Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Dedi Prasetya
GREEN HOSPITAL
by Dedi Prasetya - Wednesday, 6 April 2011, 05:28 AM
 
DEDI PRASETYA (ANGKATAN 5 EKSEKUTIF)



Pelaksanaan pelayanan kesehatan berbasis ramah lingkungan sudah menjadi arahan dan tujuan pelayanan kesehatan di masa depan. Berbagai upaya dilakukan sebagai wujud konkrit komitmen untuk melaksanakan tercapainya Green Hospital. Banyak RS yang sudah berdiri bahkan sudah berpuluh-puluh tahun melayani masyarakat dalam bidang kesehatan, namun masih belum berbasis ramah lingkungan. Beberapa rumah sakit di Indonesia pun telah berupaya menjadi Green Hospital seperti RS Persahabatan yang sudah mencanangkan dirinya sebagai Green Hospital. Dan juga sudah terdapat upaya – upaya yang dilakukan oleh RS-RS lain yang mengarah terwujudnya pelayanan sesuai dengan konsep Green Hospital. Seperti upaya yang dialkukan oleh RS Sanglah Bali yang telah melakukan Produksi Kompos sendiri sebagai upaya pengelolaan limbah RS. Hal ini juga akan mengurangi polusi atas limbah yang dihasilkan oleh Rumah sakit, bahkan menjadikan manfaat kembali atas limbah tersebut.
Selain itu juga harus diarahkan penggunaan tekhnologi di Rumah Sakit yaitu dengan menganut sistem PAPERLESS dalam pelayanan kesehatan, dalam rangka kampanye Global Warming, yaitu dengan menggunakan kertas seminimal mungkin. Penerapan teknologi RS ini jelas sangat mengurangi adanya limbah kertas.
Dikemudian hari mungkin pasien yang periksa ke RS tidak akan mendapatkan kertas resep dari dokter, karena dokter sudah mengirimkan resep melalui komputer ke bagian Farmasi RS, sehingga tidak perlu membawa kesana kemari kertas resep dari dokter.