Beranda MMR Forum Komunikasi Mahasiswa MMR UMY
aini
Re: RESUME JURNAL
by Q. Aini - Saturday, 26 March 2011, 10:52 PM
 
Ibu aprilia, saya sedikit sharing saja mengenai efisiensi rumah sakit.

Rumah Sakit sebagai salah satu sarana kesehatan memiliki andil besar dalam fungsinya sebagai tempat rujukan kasus-kasus yang tidak dapat ditangani baik ditingkat Puskesmas, Rumah Bersalin dan sarana/fasilitas kesehatan lainnya. Oleh karenanya, diperlukan keberadaan rumah sakit dengan kelengkapan sumberdaya manusia, fasilitas dan sarana lainnya yang memadai.
Indikator yang digunakan untuk menilai perkembangan rumah sakit antara lain dengan melihat fasilitas perawatan yang biasanya diukur dengan tempat tidurnya, yaitu dengan membandingkan jumlah tempat tidur RS per 100.000 penduduk. Secara umum, ratio ideal adalah sebesar 75 tempat tidur per 100.000 penduduk.
Selain ratio tersebut, perkembangan rumah sakit juga dapat dilihat dari tingkat pemanfaatan fasilitasnya.
dan terkait dengan definisi BOR, TOI dll...coba saya ambilkan dari salah satu buku, sbb :
a. Bed Ocupation Rate (BOR)
Yaitu prosentase pemakaian tempat tidur pada satu satuan waktu tertentu. Indikator ini memberikan gambaran tinggi rendahnya tingkat pemanfaatan tempat tidur Rumah Sakit, dengan standar normal 60 – 85 %

b. Lenght Of Stay (LOS)
Yaitu rata-rata lama perawatan seorang pasien. Indikator ini digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dan memberikan gambaran mutu pelayanan Rumah Sakit.
Rata-rata lama perawatan pasien pada tahun 2008 adalah 3,98 hari, tahun 2003 adalah 1,72 hari. Meskipun terdapat kenaikan LOS 2,26 hari, namun kondisi ini masih relatif lebih baik dibandingkan standar normal 6 – 8 hari.
c. Bed Turn Over (BTO)
Yaitu frekwensi pemakaian tempat tidur, berapa kali dalam satuan waktu tertentu tempat tidur Rumah Sakit terpakai. Indikator ini memberikan gambaran tingkat efisiensi pada pemakaian tempat tidur.

d. Turn Over Interval (TOI)
Yaitu interval penggunaan tempat tidur dari saat kosong sampai terisi berikutnya. Indikator ini memberikan gambaran tingkat efisiensi dari penggunaan tempat tidur.

e. Net Death Rate (NDR) dan Gross Death Rate (GDR)
NDR yaitu angka kematian lebih dari 48 jam setelah di rawat untuk tiap 1000 penderita keluar, sedangkan GDR adalah angka kematian umum untuk tiap 1000 penderita keluar. Indikator ini memberikan gambaran angka kematian total penderita keluar (hidup+mati). Kedua indikator ini dapat memberikan gambaran mutu pelayanan Rumah Sakit.