Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Arlina Dewi, dr. M.Kes.
Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Arlina Dewi, dr. M.Kes. - Tuesday, 24 May 2011, 07:54 AM
 

Menurut pengalaman Anda sebagai pasien atau keluarga pasien di Poliklinik Rawat Jalan RS (termasuk Poliklinik Spesialis), pengalaman apakah yang memuaskan Anda/keluarga Anda dan pengalaman yang tidak memuaskan Anda /Keluarga Anda?

Picture of Laras Alfienty
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Laras Alfienty - Tuesday, 24 May 2011, 11:56 AM
 
Pengalaman yang memuaskan:
1. Dokter/spesialis datang tepat waktu.
2. Dokter/spesialis dan perawat ramah dan informatif baik mengenai prosedur pemeriksaan maupun tentang penyakit dan pengobatannya.
3. Ruang praktek dan ruang tunggu yang relatif luas, bersih dan nyaman serta ada toiletnya.
4. Pelayanan yang cepat namun tepat dan tidak sembarangan.
5. Peralatan pemeriksaan dan fasilitas penunjang diagnosa seperti laboratorium dan radiologi yang memadahi.
6. Pelayanan kefarmasian yang cepat, tepat dan lengkap.
7. Akses yang mudah mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, pemeriksaan penunjang yang lain sampai ke kefarmasian.

Pengalaman yang tidak memuaskan:
1. Dokter/spesialis datang telat sehingga pasien sudah banyak yang menunggu.
2. Dokter/spesialis dan perawat terkesan tidak ramah dan terkesan kurang pedulikepada pasien, tidak informatif mengenai prosedur pemeriksaan maupun tentang penyakit dan pengobatannya sehingga pasien hanya sebagai objek oleh dokter.
3. Ruang tunggu yang sempit, kotor, berantakan dan tidak ada toiletnya sehingga membuat pasien atau keluarga harus berdiri, menahan hasrat BAK sehingga tidak nyaman.
4. Pelayanan yang lama dan bertele-tele.
5. Tidak adanya fasilitas pemeriksaan dan fasilitas penunjang diagnosa seperti laboratorium dan radiologi sehingga harus melakukan pemeriksaan
penunjang di luar dan kembali lagi ke RS
6. Pelayanan kefarmasian yang lama dan tidak lengkap.
7. Akses yang bertele-tele, panjang dan lama sehingga membuang-buang waktu pasien.
Picture of Bayu Kurniawan Fitra
Bayu Kurniawan Fitra 20101021009
by Bayu Kurniawan Fitra - Tuesday, 24 May 2011, 01:19 PM
 
memuaskan : 1. Proses pendaftaran cepat dan tepat 2. Pelayanan dokter, perawat, farmasi, laboratorium kasir = cepat, tepat, ramah tidak memuaskan 1. ruang tunggu berdesakan, panas, berisik ada pedagang asongan 2. toilet jauh, jorok dan hanya sedikit
Picture of Abdul Muin Sofyan
Abdul Muid Sofyan (20101021001)
by Abdul Muin Sofyan - Tuesday, 24 May 2011, 01:55 PM
 
Pengalaman yang pernah kami dapatkan pada saat di Poliklinik Rawat jalan yaitu:
1. Dokumen rekam medik yang terlambat datangnya di Poliklinik sehingga jadi
lama pelayanannya,
2. Nomor urut panggilan yang lebih dulu dipanggil nomor besar karena ada unsur
persekongkolan dengan petugas Poliklinik.
sedangkan pengalaman yang menyenangkan yaitu apabila datang ke Poliklinik langsung dilayani karena pasiennya sedikit dan petugasnya banyak dan ramah.
Picture of Ika Resti Afriani
IKA RESTI AFRIANI - 20101021027
by Ika Resti Afriani - Tuesday, 24 May 2011, 01:59 PM
 
Pengalaman yang memuaskan:
1. Alur dari pendaftaran, mengurus jaminan dan menunggu di ruang tunggu sampai bertemu dokter disampaikan jelas oleh bagian pendaftaran.
2. Perawat yang melayani ramah
3. Dokter datang tepat waktu saat jam pelayanan dimulai
4. Dokter menyapa, mempersilahkan duduk dan ramah dalam anamnesis
5. Dokter memeriksa pasien dengan sopan dan teliti, tidak buru-buru
6. Dokter menanyakan pemilihan obat (dalam hal harga)
7. Waktu tunggu sebelum diperiksa tidak lama
8. Dokter memberikan kesempatan pasien berkonsultasi
9. Waktu tunggu penebusan resep tidak lama
10. Loket pembayaran lebih dari 1 loket

