Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
Picture of Diah Fitriana
ANALISIS BESARAN PREMI JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN DI KABUPATEN JEMBRANA PROVINSI BALI
by Diah Fitriana - Saturday, 2 April 2011, 07:13 AM
 

ANALISIS BESARAN PREMI JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN DI KABUPATEN JEMBRANA PROVINSI BALI

KESIMPULAN :

Kabupaten Jembrana merupakan salah satu kabupaten yang ada di Bali, merasakan pentingnya peran pemerintah daerah untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakatsebagai bentukkepedulian dan konsitennya terhadap fungsi regulator dan penyedia biaya. Fungsi ini diwujudkan melalui kebijakan pengalokasian dana lewat APBD sektor kesehatan yang digabungkan dengan dana sektor kesehatan dari pusat maupun sektor lainnya.

Bentuk inovasi konsep jaminan pemeliharaan kesehatan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jembrana, dilaksanakan melalui konsep Jaminan Kesehatan Jembrana (JKJ) sebagai salah satu bentuk pelayanan asuransi kesehatan masyarakat. Pada JKJ ini masyarakat tidak perlu menyediakan uang untuk membayar premi karena sudah ditanggung sepenuhnya oleh oleh pemerintah daerah. Pelayanan yang diberikan hanya untuk perawatan primer atau rawat jalan tingkat pertama, baik pada unit pelayanan pemerintah maupun swasta.

Pada tahun 2004 Bapel JKJ mengalami kekurangan anggaran dari yang disediakan. Berdasarkan permasalahan ini dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui utilisasi normatif dan terhadap persepsi stakeholder besaran biaya yang dimaksud.

Dari penelitian ini didapat kesimpulan bahwa besaran premi riil tahun 2003 masih di bawah standar utilisi normatif, sedangkan tahun 2004 melebihi standar utilisasi normatif. Persepsi stakeholder terhadap besaran premi dengan standar normatif yang mekanismenya menggunakan manajemen dan utilisasi sangat menerima.