Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Runti Astiwi
GREEN HOSPITAL
by Runti Astiwi - Thursday, 5 May 2011, 06:41 AM
 

GREEN HOSPITAL :

ALAMAT : http://sanglahhospitalbali.com/berita.php?ID=43

Pembahasan :

Langkah nyata yang dilakukan oleh RSUP Sanglah dalam mewujudkan Green Hospital adalah mengelola sampah organik rumah tangga menjadi kompos.. Pembuatannya tidak terlalu rumit, tidak memerlukan tempat luas dan tidak memerlukan banyak peralatan dan biaya.

Green Hospital merupakan jawaban dari tuntutan kebutuhan pelayanan dari pelanggan rumah sakit yang telah bergeser ke arah pelayanan paripurna dengan berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan rumah sakit. Rumah sakit hendaknya mampu memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi pasien dan pengunjung lainnya. Terpenuhinya unsur kenyamanan ekologis merupakan salah satu pertimbangan pasien dalam pemilihan rumah sakit

Kebijakan Green Hospital dengan menambah ruang terbuka hijau diharapkan akan dapat memberi kontribusi bagi peningkatan kualitas udara di dalam rumah sakit. Dengan bertambah luasnya ruang terbuka hijau di lingkungan rumah sakit maka akan bertambah pula jumlah sampah yang dihasilkan dari dedaunan dan tanaman. Sampah yang berasal dari dapur dan halaman yang bersifat organik merupakan bahan baku utama pembuatan kompos yang nantinya dimanfaatkan untuk memupuk tanaman di lingkungan rumah sakit.

Ada dua keuntungan langsung yang di dapat dari kompos ini yaitui Kegunaan atau keuntungan langsung terhadap tanah dan keuntungan buat lingkungan dan ekonomi :

1. Kegunaan langsung terhadap tanah yakni meningkatkan sifat fisika tanah, meningkatkan water holding (kemampuan tanah membawa air), aerasi, stabilitas struktur, resistensi terhadap erosi dan angin, penetrasi akar, stabilitas suhu tanah. Meningkatkan sifat kimia tanah, meningkatkan kandungan hara makro dan mikro, meningkatkan ketersediaan mineral, stabilitas ph, “Nutrient Reservoir” yaitu kompos melepaskan hara secara perlahan sehingga menjadi cadangan hara bagi tanaman. Mendorong sifat biologi tanah, merangsang aktivitas biologis, merangsang aktivitas mikroba berguna, mereduksi parasit, merangsangpertumbuhan akar,meningkatkan hasil.

2. Sedangkan keuntungan buat lingkungan dan ekonomi dari kompos ini yakni Mudah, praktis, Tidak ada bau busuk, dan tidak ada lalat sehingga tidak membutuhkan biaya investasi yang besar. Tidak memerlukan banyak waktu, tenaga dan biaya serta tidak memerlukan lahan luas, Mengurangi penggunaan pupuk an-organik sehingga meningkatkan kualitas lingkungan, Konsevasi air, Menurunkan penggunaan pestisida, herbisida dan fungisida, menciptakan lingkungan kaya bahan organik, mikroba berguna menekan patogen dan Meningkatkan stabilitas tanah sehingga menurunkan patogen.
Pembuatan kompos ini selain sangat bermanfaat bagi pengelolaan lingkungan di rumah sakit juga sekaligus memberikan keterampilan baru pada pegawai dalam pengolahan berbagai limbah menjadi pupuk kompos yang berguna. Sekaligus menepis stigma kinerja PNS yang miskin inovasi. Kompos ini membuka pemahaman baru tentang inovasi yang tepat guna dan tidak membutuhkan biaya tinggi. Khususnya terkait pemanfaatan sampah, dari barang yang terbuang menjadi barang yang bermanfaat bagi kelestarian lingkungan.

Kompos berguna untuk memperbaiki struktur tanah, zat makanan yang diperlukan tumbuhan akan tersedia. Mikroba yang ada dalam kompos akan membantu penyerapan zat makanan yang dibutuhkan tanaman. Tanah akan menjadi lebih gembur. Tanaman yang dipupuk dengan kompos akan tumbuh lebih baik. Hasilnya bunga-bunga berkembang, halaman menjadi asri dan teduh. Hawa menjadi segar karena oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan.

Picture of Abdul Muin Sofyan
Re: GREEN HOSPITAL
by Abdul Muin Sofyan - Thursday, 5 May 2011, 10:23 PM
 
Pembangunan budaya organisasi yang meletakkan customer value dan continues improfment belum sepenuhnya bisa berjalan dengan baik dalam era sekarang ini di RS apabila tidak diimbangi langkah kongkrit seperti di RS Sanglah. Green Hospital merupakan jawaban dari tuntutan kebutuhan pelayanan dari pelanggan RS yang telah bergeser ke arah pelayanan paripurna dengan berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan RS. Rumah sakit hendaknya mampu memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi pasien dan pengunjung lainnya. Terpenuhinya unsur kenyamanan ekologis merupakan salah satu pertimbangan pasien dalam pemilihan rumah sakit.
Program green hospital sekarang ini akan bisa berjalan dengan baik dan optimal apabila dalam RS tersebut mempunyai komitmen bersama, untuk itu antara lain diperlukan wadah/tempat dalam bentuk unit yang disebut instalasi yaitu :
1. Instalasi Sanitasi Rumah sakit,
2. Instalasi Pengolahan Limbah RS (limah padat, limbah cair termasuk B3),
3. Instalasi Air bersih.
selama ini instalasi tersebut diatas yang ada dari pengamatan kami masih bernaung dibawah Instalasi prasarana dan sarana RS (IPS-RS) jadi hanya menyentuh perbaikan dan pemeliharaan belum menyentuh lingkungan secara komprehensif di RS.
apabila instalasi tersebut diatas terwujud akan sangat berhasil program kebijakan green hospital di RS secara optimal karena sumber daya (SDM) yang ada dalam instalasi tersebut akan memiliki komitmen dan inovasi dengan sendirinya.