Pengalaman tidak memuaskan:
1. Bingung alur harus kemana dulu
2. Perawat judes
3. Dokter datang setengah jam lebih dari jam pelayanan
4. Dokter terlalu cepat memeriksa dan tidak memberi kesempatan untuk bertanya dan berkonsultasi
5. Waktu tunggu lama
6. Bayar harus antri panjang dan lama
Picture of Pambudi mmr
Pambudi (2010.102.1.036) / Ralan
by Pambudi mmr - Tuesday, 24 May 2011, 02:27 PM
 

Pambudi

NIM ; 2010.102.1.036

Pengalaman yang memuaskan:
1. Alur pelayanan jelas
2. Pelayanan petugas ramah.
3. Pemeriksaan teliti

4. Waktu tunggu pasien cepat


Pengalaman yang tidak memuaskan:
1. Alur pelayanan tidak tertulis / tidak diinformasikan ke pasien, sehingga pasien bingung
2. Petugas galak, tidak ramah

3. Dokter terkesan tidak mendengarkan keluhan pasien

4. Dokter tidak menjelaskan secara rinci ke pasien, sehingga pasien tidak puas

5. Toilet kotor, kadang air di bak sedikit, air macet

6. Bagian informasi kurang dapat menjelaskan ke pasien/keluarga

7. Pelayanan bagian pendaftaran lama

8. Waktu tunggu pasien lama

9. Antrian pasien dengan jaminan lama misalnya di loket askes



Picture of Dewi Kusumawati
dewi kusumawati (20101021015)
by Dewi Kusumawati - Tuesday, 24 May 2011, 03:16 PM
 
pengalaman yang memuaskan :
1. alur mulai dari pendaftaran sampai pembayaran jelas dan mudah
2. pelayanan petugas pendaftaran,perawat dan dokter spesialis ramah
3. dokter spesialis menganamnesa langsung dan menulis secara rinci semua keluhan yang dirasakan pasien
4. ruang tunggu pemeriksaan luas dan nyaman
5. ruang dokter, tempat pengambilan obat dan kasir berada pada satu tempat

pengalaman yang tidak memuaskan :
1.menunggu dibagian pendaftaran lama dan panas
Picture of Dimas Trisetyo Nugroho
Dimas Trisetyo N - 20101021017
by Dimas Trisetyo Nugroho - Tuesday, 24 May 2011, 03:38 PM
 
Pengalaman memuaskan :
  1. Waktu menunggu periksa cepat
  2. Ruang tunggu nyaman
  3. Pemanggilan sesuai dengan nomor antrian
  4. Perawat melayani dengan ramah dan senyuman
  5. Dokter berkomunikasi dengan baik
  6. Pelayanan tidak bertele2

Pengalaman tidak memuaskan :
  1. Dokter datang telat
  2. Fasilitas ruang tunggu yang tidak memadai atau nyaman
  3. Keluhan pasien tidak didengarkan dengan baik
  4. Dokter seperti "jualan obat"
  5. Pemeriksaan pasien ala kadarnya
  6. Pelayanan berbelit
Picture of Solikah Sriningsih
Re: solikah sriningsih(20101021041)
by Solikah Sriningsih - Tuesday, 24 May 2011, 04:22 PM
 

Pengalaman yang memuaskan:

  • Perawat yang melayani baik dan ramah
  • Dokter datang tepat waktu saat jam pelayanan dimulai
  • Dokter ramah dan bisa memahami apa yg kita rasakan.
  • Dokter memeriksa pasien dengan sopan dan teliti, tidak buru-buru
  • Dokter tidak memberikan banyak obat, lebih suka edukasi jadi ggak sedikit-sedikit minum obat.
  • Dokter memberikan kesempatan pasien berkonsultasi.

Pengalaman tidak memuaskan:

  • Perawat judes kurang ramah
  • Dokter datang telat
  • Dokter terlalu cepat memeriksa dan tidak memberi kesempatan untuk bertanya dan berkonsultasi
  • Dokternya kurang ramah.


