Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Wegig Widjanarko
Tugas Aplikasi Pemasaran RS (5B Eksekutif)
by Wegig Widjanarko - Wednesday, 29 June 2011, 09:36 PM
 

Tugas Aplikasi Pemasaran Rumah Sakit



Dari paparan kasus dapat disimpulkan bahwa Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RS Anak Bunda mengalami stagnasi pertumbuhan/ perkembangan yang selanjutnya perlu dilakukan evaluasi.

Dalam Evaluasi diperlukan analisis SWOT untuk mengukur kekuatan dan kelemahan factor internal rumah sakit serta peluang dan ancaman dari factor eksternal. Setelah mengadakan analisis perlu dilakukan perencanaan pemasaran dan strategi perencanaan pemasaran yang baru (Redesain) untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dengan melaksanakan Marketting Mix (Bauran Pemasaran) :

1. Product

- Diperlukan variasi atau keanekaragaman bentuk pelayanan.

Contoh Paket Pemeriksaan dan Pelaksanaan Persalinan.

- Variasi Pelayanan Pendukung atau Komplementer.

Contoh Program Tabungan Persalinan.

- Diferensiasi Pelayanan Rumah Sakit.

Contoh Pelayanan Pemeriksaan dan Senam Hamil.

2. Price

- Perlu Inventarisasi pola tarif competitor

- Ada 2 strategi yang dapat di terapkan:

A. Paket Tarif Efisien/ murah

B. Tarif sama atau dibawah sedikit dari tariff RS Kompetitor

3. Promotion

- Pembaharuan Strategi Promosi:

A. Pembukaan Ulang diisi acara tatap muka langsung dengan market atau calon pelanggan

Contoh: a. seminar untuk kalangan awam

  b. seminar kalangan professional (dokter umum, bidan, perawat)

B.  Promosi melalui media berkelanjutan.

 Contoh: Rubrik kesehatan di Radio dan Surat Kabar.

C. Leflet yang diperbaharui

D. Gethok Tular (word of mouth)

4. Place

- Pelayanan poli kandungan dan kebidanan terpisah dari poli yang lain.

- Letak strategis dan mudah dijangkau.

5. Proses

- Harus dijaga ketepatan waktu pelayanan (Respon Time cepat)

- Kenyamanan dalam pelayanan (Emphati, Responsif, dan tanggung jawab)

- Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan.

- SOP yang standart.

6. People

- SDM merupakan factor yang penting dalam proses pelayan di RS, perlu penempatan SDM yang benar-benar mumpuni dari segi skill,behavior, maupun Human Relation.

- Adanya system Reward yang kompetitif.\

7. Physical Facility

- Poloklinik harus didesain (Eksterior dan Interior yang menarik sesuai dengan kebutuhan pasien)

- Fasilitas penunjang seperti apotik yang terjangkau dan cepat.

- Kenyamanan ruang dan keamanan lingkungan yang terjaga

Oleh: Wegig Widjanarko (20101030025)