Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Abdul Muin Sofyan
Re: GREEN HOSPITAL
by Abdul Muin Sofyan - Thursday, 5 May 2011, 10:23 PM
 
Pembangunan budaya organisasi yang meletakkan customer value dan continues improfment belum sepenuhnya bisa berjalan dengan baik dalam era sekarang ini di RS apabila tidak diimbangi langkah kongkrit seperti di RS Sanglah. Green Hospital merupakan jawaban dari tuntutan kebutuhan pelayanan dari pelanggan RS yang telah bergeser ke arah pelayanan paripurna dengan berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan RS. Rumah sakit hendaknya mampu memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi pasien dan pengunjung lainnya. Terpenuhinya unsur kenyamanan ekologis merupakan salah satu pertimbangan pasien dalam pemilihan rumah sakit.
Program green hospital sekarang ini akan bisa berjalan dengan baik dan optimal apabila dalam RS tersebut mempunyai komitmen bersama, untuk itu antara lain diperlukan wadah/tempat dalam bentuk unit yang disebut instalasi yaitu :
1. Instalasi Sanitasi Rumah sakit,
2. Instalasi Pengolahan Limbah RS (limah padat, limbah cair termasuk B3),
3. Instalasi Air bersih.
selama ini instalasi tersebut diatas yang ada dari pengamatan kami masih bernaung dibawah Instalasi prasarana dan sarana RS (IPS-RS) jadi hanya menyentuh perbaikan dan pemeliharaan belum menyentuh lingkungan secara komprehensif di RS.
apabila instalasi tersebut diatas terwujud akan sangat berhasil program kebijakan green hospital di RS secara optimal karena sumber daya (SDM) yang ada dalam instalasi tersebut akan memiliki komitmen dan inovasi dengan sendirinya.