Picture of Merita Arini
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Merita Arini - Tuesday, 24 May 2011, 04:46 PM
 
pengalaman yg memuaskan:
- alur pelayanan yg jelas, mudah & tidak berbelit2
- waktu tunggu tidak lama, trmasuk o.k. rekam medis yg segera siap setelah mendaftar
- tempat tunggu nyaman & bersih
- perawat ramah, menunjukkan sikap respek trhadap customer, serta tanggap trhadap kebutuhan customer
- dokter menyediakan waktu yg cukup u/konsultasi, memberikan penjelasan dg memuaskan terutama ketika diminta, menunjukkan perhatian & empati
- dokter memberikan pilihan & kebebasan kpd pasien u/menentukan sendiri pemeriksaan/ terapi yg akan dijalani (termasuk pilihan obat generik/ paten, operasi/ terapi konservatif, dll)
- menggunakan peralatan yg steril/ bebeda u/tiap pasien yg berbeda (menghindari infeksi nosokomial)
- tenaga medis menunjukkan profesionalitas serta ahli di bidangnya
- pelayanan pendukung yg memadai (parkir yg aman & nyaman serta petugas yg ramah & tanggap; rest room yg bersih; kantin yg letaknya terjangkau, mushola/ tempat ibadah yg bersih & letaknya terjangkau; security)
- price murah

pengalaman kurang memuaskan:
--> kebalikan dr pengalaman yg memuaskan smile
Picture of Dian Muntafiatul Izzati
Dian M Izzati_20101021016/mutu di ralan
by Dian Muntafiatul Izzati - Tuesday, 24 May 2011, 04:55 PM
 
Pengalaman yang memuaskan:
1. dokter datang tepat pada waktunya, sesuai jam pelayanan dimulai; jadwal pelayanan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
2. perawat memberikan penjelasan ketika memang ada keterlambatan kedatangan dokter.
3. pemanggilan pasien sesuai dengan urutan antrian, tidak di"selani" pasien khusus kecuali yang darurat.
4. pasien dan keluarga diberikan informasi dan penjelasan mengenai penyakit dan alternatif terapinya.
5. dokter dan perawat melayani pasien dengan sopan dan ramah.
6. ruang tunggu yang bersih, rapi, dan nyaman.
7. prosedur pelayanan yang sederhana dan tidak rumit.
8. waktu tunggu pengambilan obat tidak membutuhkan waktu yang lama.
9. alur pelayanan yang jelas dan informatif
10. kemudahan persyaratan teknis dan administratif.

Pengalaman yang tidak memuaskan:
1. dokter Sp datang tidak tepat waktu.
2. dokter tidak memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita.
3. pelayanan yang tidak cepat dan tidak tanggap.
4. dokter dan perawat yang tidak ramah dan tidak informatif.
5. waktu tunggu pengambilan obat yang lama.
6. waktu tunggu pengurusan jaminan/asuransi yang lama.
7. alur pelayanan yang membingungkan, tidak informatif
8. alur pelayanan yang mengharuskan bolak-balik mengurus ini itu.
Picture of Yutha Perdana
YUTHA PERDANA - 20101021045
by Yutha Perdana - Tuesday, 24 May 2011, 04:57 PM
 
Pengalaman yang memuaskan :
1. Pendaftaran cepat
2. Petugas ramah
3. Alur jelas tidak bertele-tele, termasuk dalam menggunakan kartu asuransi
4. Waktu tunggu singkat
5. Pelayanan dokter memadai waktunya meliputi pemeriksaan dan sharing
6. Pembayaran dan pemberian obat cepat

Yang tidak memuaskan :
1. Alur pendaftaran tidak jelas
2. Petugas tidak mau senyum
3. Antrian lama
4. Ruang tunggu tidak memadai
5. Pelayanan dokter terlalu singkat
6. Tidak ada petugas yang mendampingi bila ada ketidaktahuan/kebingungan, sehingga terkesan seperti dioper kesana kemari
Picture of Isnaini Ashar
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Isnaini Ashar - Tuesday, 24 May 2011, 04:59 PM
 
pengalaman yang memuaskan:
1. ruang periksa bersih dan rapi
2. ruang tunggu nyaman
3. dokter spesialis dan perawat yang ramah


pengalaman yang tidak memuaskan
1. parkir susah
2. terlalu lama menunggu antrian karena dokter tidak tepat waktu
3. dokter tidak memberikan kesempatan bertanya atau diskusi
4. mengantri obat di apotek lama
5. dokter meresepkan obat yang tidak ada di apotek rumah sakit sehingga harus mencari di apotek luar
6. perawat kurang ramah, dan bila ditanya hanya menjawab seperlunya
7. administrasi yang berbelit-belit





