Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Tuti Wardani
Tugas aplikasi pemasaran RS"Anak Bunda"
by Tuti Wardani - Thursday, 30 June 2011, 10:41 AM
 

TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN   oleh  Tuti Wardani / NIM 20101030024  

SRATEGI PEMASARAN RS ANAK BUNDA YANG TELAH MENERAPKAN MARKETING MIX DENGAN OPTIMAL TAPI KUNJUNGAN TIDAK MENINGKAT.

Rumah sakit “anak bunda “ bisa jadi mengalami tahap kedewasaan atau decline rumah sakit.Segera lakukan evaluasi dengan analisa SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan,kelemahan, peluang serta ancaman rumah sakit sebagai bahan untuk membuat strategi pemasaran dengan marketing mix.

1.PRODUCT.

· Memberikan layanan produk yang berbeda dengan rumah sakit yang lain dan pengembangan produk misal paket persalinan, pijat bayi, poli tumbuh kembang , konsultasi psikologi anak , konsultasi pra nikah dll.

· Melakukan expected product dengan pelayanan yang ramah,simpatik, ketepatan waktu praktek dokter.

· Menambah peralatan penunjang diagnostic misal USG dll

2 PRICE.

· Tarif diusahakan lebih rendah dari rumah sakit yang lain dengan tetap menjaga mutu layanan.

· Memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang loyal .ANC awal sampai melahirkan di rumah sakit anak bunda.

3 PROMOTION.

· Periklanan melalui media komunikasi radio,televisi, dan media cetak, leaflet, sms gatway

· Membuat rambu-rambu Rumah sakit yang jelas terutama dijalan protokol.

· Seminar umum untuk ibu-ibu usia produktif dan remaja putri untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan pengenalan produk.

· Seminar untuk tenaga kesehatan dengan melibatkan bidan , perawat, dokter umum ,fisioterapis untuk refresing ilmu dan mengembangkan sistem rujukan.

· Memberi souvenir cantik misal mug, kalender, payung untuk menumbuhkan keterikatan batin dengan rumah sakit

4 PLACE

· Tempat srategis dan mudah dijangkau.

· Tempat parkir luas, aman dan nyaman.

· Kebersihan lingkungan rumah sakit dan penerapan green hospital.

· Rujukan rumah sakit, puskesmas, balai pengobatan

5 PEOPLE

· Peningkatan mutu layanan dengan ketrampilan dan peningkatan ilmu pengetahuan (up date ilmu terkini)

· Meningkatkan layanan dengan ramah, santun, responsif dan empati.

· Evaluasi Sistem kompensasi dan remunerasi yang memadai sehingga meningkatkan semangat kerja karyawan.

· Keluhan pelanggan ditanggapi dengan cepat oleh pihak rumah sakit/manajemen.

6.PROCESS

· Proses layanan menurut protap

· Waktu tunggu tidak lama.

· Proses administrasi simpel dan tidak berbelit-belit.

· Layanan jasa pemeriksaan yang ramah dan informatif.

7 PHISICAL FACILITY.

· Evaluasi kebersihan di tempat layanan dan lingkungan rumah sakit.

· Ciptakan suasana yang nyaman, sejuk, asri .

· Sediakan fasilitas penunjang misal arena bermain anak-anak, kantin, masjid/sarana ibadah, toilet , hot spot dll

· Evaluasi terhadap tingkat kebisingan dan penerangan.

· Menjaga keamanan alat-alat di ruang poliklinik.