Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Ratna Irma Hidayati
Tugas Aplikasi Pemasaran RS "Anak Bunda"
by Ratna Irma Hidayati - Thursday, 30 June 2011, 05:19 PM
 
Tugas Aplikasi Pemasaran Rumah Sakit ANAK BUNDA
oleh dr. Ratna Irma Hidayati
NIM :20101030017

Identifikasi masalah:
Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Anak Bunda telah berusaha menerapkan seluruh unsur marketing mix, namun kenyataan hasilnya tidak diiringi dengan peningkatan jumlah pasien.

Dalam upaya mengatasi permasalahan ini sebagai manajer RS harus segera melakukan audit atau evaluasi untuk dapat mengetahui kendala dan hambatan yang ada baik berupa faktor internal maupun faktor eksternal RS, analisa SWOT, yang selanjutnya dapat diambil langkah-langkah penyelesaian yang sesuai. Pada permasalahan ini penerapan marketing mix (bauran pemasaran) perlu lebih dioptimalkan lagi. Penggunaan marketing mix bertujuan untuk memaksimalkan pangsa pasar dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan pasien dan menghadapi persaingan dengan RS lain.

1. PRODUCT
Dengan mengadakan pengembangan produk/jasa kesehatan, melakukan differensiasi dan variasi pelayanan RS, juga variasi pelayanan pendukung dan komplementer. Perlu adanya produk/ layanan unggulan yang membedakan RSAB berbeda dengan RS yang lain.
- Paket persalinan tanpa rasa sakit ( hipnobirthing)
- Paket persalinan tanpa rasa sakit dg anestesi metode ILA
- Poliklinik KB (Keluarga Berencana ) yang handal baik petugas/ metode
- Paket persalinan dengan IMD (inisiasi menyusu dini)
- Program RS sebagai RS sayang Ibu dan Anak (mis: asi eksklusif/laktasi)

2. PRICE
Adanya potongan keringanan yang diberikan oleh RS kepada pasien yang berobat, biaya tindakan operasi dan harga obat yang wajar dan terjangkau.
- Paket persalinan normal dg harga tidak berbeda jauh dg. di bidan
- Paket persalinan SC one day care
- Potongan harga kamar bagi pasien bersalin yg ANC di RS >8x
- Penetapan tarif yang sedikit lebih murah dibanding RS lain
- Penetapan formularium obat untuk mendapatkan obat dg harga wajar

3. PROMOTION
RS dapat melakukan kegiatan promosi melalui radio, TV, dan media massa lain,getoktular/word of mouth, menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan adanya petunjuk yang jelas dari RS untuk strategi pemasaran.
- promosi melalui media massa lebih intens sehingga RS menjadi terkenal
- pengadaan kegiatan pengobatan dan penyuluhan gratis
- pembuatan brosur/liflet jenis layanan kesehatan yang menarik
- pemasangan liflet /spanduk pada tempat yang strategis
- melakukan pendekatan dengan tokoh-tokoh agama dan masyarakat
- pengadaan seminar bagi ibu hamil untuk persiapan persalinan

4. PLACE
- peningkatan kebersihan , kenyamanan ruang public
- tempat parkir yang aman , luas dan nyaman
- adanya kelengkapan pelayanan
- letak RS yang mudah dijangkau

5. PEOPLE
- Adanya komitmen dari direktur sendiri dan seluruh karyawan RS untuk meningkatkan kualitas mutu layanan
- Adanya peningkatan skill dan pengetahuan karyawan dg pendidikan dan pelatihan
- Adanya kompensasi yang sesuai bagi karyawan (bonus, insentif, dana pensiun, dana kesehatan, kesejahteraan)

6 PROCESS
- adanya SOP yang jelas untuk setiap tindakan di RS
- kesopanan dan keramahan dari setiap petugas
- Sistem administrasi dan pembayaran yang mudah dan cepat
- ketepatan waktu tunggu ( waktu tunggu, waktu proses)

7. PHYSICAL FACILITY
- Kenyamanan ruang priksa dan terjaga privasi pasien
- tata letak fasilitas ( interior dan ekterior) yang sesuai
- adanya toilet, kantin
- penerangan yang cukup dan tersedianya air bersih yang cukup
- peralatan medis dan non medis yang aman dan tidak membahayakan