Picture of Adinda Smitaningrum Kinasih
Adinda Smitaningrum Kinasih - 20101021003 - mutu ralan
by Adinda Smitaningrum Kinasih - Tuesday, 24 May 2011, 05:05 PM
 
Pengalaman tidak memuaskan :
1. Birokrasi (proses pendaftaran) yang tidak jelas
2. Perawat tidak ramah dalam melayani pasien baik dalam hal administratif maupun medis.
2. Dokter tidak tepat waktu
3. Penjelasan dokter kurang lengkap(harus ditanya dulu baru jawab, kalau tidak ditanya tidak memberi informasi)
4. Ruangan yang terkadang kurang private (kurang leluasa dalam menyampaikan keluhan)
5. Waktu tunggu yang selalu lebih dari 1 jam
6. Ruang priksa kurang terjaga kebersihannya, ruang tunggu tidak nyaman untuk menunggu giliran
7. kamar mandi kotor dan bau


Pengalaman yang memuaskan :
1. Pelayanan dokter ramah dan komunikatif
2. Petugas (perawat dan petugas non medis)ramah.
3. Obat yang diresepkan murah dan manjur
4. Ruang tunggu nyaman dan membuat betah


Picture of Fitra Sari
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Fitra Sari - Tuesday, 24 May 2011, 05:07 PM
 
Pengalaman yang memuaskan:
1. Dokter yang ramah dan mudah tersenyum
2. Dokter datang tepat waktu
3. Dokter yang memberikan konseling dan empati kepada pasien
3. Ruang praktek dan ruang tunggu yang nyaman, bersih, wangi.
4. Pelayanan yang tanggap dan cepat.
5. Fasilitas yang lengkap
6. Parkir yang luas
7. Akses pelayanan yang mudah dan tidak berbelit-belit

Pengalaman yang tidak memuaskan:
1. Dokter yang telat waktu
2. Dokter yang menutup diri
3. Dokter yang tidak ramah kurang pedulike pada pasien,
4. Dokter tidak informatif mengenai prosedur pemeriksaan.
5. Dokter yang tidak memberilan informasi tentang obat dan penyakit pasien
6. Ruang tunggu yang sempit dan jorok.
7. Ruang tunggu tidak ada toiletnya
8. Pelayanan yang lama rumit dan lama
9. Tidak adanya fasilitas pemeriksaan dan fasilitas penunjang.
10. Obat-obat yang tidak lengkap

Tam
Picture of Aci Indah Kusumawardani
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Aci Indah Kusumawardani - Tuesday, 24 May 2011, 05:07 PM
 

Pengalaman yang memuaskan :
1. Pendaftaran cepat dan jelas alurnya
2. Petugas ramah, murah senyum, dan peduli
3. Waktu tunggu relatif singkat dan ruang tunggu nyaman
4. Pelayanan dokter yang meliputi konsultasi dan pemeriksaan waktunya cukup
5. Pembayaran dan pelayanan obat cepat

Pengalaman yang tidak memuaskan :
1. Pendaftaran berbelit-belit dan alur tidak jelas
2. Petugas tidak mau senyum dan kadang judes
3. Waktu tunggu lama
4. Pelayanan dokter terlalu singkat dan tidak ramah
5. Tidak ada petugas yang melayani bila ada yang ingin ditanyakan karena proses yang berbelit-belit

Picture of Linaldi Ananta
Linaldi Ananta (20101021031)
by Linaldi Ananta - Tuesday, 24 May 2011, 05:23 PM
 
Pengalaman yang memuaskan :
1. dokter memberikan diagnosa dan terapi yang tepat (tidak berlebihan)
2. biaya pelayanan murah (terjangkau), apalagi kalau punya ASKES
3. alur pendaftaran pasien mudah
4. tempat / ruang tunggu pasien cukup nyaman
5. dokter, perawat, dan paramedis lain melayani dengan ramah
6. tempat parkir cukup memadai

