ANAK BUNDA

ISU UTAMA

Poliklinik Kebidanan dan Kandungan di RS Anak Bunda telah berusaha menerapkan seluruh unsur marketing mix secara optimal namun ternyata hasilnya tidak diiringi dengan peningkatan jumlah kunjungan yang memadai.

PROBLEM SOLFING

RS Anak bunda hendaknya melakukan evaluasi apakah strategi marketing mix yang direncanakan sudah diterapkan secara optimal. Analisis dilakukan menggunakan metode SWOT. Pihak marketing hendaknya meremajakan strategi pemasaran yang telah diterapkan tanpa mengesampingkan unsur biaya dan SDM yang sudah ada. Hendaknya segala sumber daya yang sudah ada dimanfaatkan secara efisien dan optimal tanpa mengesampingkan harapan pelanggan terhadap pelayanan. Kepuasan pelanggan juga merupakan salah satu media pemasaran gratis yang efisien. Stategi marketing mix yang bisa diterapkan adalah:

1. Product

RS Anak bunda membuat suatu produk unggulan, dengan beberapa produk penunjang yang berbeda dengan produk RS lain. Seperti:

a. Paket layanan pemeriksaan kehamilan sampai dengan melahirkan

b. Layanan USG dengan konsultasi

c. Layanan senam hamil, hipnobirthing, dan senam nifas

d. Paket imunisasi pada bayi yang dilahirkan di RS Anak bunda

e. Layanan antar jemput pasien gratis

2. Price

Harga merupakan suatu komponen penting dalam pemasaran. Ada beberapa selai pengaruh riil, juga terdapat efek psikologis yang dapat menarik konsumen untuk berkunjung di RS Anak Bunda. Strategi yang dilakukan antara lain:

a. penerapan prinsip ABC dalam penentuan tarif pelayanan.

b. Tarif pelayanan disesuaikan dengan fasilitas dan kemampuan pelanggan.

c. Pemberian paket discount pada pelanggan tetap / pelanggan dengan paket persalinan

d. Pemberian discount layanan imunisasi pada anak yang dilahirkan di RS

e. pemilihan obat yang lebih murah dengan mutu tinggi sehingga dapat menekan biaya.

4. People

Semua pihak yang terlibat dalam pelayanan, maupun manajerial haruslah orang-orang yang bekualitas, dan sesuai dengan keahliannya. Seluruh karyawan mulai dari keamanan, satpam, cleaning service, perawa, karyawan administrasi, paramedis, dokter , dokter spesialis, dan seluruh karyawan lain harus selalu menerapkan 4 S (Senyum, Salam, Sapa,Santun) dalam bekerja. Semua karyawan ditempatkan sesuai dengan keahlian masing-masing dan dituntut rapi dalam bekerja sehingga dapat memberikan kesan bersahabat dengan pelanggan.

5. Procces

Semua proses pelayanan diberikan dengan hati dan mutu terbaik. Pelayanan yang diberikan tidak berbelit-belit mulai dari pendaftaran sampai ke proses pembayaran. Layanan diberikan dengan orientasi konsumen. Memudahkan konsumen dalam memperoleh pelayanan. Selain kecepatan pelayanan, ketepatan diagnosis, tindakan, dan terapi seorang dokter harus diperhatikan. Hal ini dapat dilakukan dengan pembuatan standar pelayanan yang jelas di RS.

6. Promotion

Strategi promosi harus inofatif dan kreatif. Strategi promosi yang dapat dilakukan antara lain:

a. mengadakan seminar umum mengenai kesehatan ibu hamil, melahirkan dan menyusui

b. Pembuatan dan pembagian leaflet mengenai layanan RS Anak bunda dengan berbagai produk unggulannya

c. Membuat jejaring rujukan dengan dokter dan bidan praktek swasta

d. Membuat acara talkshow baik di radio maupun televisi lokal

e. Memaksimalkan layanan guna meningkatkan kepuasan pelanggan sebagai media promosi gratis dalam memperoleh pasien.

7. provision of customer service

Pengenbangan strategi Provision of customer service dapat dilakukan dengan memberiikan pelayanan berorientasikan konsumen dan observasi pesaing.

KESIMPULAN

penerapan marketing mix harus berjalan berkesinambungan, sehingga dapat tercipta kepuasan pelanggan. Dengan meningkatnya kepuasan pelanggan maka jumlah kunjungan pun akan meningkat dengan sendirinya.

Galuh Pradhi Paramita

20101030011