Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Susi Salmah
Tugas Aplikasi Pemasaran RS ( 5 B - Eksekutif )
by Susi Salmah - Thursday, 30 June 2011, 04:44 PM
 

TUGAS APLIKASI PEMASARAN RUMAH SAKIT

PENERAPAN MARKETING MIX

A. Masalah :

Poliklinik Obgin RS Anak Bunda telah berusaha menerapkan seluruh unsur marketing mix secara optimal, namun hasilnya tidak diiringi peningkatan jumlah kunjungan yang memadai.

B.  Penyelesaian :

Manajer RS harus mengevaluasi apakah memang semua perencanaan marketing sudah dijalankan, adakah kendala dari sisi SDM dan biaya yang menyebabkan tidak tercapainya target. Manajer harus segera membuat rencana marketing baru dengan tidak meninggalkan unsure SDM dan biaya, seperti :

1. PRODUCT

Bentuk pelayanan harus berbeda dengan RS lain agar pasien tertarik untuk berkunjung, seperti

· Pemeriksaan USG dengan konsultasi

· Konsultasi gizi ibu hamil

· Konsultasi program senam hamil , hypnobirthing dan senam nifas.

2. PRICE

Perlu dihitung ulang apakah tarif pemeriksaan terjangkau dan sudah sesuai dengan kualitas pelayanan yang diberikan , dengan mencoba terobosan baru :

·  Pelayanan pemeriksaan USG dan konsultasi gratis 1 kali untuk setiap 6 kali ANC

· Konsultasi gratis tentang gizi ibu hamil, program senam hamil, hypnobirthing dan senam nifas

· Memberikan potongan obat pada saat persalinan, jika melakukan ANC 8 kali

· Membuat tarif ‘paket hemat bidan’ saat persalinan dengan tarif yang lebih murah dibandingkan tarif bidan di Klas III

· Menentukan standar obat dan harga yang tidak mahal

3. PLACE

Tempat pelayanan harus mudah diakses dan membuat nyaman, seperti :

· Petunjuk kea rah poliklinik harus jelas

· Ruang tunggu nyaman, ada TV dan leaflet yang berisi informasi seputar kehamilan dan persalinan

· Ruang periksa longgar, bersih dan sejuk (ada AC), dan kedap suara

4. PROMOTION

Mengenalkan produk/jasa untuk membangun persepsi pelanggan mengenai produk/jasa yang ditawarkan, seperti:

· Membuat leaflet pelayanan ibu hamil dan bersalin

· Mengadakan seminar tentang senam hamil, hypnobirthing dan senam nifas

· Mengadakan pelatihan senam hamil,hypnobirthing dan senam nifas untuk bidan

· Mengadakan kegiatan ‘homecare’ untuk pasien pasca bersalin

· Membuat jaringan rujukan dengan bidan praktek swasta

5. PROCESS

Rangkaian pelayanan harus memberikan yang terbaik untuk pelanggan, seperti :

· Kecepatan meliputi waktu tunggu untuk mendaftar, diperiksa dokter, antre obat dan bayar di kasir tidak terlalu lama

· Ketepatan meliputi ketepatan diagnosa, tindakan dan terapi yang dilakukan oleh dokter

· Menyenangkan meliputi keramahan petugas yang melayani

6. PEOPLE

Semua orang yang terlibat dalam pemberian pelayanan, dari petugas parkir, satpam, administrasi, paramedis, dokter, petugas apotek dan kasir harus berkualitas,yaitu :

· Melakukan pekerjaan sesuai prosedur kerja yang telah ditetapkan

· Memiliki jiwa empati

· Menunjukkan sifat keramahan dan siap membantu

7. PHYSICAL EVIDENCE

· Ruang periksa longgar, sirkulasi udara cukup, pencahayaan terang, cat dinding berwarna menyejukkan, bersih

· Ruang tunggu nyaman, tidak bising, tidak tercemar polusi udara dan bau, dihiasi tanaman yang member kesan sejuk, ada kamar mandi umum

· Ada kantin dan mushola

C. Kesimpulan :

Marketing mix harus berjalan sinergi dan berkesinambungan, sehingga apa yang dirasakan pelanggan akan menyebabkan dia kembali menggunakan pelayanan RS. Disisi lain pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan RS akan merekomendasikan kepada orang lain untuk mennggunakan pelayanan RS, sehingga kunjungan akan meningkat sesuai target bahkan bisa lebih banyak.

 

SUSI SALMAH (MMR UMY 5B - NIM : 20101030020)