Pengalaman yang kurang memuaskan :
1. kecepatan pelayanan kurang (pasien terlalu lama menunggu untuk dilayani)
2. dokter tidak datang tepat waktu
3. dokter terlalu cepat melakukan wawancara dan pemeriksaan, sehingga waktu untuk konsultasi kurang dan hasil pemeriksaan kurang teliti
4. sistem pelayanan rawat jalan belum terintegrasi, misalnya antara instalasi rawat jalan (poliklinik) dengan administrasi keuangan, sehingga pasien harus bolak-balik untuk menyelesaikan administrasi / pembayaran
5. pada beberapa RS kebersihan toilet untuk pasien rawat jalan dan yang mengantar pasien masih kurang
6. seringkali pasien harus bolak-balik dari satu poli ke poli yang lain jika pasien punya beberapa penyakit yang butuh penanganan lebih dari satu spesialisasi. hal ini sering terjadi misalnya pada pasien geriatri di mana mereka biasanya menderita beberapa penyakit degeneratif sekaligus seperti hipertensi, decompensatio cordis, DM, HNP, osteoartritis, demensia, dll
7. beberapa dokter sering memberikan obat paten yang harganya sangat mahal sehingga memberatkan pasien, padahal dokter bisa memberikan terapi dengan obat generik sesuai formularium RS
8. arsitektur RS kadang kurang baik, sehingga pasien bisa tersesat (sulit menemukan instalasi / tempat pelayanan yang dituju, misal lab, radiologi, dll)
9. pada beberapa RS area tempat parkir kurang memuaskan misal terlalu sempit, sehingga butuh skill menyetir yang tinggi hanya untuk parkir mobil
Picture of Aulia Hijriastuti
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Aulia Hijriastuti - Tuesday, 24 May 2011, 05:31 PM
 
Pengalaman yang memuaskan :
1. Dokter dan perawat yang ramah.
2. Obat yang diberikan sesuai dengan diagnosa.
3. Biaya yang murah.
4. Dokter spesialis yang selalu mendengarkan konsultasi pasien dan tidak terburu-buru dalam memeriksa.

Pengalaman yang tidak memuaskan :
1. Pasien yang antri terlalu banyak, sehingga harus menunggu lama.
2. Kadang dokter datang tidak tepat waktu.
3. Area ruang tunggu yang sempit (tidak proporsional dengan juml pasien), jd terkesan sumpek & panas.
4. Antri pengambilan obat lama.
Picture of Pangisti Dwi Ananingsih
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Pangisti Dwi Ananingsih - Tuesday, 24 May 2011, 05:38 PM
 

Pengalaman yang memuaskan :

1. Proses pendaftaran sampai dengan pembayaran yang mudah.
2. Pelayanan yang baik dan ramah mulai dari petugas pendaftaran, perawat dan dokter.
3. Waktu tunggu yang singkat
4. Pemeriksaan yang lengkap dan teliti
5. Dokter memberikan penjelasan secara jelas dan memberikan kesempatan bertanya
6. Adanya ruang tunggu yang nyaman.

Pengalaman yang tidak memuaskan :

1. Proses pendaftaran yang tidak jelas.
2. Pelayanan yang tidak ramah
3. Waktu tunggu yang terlalu lama
4. Dokter yang datang tidak tepat waktu pelayanan
5. Pemeriksaan dokter yang terlalu cepat dan singkat.
6. Ruang tunggu yang sempit dan tidak nyaman

Picture of Mayfuza Husain
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Mayfuza Husain - Tuesday, 24 May 2011, 05:48 PM
 

Pengalaman yang kurang memuaskan

  1. alur pada saat pendaftaran tidak jelas, membingungkan pasien
  2. dokter spesialis datang tidak tepat waktu
  3. dokter memberikan pelayanan seadanya singkat, tidak fokus, dan cepat
  4. dokter dan perawat dalam memberikan pelayanan tidak ramah
  5. waktu menunggu pasien terlalu lama
  6. tempat ruang tunggu tidak nyaman
  7. petugas tidak tanggap jika ada pasien yang kebingungan dalam hal administrasi, tidak sabar dalam memberikan penjelasan

pengalaman yang memuaskan:

1. pendaftaran memudahkan pasien alur jelas dan cepat

2. petugas care, murah senyum, ramah

3. dokter datang tepat waktu

4. dokter memberikan penjelasan dan konseling pada pasien dengan terang dan jelas

5. ruang tunggu dan ruang periksa nyaman bagi pasien

Picture of Erlia Indra Paramitha
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Erlia Indra Paramitha - Tuesday, 24 May 2011, 05:50 PM
 
Pengalaman di poliklinik rawat jalan RS yang memuaskan:
1. Dokter dapat memberi tahu mengenai penyakit yang diderita pasien dengan cukup jelas.
2. Dokter memberikan pilihan terapi kepada pasien dan menjelaskan tentang prosedur, resiko serta prognosis sebelumnya.
3. Waktu menunggu sebelum diperiksa tidak lama.
4. Ruang tunggu dan periksa dokter yang bersih, nyaman, dan tenang.

