Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
foto diri
WUJUD KONGKRET KONSEP GREEN HOSPITAL
by S Adi Winarno - Tuesday, 5 April 2011, 10:15 PM
 

PRODUKSI KOMPOS
WUJUD KONGKRET KONSEP GREEN HOSPITAL

Langkah nyata dan kongkret mewujudkan Green Hospital salah satunya dari pola hidup hijau yang dilaksanakan adalah mengelola sampah organik rumah tangga, dengan membuatnya menjadi kompos. Kompos adalah pupuk yang dibuat dari sampah organik. Pembuatannya tidak terlalu rumit, tidak memerlukan tempat luas dan tidak memerlukan banyak peralatan dan biaya. Hanya memerlukan persiapan pendahuluan, sesudah itu kalau sudah rutin, tidak merepotkan bahkan selain mengurangi masalah pembuangan sampah, kompos yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sendiri, tidak perlu membeli pupuk untuk menyuburkan taman sekitar rumah sakit.

Kompos berguna untuk memperbaiki struktur tanah, zat makanan yang diperlukan tumbuhan akan tersedia. Mikroba yang ada dalam kompos akan membantu penyerapan zat makanan yang dibutuhkan tanaman. Tanah akan menjadi lebih gembur. Tanaman yang dipupuk dengan kompos akan tumbuh lebih baik. Hasilnya bunga-bunga berkembang, halaman menjadi asri dan teduh. Hawa menjadi segar karena oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan.
kompos.

Green Hospital yang menekankan pentingnya pengelolaan lingkungan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan aman. “Kebijakan Green Hospital dengan menambah ruang terbuka hijau diharapkan akan dapat memberi kontribusi bagi peningkatan kualitas udara di dalam rumah sakit. Dengan bertambah luasnya ruang terbuka hijau di lingkungan rumah sakit maka akan bertambah pula jumlah sampah yang dihasilkan dari dedaunan dan tanaman. Sampah yang berasal dari dapur dan halaman yang bersifat organik merupakan bahan baku utama pembuatan kompos yang nantinya dimanfaatkan untuk memupuk tanaman di lingkungan rumah sakit

Picture of Arlina Dewi, dr. M.Kes.
Re: WUJUD KONGKRET KONSEP GREEN HOSPITAL
by Arlina Dewi, dr. M.Kes. - Tuesday, 24 May 2011, 08:17 AM
 

Mohon dilampirakan artikel aslinya, supaya bs dibaca yang lain

Terimakasih