Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
asd
Tugas Aplikasi Pemasaran
by Dewi Susilowati - Tuesday, 28 June 2011, 12:03 PM
 
<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1107304683 0 0 159 0;} @font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1073750139 0 0 159 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin-top:0in; margin-right:0in; margin-bottom:10.0pt; margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} .MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; margin-bottom:10.0pt; line-height:115%;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.0in 1.0in 1.0in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

Poliklinik kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Anak Bunda menggunakan marketing mix dalam menghadapi persaingan dan meningkatkan jumlah kunjungan pasien.

Yang termasuk dalam marketing mix tersebut adalah Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Facility, Process.

1.Produc

Poliklinik kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Anak Bunda harus memiliki produk yang berbeda dengan Rumah Sakit yang lain,untuk core product yaitu pelayanan poliklinik kebidanan dan kandungan,sedangkan expected product yaitu pelayanan poliklinik yang ramah,ruangan nyaman,ketepatan praktek dokter.

2.Price

Tarif di poliklinik kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Anak Bunda diusakan tidak lebih mahal dari kompetitor sehingga untuk meningkatkan kunjungan pasien menggunakan strategi penetration pricing yaitu suatu kebijakan dengan menetapkan tarif awal lebih rendah untukmendapatkan target pasar yang lebih besar.

3.Promotion

Dalam mencapai target pasar menggunakan promosi dengan cara :

-periklanan,melalui radio,televise,surat kabar tentang layanan yang ada

-getok tular (word of mouth)

-public relation

Adanya rambu rambu petunjuk Rumah Sakit yang jelas juga merupakan dalam rangka promosi.

4.Place

Prinsip-prinsip Place yang perlu diperhatikan adalah

-stategis,mudah dijangkau

- keamanan dan kenyamanan tempat parkir,kebersihan

-mengembangkan system rujukan

5.People

SDM merupakan asset bagi rumah sakit maka dalam recruitment dan seleksi harus benar-benar mencari SDM yang berkomitmen terhadap rumah sakit.Rumah Sakit juga harus selalu meningkatkan mutu layanan dengan mengirimkan SDM mengikuti pendidikan dan pelatihan.SDM yang sudah bekerja dirumah sakit berhak mendapatkan insentif,bonus yang proporsional,mendapatkan kesejahteraan baik berupa hari tua,dana kesehatan,maupun kesejahteraan lain.

6.Process

Dalam proses pelayanan Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Anak Bunda harus selalu meningkatkan mutu layanan dan berusaha memuaskan pelanggan dengan cara antara lain :

-ketepatan waktu pelayanan (waktu tunggu,waktu proses)

-kenyamanan dalam pelayanan ( empati,responsive,tanggungjawab)

-kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan

7.Physical Facility

Poliklinik kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Anak Bunda harus berusaha membuat suasana yang nyaman bagi pelanggan sehingga pelanggan tidak merasa bosan ketika harus menunggu,misalnya dengan

-tata letak fasilitas (interior dan eksterior) yang nyaman

-penerangan yang cukup

-ada toilet dan kantin

-ruang poliklinik dan ruang tunggu yang nyaman

-alat-alat dipoliklinik yang aman dan tidak berbahaya

-keamanan,kebersihan dan tidak bising ( amenity)