Pengalaman di poliklinik rawat jalan RS yang tidak memuaskan:
1. Dokter tergesa-gesa saat memeriksa pasien.
2. Dokter tidak banyak melakukan komunikasi dengan pasien.
3. Waktu menunggu sebelum diperiksa lama.
4. Alur administrasi pasien yang tidak informatif.
Picture of Erlia Indra Paramitha
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Erlia Indra Paramitha - Tuesday, 24 May 2011, 05:50 PM
 
Pengalaman di poliklinik rawat jalan RS yang memuaskan:
1. Dokter dapat memberi tahu mengenai penyakit yang diderita pasien dengan cukup jelas.
2. Dokter memberikan pilihan terapi kepada pasien dan menjelaskan tentang prosedur, resiko serta prognosis sebelumnya.
3. Waktu menunggu sebelum diperiksa tidak lama.
4. Ruang tunggu dan periksa dokter yang bersih, nyaman, dan tenang.

Pengalaman di poliklinik rawat jalan RS yang tidak memuaskan:
1. Dokter tergesa-gesa saat memeriksa pasien.
2. Dokter tidak banyak melakukan komunikasi dengan pasien.
3. Waktu menunggu sebelum diperiksa lama.
4. Alur administrasi pasien yang tidak informatif.
Picture of Irmawati Suling
Irmawati Suling/201021028-M.Mutu
by Irmawati Suling - Tuesday, 24 May 2011, 06:03 PM
 
Pengalaman yang memuaskan:
1. Dokter yang ramah, berempati dan informatif
2. Dokter menawarkan alternatif obat (paten atau generik)
3. Proses billing yang cepat
4. Ruang tunggu yang tenang dan bersih
5. Ruang periksa dokter cukup luas, bersih tenang dan privasi pasien terjaga

Pengalaman yang tidak memuaskan:
1. Area parkir yang sempit
2. Proses pendaftaran pasien baru yang lumayan lama
3. Informasi yang kurang jelas dari petugas pendaftaran
4. Respon time yang lama dari dokter spesialis yang bertugas dipoliklinik.
5. perawat jaga lebih mengutamakan pasien umum dibandingkan pasien ASKES
6. Harus menunggu lumayan lama (+ 3o menit) ketika akan melakukan
pemeriksaan penunjang (EKG).
7. perawat kurang sabar dan ramah dalam melayani


Picture of Muhamad Sandi Setiawan
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Muhamad Sandi Setiawan - Tuesday, 24 May 2011, 06:06 PM
 
assalamualaikum...
tugasnya saya lampirkan ya dok
wassalamualaikum...
Picture of Virdy Kurniawan
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Virdy Kurniawan - Tuesday, 24 May 2011, 06:13 PM
 
Pengalaman yang memuaskan di rawat jalan RS:
1. Dokter tidak terburu-buru dalam memberikan penjelasan tentang sakit yang saya alami.
2. Dokter memberikan pelayanan dengan ramah.

Pengalaman yang tidak memuaskan di rawat jalan RS:
1. Dokter hanya memberikan penjelasan singkat sekali ketika ditanya.
2. Dokter menunjukkan afek datar dan jauh dari kesan ramah.
Picture of Heny Nurjayanti
HENY NURJAYANTI (20101021024)
by Heny Nurjayanti - Tuesday, 24 May 2011, 06:24 PM
 
pengalaman yang memuaskan :
  • alur mulai dari pendaftaran sampai akhir pengambilan obat jelas
  • dokter&perawat ramah
  • waktu tunggu singkat
  • pelayanan dokter memuaskan
  • dokter mendengarkan semua keluhan & melayani tidak tergesa-gesa
  • ruang tunggu dan ruang periksa dokter sangat bersih dan nyaman
pengalaman yang tidak memuaskan :
  • waktu tunggu masuk periksa sangat lama
  • dokter datang tidak tepat waktu sehingga waktu tunggu tambah lama
  • waktu tunggu pengambilan obat super lama
  • perawat tidak ramah
Picture of Laras Alfienty
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Laras Alfienty - Tuesday, 24 May 2011, 06:40 PM
 
NADYA BARKARIYANA OMBARA
20101021035

Pengalaman yang memuaskan:
1. Dokter rapi dan ramah
2. Dokter menjelaskan tentang penyakit yang diderita pasien dengan jelas
3. Ruang tunggu yang nyaman
4. Proses atau alur yang jelas dan cepat

Pwngalaman yang tidak memuaskan:
1. Perawat galak
2. Dokter datang telat sehingga harus menunggu lama
3. Ruang tunggu yang penuh, berisik dan kurang bersih
4. Antrian yang tidak jelas
ngupil asiiiik
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Ragil Tribhakti Hutomo - Tuesday, 24 May 2011, 07:37 PM
 
pengalaman yang memuaskan :
1. alur mulai dari pendaftaran sampai pembayaran jelas dan mudah
2. pelayanan petugas pendaftaran,perawat dan dokter spesialis ramah
3. dokter spesialis menganamnesa langsung dan menulis secara rinci semua keluhan yang dirasakan pasien
4. ruang tunggu pemeriksaan luas dan nyaman
5. ruang dokter, tempat pengambilan obat dan kasir berada pada satu tempat

pengalaman yang tidak memuaskan :
1.menunggu dibagian pendaftaran lama dan panas
Picture of Herni Silvia Oktavianti
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Herni Silvia Oktavianti - Tuesday, 24 May 2011, 07:39 PM
 
Pengalaman yang pernah kami dapatkan pada saat di Poliklinik Rawat jalan yaitu:
1. Dokumen rekam medik yang terlambat datangnya di Poliklinik sehingga jadi
lama pelayanannya,
2. Nomor urut panggilan yang lebih dulu dipanggil nomor besar karena ada unsur
persekongkolan dengan petugas Poliklinik.
sedangkan pengalaman yang menyenangkan yaitu apabila datang ke Poliklinik langsung dilayani karena pasiennya sedikit dan petugasnya banyak dan ramah.
Picture of Darma Yudistira
Re: Mutu di Rawat Jalan (diskusi kasus topik kuliah 24 Mei 2011 MMR UMY))
by Darma Yudistira - Wednesday, 25 May 2011, 06:14 PM
 
Pengalaman yang memuaskan:
1. Pelayanan pendaftaran pasien sistematis dan tidak banyak memakan waktu
1. Dokter/spesialis tiba tepat waktu sesuai jadwal.
2. Dokter/spesialis dan perawat serta tenaga lainnya santun dan ramah dalam memberikan pelayanan.
3. Ruang praktek dan ruang tunggu yang relatif bersih sehingga memberikan kenyamanan
4. Pelayanan yang cepat dan tepat
5. Peralatan pemeriksaan dan fasilitas penunjang diagnosa seperti laboratorium dan radiologi yang memadahi.
6. Pelayanan kefarmasian yang cepat, tepat dan lengkap.
7. Akses yang mudah mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, pemeriksaan penunjang yang lain sampai ke kefarmasian.

Pengalaman yang tidak memuaskan:
1. Dokter/spesialis tidak datang tepat waktu sehingga pasien sudah banyak yang menunggu.
2. Dokter/spesialis dan perawat terkesan tidak ramah dan terkesan kurang pedulikepada pasien, tidak informatif mengenai prosedur pemeriksaan maupun tentang penyakit dan pengobatannya sehingga pasien hanya sebagai objek oleh dokter.
3. Ruang tunggu yang sempit, kotor, berantakan dan tidak ada toiletnya sehingga membuat pasien atau keluarga harus berdiri, menahan hasrat BAK sehingga tidak nyaman.
4. Pelayanan yang lama dan bertele-tele.
5. Tidak adanya fasilitas pemeriksaan dan fasilitas penunjang diagnosa seperti laboratorium dan radiologi sehingga harus melakukan pemeriksaan
penunjang di luar dan kembali lagi ke RS
6. Pelayanan kefarmasian yang lama dan tidak lengkap.
7. Akses yang bertele-tele, panjang dan lama sehingga membuang-buang waktu pasien.